Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Cara Mengatasi Wifi Lemot Saat Belajar Online

WiFi lemot menjadi salah satu kendala yang cukup serius, terlebih jika Anda saat ini sedang mengikuti program belajar online. Mengatasi masalah tersebut, Anda harus mengetahui cara mempercepat koneksi internet wifi agar dapat mengikuti pembelajaran dengan lancar.

Sebelum memperbaiki koneksi, ketahuilah penyebab koneksi wifi lemot terlebih dahulu agar Anda dapat mencari cara mempercepat wifi dengan tepat.

Banyak cara mempercepat koneksi internet wifi yang dapat Anda lakukan. Mengetahui masalah utama seperti problem router, koneksi dari provider bahkan posisi dari router pun berpengaruh terhadap kecepatan koneksi wifi.

Agar kegiatan belajar online Anda tidak terganggu karena koneksi WiFi lemot, berikut kami ulas penyebab koneksi lemot beserta cara mempercepat WiFi. Mari simak tipsnya hingga tuntas!

Penyebab Koneksi WiFi Lemot


Cara Mengatasi Wifi Lemot Saat Belajar Online

Bagi Anda yang memiliki WiFi tentu sangat mengharapkan akan internet yang lancar tanpa hambatan. Namun ada kalanya, koneksi WiFi mengalami keterlambatan koneksi alias lemot.

Jika mengalami koneksi WiFI lemot, Anda dapat menelusuri akar masalah atau penyebab WiFi mengalami keterlambatan koneksi.

Berikut beberapa penyebab jaringan WiFi lemot yang umum sekali ditemukan:

1. Terlalu Banyak Perangkat Tersambung


Banyaknya perangkat yang tersambung dapat mempengaruhi kecepatan WiFi. Aktivitas dari masing-masing perangkat yang terhubung akan membebani bandwidth yang dapat memperlambat jaringan internet Anda.

2. Kondisi Router yang Sudah Tidak Memadai


Pemutakhiran perangkat sangat penting untuk mendukung teknologi terkini, termasuk dalam kecepatan internet. Router yang sudah usang dengan seri tua terkadang tidak mendukung standar teknologi WiFi terbaru.

3. Kualitas Provider ISP yang Buruk


Provider ISP akan sangat berpengaruh pada kecepatan jaringan internet. Karenanya Anda perlu jeli dalam memilih provider yang mampu mengakomodir kebutuhan internet.

Pilihlah provider ISP yang terkenal dan menyediakan bandwidth sesuai kebutuhan. Anda dapat memilih provider yang populer seperti megavision.net.id.

Megavision Internet menawarkan jaringan internet rumahan lancar dengan harga terjangkau mulai dari 200ribuan.

Internet Lancar, 6 Cara mempercepat Koneksi Internet WiFi.


Setelah mengetahui penyebab WiFi Lemot, Anda dapat memilih 10 solusi berikut ini agar internet di rumah menjadi lancar dan mampu mendukung proses belajar online.

1. Letakan Router di Tempat yang Tepat


Salah satu solusi wifi tidak stabil adalah dengan meletakan router di tempat yang tepat.

Idealnya, router ditempatkan sedekat mungkin dengan perangkat yang terhubung dengan internet. Untuk menangkap sinyal dengan optimal, router pun harus ditempatkan di area terbuka.

2. Ubah Posisi Antena Router


Atur posisi antena router untuk mendapatkan sinyal internet secara optimal. Jika Anda memiliki router dengan antena eksternal, Anda dapat mengatur posisi antena secara vertikal dan horizontal untuk masing-masing antena.

3. Jauhkan Router dari Alat Elektronik Lainnya


Gelombang mikro yang dihasilkan perangkat elektronik dapat menghambat laju internet Anda. Karenanya jauhkan router dengan alat elektronik khususny yang mampu menghasilkan gelombang mikro.

4. Restart Router


Saat Anda mengalami jaringan yang tidak stabil, restart atau boot router menjadi langkah awal untuk mengatasi wifi lemot.

Langkah ini dilakukan dengan tujuan untuk merefresh router agar mampu memancarkan sinyal secara lebih baik. Ini menjadi cara optimize jaringan WiFi termudah yang dapat Anda lakukan.

5. Ganti Provider ISP


Penyedia ISP turut andil dalam menghadirkan internet yang stabil. Jika jaringan WiFi Anda lemot, maka kini saatnya mencoba internet WiFi dari megavision.net.id.

Megavision Internet memiliki rasio kecepatan upload dan download satu banding satu. Jaringan internet satu banding satu tersebut membuktikan bahwa jaringan yang dimiliki oleh ISP tersebut dijamin lancar.

6. Tambahkan WiFi Repeater


Wifi repeater dapat menjadi salah satu cara untuk memperkuat sinyal wifi sehingga koneksi lancar dan anti lemot.

7. Update Perangkat


Melakukan update atau pembaruan perangkat merupakan salah satu teknik mempercepat wifi. Pemutakhiran tersebut membantu menyinkronkan perangkat dengan teknologi WiFi terkini yang dapat membuat jaringan WiFi bekerja secara optimal.

Jaringan wifi yang lemot tentu akan menjadi penghambat kegiatan Anda saat melakukan kegiatan secara online, termasuk belajar online. Ketahuilah cara mempercepat koneksi internet WiFi agar kegiatan daring Anda dapat berjalan dengan lancar.
Show Comments