Kamis, 24 Desember 2020

Cara Mengukur Kesehatan Tubuh Melalui Feses

Portalbelajar.com - Emang bisa mengukur kesehatan tubuh melalui feses? Pemeriksaan feses untuk cek kesehatan tubuh adalah tes yang dilakukan pada sampel feses atau tinja. Pemeriksaan ini umumnya dapat mendeteksi adanya infeksi dan berbagai penyakit yang berasal dari bakteri, virus maupun parasit. 

Pada dasarnya pemeriksaan feses bisa dilakukan di rumah sakit atau laboratorium. Untuk mengetahui apakah tubuh mengalami masalah, salah satunya adalah dengan mengecek warna juga tekstur feses itu sendiri. 

Cara Mengukur Kesehatan Tubuh Melalui Feses


Cara Mengukur Kesehatan Tubuh Melalui Feses

Menurut Warna Feses

  • Feses Warna Hijau

BAB warna hijau sebenarnya bisa dikatakan normal. Kondisi tersebut ternyata karena terlalu banyaknya mengkonsumsi sayuran hijau, suplemen zat besi dan minuman dengan pewarna hijau. Feses dengan warna ini juga bisa menjadi pertanda bahwa seseorang mengalami sakit diare. Ini dikarenakan makanan terlalu cepat disalurkan ke dalam usus besar sehingga empedu pun tidak memiliki waktu cukup untuk mencernanya dengan sempurna. 

  • Feses Warna Kuning

Selain warna hijau, feses dengan warna kuning ini juga bisa dikatakan hal normal. Warna kuning pada feses dapat dikatakan normal sebab adanya zat bilirubin. Bakteri dan enzim pencernaan di dalam usus juga turut berperan dalam memunculnya warna kuning tersebut. 

Feses warna kuning menjadi pertanda bahwa ada gangguan pencernaan seperti penyakit celiac. Pemicunya adalah makanan dengan kandungan gluten yang tinggi seperti roti dan sereal. 

  • Feses Warna Putih

Feses dengan warna putih dan pucat seperti ini bisa menjadi pertanda seseorang mengalami masalah pada organ hati, atau terjadinya penyumbatan pada saluran empedu. Selain itu, feses dengan warna putih juga jadi tanda bahwa seseorang kerap mengkonsumsi obat diare bismuth subsalisilat dengan dosis tinggi. 

  • Feses Warna Merah Terang

Sebabkan karena ada pendarahan pada saluran pencernaan bagian bawah, banyak mengkonsumsi tomat atau makanan mengandung pewarna merah, dan wasir. Selain itu, feses warna merah terang juga menjadi tanda bahwa ada penyakit kanker usus besar. 

  • Feses Warna Hitam

Salah satu penyebab feses berwarna hitam pekat adalah kanker dan maag. Meskipun demikian, feses warna hitam juga merupakan efek samping dari pengkonsumsian suplemen zat besi. Kondisi tersebut karena saluran pencernaan bagian atas mengalami pendarahan, yakni lambung dan kerongkongan.

Menurut Tekstur Feses

  • Tipe 1

Feses dengan tipe ini biasanya berbentuk bongkahan kecil, padat dan terpisah seperti kacang tanah. Feses tipe 1 menjadi pertanda seseorang mengalami sakit sembelit.

  • Tipe 2

Feses dengan tipe ini akan tampak seperti sosis yang panjang dan padat. Ini adalah pertanda bahwa seseorang sedang mengalami sembelit ringan.

  • Tipe 3

Feses dengan tipe ini berbentuk seperti sosis dan memiliki retakan pada bagian permukaannya. Bentuk feses tersebut dianggap normal dan bukan merupakan pertanda ada masalah yang serius pada tubuh. 

  • Tipe 4

Feses dengan tipe ini memiliki bentuk seperti sosis, tetapi teksturnya lebih lembut dan mengular. Tipe feses tersebut menjadi pertanda bahwa tubuh sedang dalam keadaan baik – baik saja.

  • Tipe 5

Feses dengan tipe ini berbentuk seperti gumpalan yang lunak dengan tepian jernih. Feses tipe 5 menjadi pertanda seseorang kekurangan asupan serat.

  • Tipe 6

Feses dengan tipe ini memiliki bentuk lembek dan tidak beraturan, ini pertanda bahwa seseorang sedang sakit diare ringan.

  • Tipe 7

Lalu untuk tipe yang terakhir ini fesesnya cenderung lebih cair dan tanpa potongan padat. Feses tipe 7 menjadi pertanda seseorang terkena diare berat.

Nah, itu dia cara mengukur kesehatan tubuh melalui feses. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan jika artikel ini membawa ilmu pengetahuan baru bagi Anda.

Related Posts

Ad Placement