Minggu, 20 Desember 2020

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Hamil 9 Bulan

Portalbelajar.com - Hamil dan melahirkan adalah sebuah keindahan yang dinantikan oleh para wanita, bagi Anda atau istri Anda yang sekarang tengah hamil 9 bulan, sudahkah mempersiapkan persalinan?


5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Hamil 9 Bulan

Banyak mitos yang bilang pamali siap-siap untuk bayi sebelum kandungan menginjak 9 bulan, bahkan sebelum ia lahir, namun kenyataannya justru penting bagi ibu untuk mempersiapkan hal-hal di bawah ini :

1. Biaya Persalinan

Yang pertama harus dijadikan perhatian adalah biaya persalinan, baik Anda dicover asuransi atau tidak, tetap harus memiliki anggaran ini. Nominalnya bisa disesuaikan dengan biaya melahirkan di daerah masing-masing, ada yang berkisar di angka 5 juta Rupiah, 10 juta Rupiah, bahkan lebih jika melahirkan di fasilitas kesehatan premium. 

Caranya bisa dengan menyisihkan uang setiap bulan selama kehamilan, sehingga saat melahirkan uangnya terkumpul. Bisa juga dengan bersiap sejak sebelum hamil, dengan menyimpan asset yang bisa dijual kelak sebagai persiapan biaya untuk lahiran. Jangan lupa, anggaran untuk cek dokter per bulan pun tidak boleh diabaikan ya, Bun!

2. Daftar Donor

Karena manusia hanya bisa berencana dan Tuhan yang menentukan, walau sudah cek rutin tiap bulan dan kondisi normal, saat melahirkan berbagai hal bisa terjadi. Siapkan daftar donor dengan golongan darah yang sama dengan ibu, sebagai jaga-jaga jika mengalami pendarahan, atau butuh transfusi darah.

Dengan adanya daftar donor, maka tak perlu susah-susah mencari darah ke bank darah, atau mencari-cari orang dengan golongan darah yang sama. Sebab tidak mudah untuk mendapatkan donor dalam jangka waktu yang sangat pendek.

3. Perlengkapan Ibu Pasca Melahirkan

Setelah melahirkan ada beberapa barang yang sangat ibu butuhkan, misalnya adalah korset ibu paska melahirkan, pembalut nifas, bra menyusui dan pakaian yang busui friendly. Sisihkan uang untuk membeli barang-barang penting tersebut, sehingga ibu tetap nyaman setelah melahirkan dan tidak stress karena tidak nyaman dengan perubahan tubuhnya. 

Jangan lupa juga menyiapkan krim anti lecet sebagai persiapan menyusui, sebab bukan satu atau dua kasus saja, melainkan banyak kasus di mana ibu yang belajar menyusui akan mengalami lecet puting. Jika tidak diatasi dan diobati segera, maka bisa membuat ibu jadi malas menyusui, lho.

4. Pakaian dan Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Barang yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir adalah popok newborn, baik itu pospak atau cuci kering pakai, baju bukaan depan yang nyaman dan lembut supaya mudah untuk digunakan, selimut bayi dan jika anggaran masih tersedia banyak, bisa membeli kasur kecil untuk si kecil tidur terpisah. 

Jangan terlalu banyak membeli baju untuk bayi yang baru lahir, sebab bayi akan cepat sekali tumbuh sampai pakaiannya hanya bisa dipakai sebentar saja. 

5. Perbanyak Edukasi Terkini Parenting

Ini juga tak kalah penting dan harus ibu serta ayah siapkan saat hamil 9 bulan, yaitu memperbanyak edukasi parenting yang terkini. Mulai dari merawat bayi baru lahir, menjaga psikologi ibu dan ayah baru, sampai mendidik anak hingga mereka besar.

Memang tak bisa terpaku pada artikel dan essay yang baku saja, namun jika sudah mengetahui dasarnya maka lebih mudah bagi orangtua untuk merawat anak, sesuai dengan kondisi keluarga mereka. 

Demikian adalah hal-hal yang harus diperhatikan dan disiapkan saat hamil 9 bulan. Pastikan ibu tidak stres dan selalu positive thinking, ya? Supaya bisa melahirkan dengan nyaman dan sehat. 

Related Posts

Ad Placement