Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Universitas Swasta Terbaik untuk Jurusan Farmasi

Farmasi berkaitan dengan obat-obatan. Jurusan farmasi masih menjadi jurusan kuliah yang banyak diminati meski proses pembelajarannya tidak mudah. Prospek kerja dan peluang karier lulusan S1 Farmasi juga bagus, baik bekerja dalam lembaga maupun individual.

Lulusan bidang farmasi tidak hanya menjadi apoteker, tetapi juga bisa bekerja di sektor kesehatan, kosmetik, industri makanan atau minuman, dosen, dan banyak lainnya. Terdapat sejumlah universitas swasta dengan jurusan farmasi terbaik yang dapat dijadikan rekomendasi berikut ini.

Rekomendasi Kampus Swasta dengan Jurusan Farmasi Terbaik


Rekomendasi Kampus Swasta dengan Jurusan Farmasi Terbaik

Bidang farmasi memiliki wadah perhimpunan organisasi profesi yang dinamakan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) yang beralamat di situs https://pafimanggaraibarat.org/. Kuliah farmasi memerlukan kemampuan pada bidang kimia dan biologi untuk meracik obat dan praktik laboratorium dengan bahan yang bisa saja berbahaya.

Ada banyak kampus swasta yang sudah memperoleh akreditasi A untuk jurusan farmasi. Kurikulumnya didesain secara cermat untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan pemahaman mendalam tentang prinsip ilmiah dan teknologi terkini farmasi.

1. Universitas Muhammadiyah Surakarta


UMS adalah salah satu universitas yang menerima D3 ke S1 Farmasi. Bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan ke S1 dari jenjang D3 Farmasi, UMS menerima perpindahan jalur. Meski swasta, UMS membuktikan dapat memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Selain terakreditasi A, program pembelajaran di UMS sudah unggul, dan mempunyai visi menginternalisasikan nilai keislaman dalam wawasan kefarmasian serta kewirausahaan. UMS terletak di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

2. Universitas Ahmad Dahlan


Rekomendasi selanjutnya universitas swasta yang menyediakan fakultas farmasi dengan kualitas terbaik di Indonesia adalah UAD. UAD termasuk salah satu universitas swasta jurusan farmasi murah.

UAD yang sudah terkareditasi A BAN-PT ini memiliki visi untuk menghasilkan lulusan farmasi yang berdaya saing global sehingga berpeluang menjalankan wirausaha. Kampus UAD berlokasi di Umbulharjo, Yogyakarta.
 

3. Universitas Pancasila


Universitas Pancasila adalah salah satu universitas swasta terbaik jurusan farmasi. Fakultas Farmasi di kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1964.

Fakultas Farmasi Universitas Pancasila terus berkembang dari yang sebelumnya hanya S1 Farmasi, menjadi memiliki program S2, kemudian juga D3. Untuk S2 di sini juga memiliki dua prodi, yaitu Manajemen Farmasi Industri, dan Pengembangan Obat Bahan Alam.

4. Universitas Sanata Dharma


Berikutnya ada Universitas Sanata Dharma yang meresmikan Fakultas Farmasi sejak tahun 1995 dan sudah terakreditasi A. Untuk mendukung perkuliahan, kampus USD memiliki 14 laboratorium.

Lulusan sarjana farmasi tidak hanya bisa bekerja sebagai apoteker saja. Selain itu juga bisa berkarier sebagai ahli bioteknologi, ahli kecantikan, staf rekam medis, dan research and development.

5. Universitas Surabaya


Program Studi Sarjana Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (PSSF UBAYA) sudah mendapat akreditasi A BAN-PT dan berkomitmen mengedepankan mutu pendidikan farmasi. Dalam penyelenggaraan fakultas farmasi UBAYA juga sudah berorientasi pada standar WHO.

Universitas Surabaya mempunyai fasilitas laboratorium yang lengkap untuk menunjang aktivitas perkuliahan farmasi. Antara lain laboratorium farmakologi, laboratorium biokimia, laboratorium fitokimia, laboratorium biofarmasi, dan lainnya.

6. Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM)


Unika Widya Mandala mendapat peringkat akreditasi A pada tahun 1998. UKWM juga bekerjasama dengan fakultas farmasi Universitas Airlangga melaksanakan program pendidikan profesi apoteker.

Mahasiswa prodi S1 di sini dibekali dengan beragam mata kuliah yang meliputi pharmaceutical sciences dan bidang pelayanan kefarmasian. Profesi farmasi di kampus ini juga tergabung dalam https://pafimanggaraibarat.org/.

7. Universitas Mercu Buana


Universitas Mercu Buana juga memiliki fakultas farmasi yang terakreditasi A dan pernah menempati ranking global dengan predikat kefarmasian terbaik. Patut dibanggakan karena kampus ini adalah swasta tetapi mampu memberikan yang terbaik dalam bidang farmasi.

Nah itulah tujuh universitas swasta dengan jurusan farmasi terbaik yang bisa menjadi rekomendasi. Kualitas pendidikan di universitas swasta sudah setara dengan universitas negeri. Di kampus swasta inilah impian menjadi seorang ahli farmasi dapat diwujudkan.
Show Comments