Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Bikin HRD Terkesan dengan Cara Melamar Kerja Ini

Contoh surat lamaran pekerjaan adalah hal penting dalam pencarian kerja, karena tidak dipungkiri jika banyak perusahaan yang menjadikan dokumen ini sebagai salah satu indikator seleksi.

Namun, selain membuat surat lamaran kerja yang baik, kita juga perlu memperhatikan beberapa hal lain. Karena sebelum akhirnya diterima, kita juga akan melewati proses seleksi administrasi, wawancara hingga validasi data.

Dari semua rangkaian ini, kita perlu menyiapkan diri dan pendukung lainnya, agar proses tersebut berakhir sesuai dengan harapan kita. Yaitu mendapatkan pekerjaan.

Ingin Dapat Pekerjaan Impian? Gunakan 8 Cara Melamar Kerja Seperti Ini


Ingin Dapat Pekerjaan Impian? Gunakan 9 Cara Melamar Kerja Seperti Ini

Tentu kita tahu, jika saat melamar pekerjaan, kita perlu daya tarik tersendiri. Karena sangat besar kemungkinan, ada puluhan bahkan ribuan pesaing yang melamar untuk posisi yang sama, bukan?

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa teman-teman coba, agar mendapatkan perhatian khusus dari pihak perusahaan. Apa saja? Yuk cek penjelasan di bawah ini, ya!

1. Pilih posisi sesuai latar belakang


Mungkin sebagian dari kita, terpaksa harus bekerja di luar bidang keahlian atau latar belakang pendidikan. Namun, ternyata hal demikian kurang menarik untuk beberapa pihak HRD perusahaan, terlebih perusahaan besar.

Jika teman-teman memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama, tentu akan menjadi nilai tambah. Belum punya pengalaman? Tidak masalah, teman-teman bisa memanfaatkan website atau blog untuk menuliskan artikel profesional terkait bidang tersebut.

2. Pakai istilah yang ada di bidang kita


Apakah teman-teman tahu, jika hal ini menunjukkan seberapa pemahaman kita tentang bidang tersebut. Dengan begitu, pihak perusahaan juga akan melihat jika kita layak bergabung di perusahaan tersebut.

3. Berani sebut nominal gaji


Jangan terlalu basa-basi ketika membahas gaji. Dengan berani menyebutkan besaran gaji yang kita harapkan, berarti kita memiliki keberanian dan rasa percaya diri.

Bahkan, teman-teman juga bisa menyebutkan gaji yang biasa diperoleh di pekerjaan-pekerjaan sebelumnya. Tapi ingat, harus jujur, ya.

4. Gunakan foto profesional


Tidak perlu menggunakan editing berlebihan untuk foto profil. Gunakanlah pakaian yang tampak profesional, misalkan jas atau kemeja. Jangan lupa untuk menata diri serapi mungkin.

5. Perhatikan surat lamaran pekerjaan dan dokumen pendukung lainnya


Tuliskan hal-hal yang berkaitan dengan diri kita sesederhana mungkin dan lengkapi semua dokumen yang diminta dalam persyaratan. Jika perlu, lampirkan pula dokumen-dokumen pendukung.

6. Kumpulkan informasi tentang perusahaan tujuan


Hal ini akan sangat berguna ketika teman-teman akan menghadapi wawancara. Dengan kita mengetahui value perusahaan, tentu akan menambah nilai plus dari pihak perusahaan

7. Rapikan media sosial


Apakah teman-teman tahu, jika beberapa perusahaan juga melakukan “sidak” di media sosial pelamar kerjanya? Maka sebaiknya hindari membuat postingan yang berkesan spam. Jika memungkinkan, gunakanlah tampilan yang profesional.

8. Buat portofolio dengan menarik


Jika selama ini teman-teman membuat portofolio hanya dengan tulisan tangan, mulai saat ini, cobalah membuatnya dengan menggunakan aplikasi atau layanan di website.

Selain akan memberikan nilai estetik, hal ini juga akan menunjukkan jika kita bersungguh-sungguh dan terlihat profesional.

Berikut ini ada contoh surat lamaran pekerjaan untuk teman-teman yang baru saja lulus.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sederhana Fresh Graduate


Semarang, 6 Februari 2022



Perihal : Lamaran Kerja



Kepada :

Yth. HRD Manager PT. Tunas Muda

Jl. Gunung Ungaran No. 56, Semarang

di tempat



Salam hormat



Menurut informasi lowongan pekerjaan di media cetak Semarang News, yang terbit pada tanggal 4 Februari 2022 lalu, dengan posisi sebagai Junior Programmer, dengan ini saya bermaksud mengajukan diri untuk lowongan pekerjaan tersebut.



Berikut data pribadi saya :



Nama : Neneng Istikomah

Tempat, Tanggal lahir : Semarang, 24 Desember 1996

Alamat : Jl. Greenland Blok II, No. 34

Pendidikan Terakhir : D3 Teknik Informatika, Polines

Status : Belum menikah

No. Telepon : 08123456

Surel : nengist@rocketmail.com

Saya adalah wanita yang aktif dalam kegiatan sosial, memiliki keahlian desain grafis, bahasa pemrograman, dan Bahasa Inggris. Saya juga bisa bekerja baik secara mandiri maupun dalam kelompok.

Berikut saya lampirkan dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan :

  1. Riwayat hidup
  2. Fotokopi ijazah (legalisir)
  3. Fotokopi transkrip
  4. Fotokopi kartu identitas
  5. Fotokopi sertifikat pelatihan
  6. Fotokopi SKCK
  7. Foto diri terbaru 3x4

Demikianlah surat lamaran kerja ini. Besar harapan saya untuk dapat menjadi bagian dari perusahaan yang bapak atau ibu pimpin. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,



Neneng Istikomah


Dengan cara-cara melamar kerja dan contoh surat lamaran pekerjaan seperti di atas, semoga teman-teman mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa, ya.
Show Comments