Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Apa Saja Syarat Telkom RBB Tahun Ini?

Rekrutmen bersama Telkom adalah salah satu program seleksi karyawan yang diminati oleh masyarakat. Apabila Anda termasuk di dalamnya, maka Anda telah berhenti di laman yang tepat. Mulai dari syarat Telkom RBB hingga hal-hal lain yang terkait akan disajikan secara detail dalam artikel ini. Apakah Anda sudah siap untuk menyimaknya?

Perhatikan setiap detail yang tercantum dalam artikel ini agar Anda memiliki persiapan matang dan membantu Anda menjadi bagian dari Telkom Indonesia. Selamat membaca, ya!
 

Tentang Rekrutmen Bersama Telkom


Sebelum mengetahui lebih jauh perihal syarat Telkom RBB, tidak ada salahnya untuk mengetahui program seleksinya terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat lebih memperdalam wawasan perihal proses rekrutmen ini.

Secara ringkas, BUMN lowongan bersama adalah terobosan yang diluncurkan oleh Kementerian BUMN sejak beberapa tahun yang lalu.

Jika sebelumnya setiap BUMN menggelar seleksi secara mandiri, maka rekrutmen bersama BUMN untuk semua jurusan dilangsungkan secara serentak. Prinsipnya kurang lebih mirip dengan seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Setiap pelamar dapat memilih lowongan yang tersedia pada situs khusus, sehingga tidak perlu repot-repot mengirim lamaran satu per satu ke berbagai perusahaan. Telkom Indonesia adalah salah satu BUMN dengan pendaftar yang banyak.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin lolos dalam rekrutmen bersama Telkom, simaklah berbagai persyaratannya berikut ini.

Syarat Rekrutmen Bersama Telkom


Apa Saja Syarat Telkom RBB Tahun Ini?

Pembukaan rekrutmen BUMN dimulai pada tanggal 23 Maret 2024 dan dilanjutkan dengan beragam proses seleksi. Lantas persyaratan apa saja yang harus dipenuhi oleh pelamar?

Berikut ini adalah berbagai persyaratan BUMN bersama, simak hingga akhir agar tidak ada aspek yang terlewatkan:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia maksimal:
    1. SMA/Sederajat : 25 tahun
    2. D3 : 27 tahun
    3. S1/D4 : 30 tahun
    4. S2 : 35 tahun
  3. Nilai minimal:
    1. IPK 3.00 (D3, D4, S1)
    2. IPK 3.25 (S2)
    3. Nilai rata-rata ujian sekolah minimal 75 (SMA)
  4. Jenis kelamin menyesuaikan kebutuhan pada posisi yang dilamar
  5. Pelamar bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia sesuai posisi yang dilamar
  6. Sehat jasmani, rohani, dan tidak menggunakan narkoba
  7. SKCK (jika ada)
  8. Sertifikasi pelatihan atau kompetensi (jika ada)
  9. Rekomendasi pengalaman kerja (jika ada)
  10. Rekomendasi komunitas olahraga atau seni (jika ada)

Apabila Anda sudah memenuhi seluruh persyaratan, pastikan Anda memiliki seluruh dokumen yang diperlukan dalam format digital (soft file). Berikut ini adalah daftarnya:

  • Data Diri
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Kartu Keluarga (KK)
  • Status Kesehatan
    • Surat keterangan sehat dari rumah sakit (jasmani dan rohani)
    • Surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit
  • Pendidikan
    • Ijazah
    • Transkrip
  • Dokumen Pendukung (jika ada)
    • SKCK dari kepolisian yang masih berlaku (belum kadaluarsa)
    • Sertifikasi pelatihan atau kompetensi yang sesuai dengan posisi yang dilamar dan masih berlaku (belum kadaluarsa)
    • Surat keterangan pengalaman kerja dari perusahaan sebelumnya
    • Surat keterangan keanggotaan atau rekomendasi dari komunitas

Pastikan Anda memiliki salinan digital (soft file) dalam format yang bisa dibaca oleh sistem (PDF/JPEG/PNG) dan pastikan juga agar ukurannya tidak terlalu besar (maksimal 2MB).

Simpan dengan rapi seluruh dokumen tersebut agar Anda tidak kewalahan saat mengunggahnya ke dalam sistem saat mendaftar posisi yang diinginkan. Pastikan juga bahwa seluruh dokumen digital milik Anda tidak rusak (corrupt) saat dibuka.

Berbagai persyaratan BUMN bersama yang baru saja Anda simak mungkin terasa berat. Namun Anda perlu memaklumi bahwa BUMN adalah tempat bergengsi yang didambakan oleh banyak lapisan masyarakat.

Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika lowongan kerja bersama BUMN selalu ramai pendaftar sejak pertama kali diluncurkan. Penghasilan terjamin, jenjang karier tersedia, dan jaminan pensiun pun tidak perlu dipikirkan lagi.

Siapa yang tidak mau dengan berbagai keuntungan yang diperoleh saat menjadi pegawai BUMN? Dengan mempersiapkan dokumen persyaratan yang lengkap, Anda telah maju selangkah untuk menggapai impian menjadi pegawai BUMN.

Demikianlah informasi seputar rekrutmen bersama Telkom yang dapat Anda ketahui. Menimbang berbagai keunggulannya, rasanya susah untuk melewatkan rekrutmen ini. Apabila Anda memenuhi persyaratan, bergegaslah untuk mendaftar, ya!
Show Comments