Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Tips Desain World Tourism Day Poster biar Lebih Menarik

Peringatan World Tourism Day selalu diperingati setiap tahun, tepatnya pada tanggal 27 September. Peringatan ini bertepatan dengan pengukuhan status dari UNWTO oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 27 September 1970.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk ikut merayakan Hari Pariwisata Sedunia, salah satunya dengan ikut serta dalam membuat World Tourism Day poster yang menarik. Hingga saat ini, keberadaan poster masih dijadikan sebagai media publikasi yang cukup ampuh untuk masyarakat.

Desain World Tourism Day Poster biar Lebih Menarik

Agar Anda dapat membuat desain menarik, berikut ini tips-tips desain World Tourism Day poster untuk Anda:

Membuat desain yang mudah dibaca dari kejauhan


Poster yang mudah dibaca dari kejauhan harus memiliki tiga komponen utama. Tiga komponen tersebut adalah headline untuk teks utama dan terbesar dalam poster, rincian informasi dan penjelasan menarik dari Hari Pariwisata Sedunia.

Memilih skema warna yang relevan


Sekma warna harus diperhatikan dalam pembuatan desain poster. Anda harus memilih jenis huruf yang mudah dibaca dan mudah menarik perhatian masyarakat. Pastikan untuk membedakan warna pada setiap komponen untuk memfokuskan poin mana saja yang ingin Anda sampaikan terlebih dahulu.

Penggunaan kontras yang tinggi antara elemen dalam poster juga dapat membantu Anda menarik perhatian. Sebaiknya Anda meninggalkan palet warna yang monoton serta gradient yang pucat. Pilihlah warna-warna dengan kontras yang lebih berani dan menonjol.

Selain itu, Anda juga perlu memikirkan penggunaan warna background penuh agar membuat poster Anda lebih menarik dibandingkan poster lainnya.

Mempertimbangkan ukuran dan lokasi penempatan poster


Selain desain, warna dan jenis tulisan, ukuran dan lokasi penempatan poster juga tidak boleh diabaikan.

Contohnya saja, apabila poster Anda akan digantung pada dinding berwarna hijau, tentu Anda harus memastikan poster Anda tidak menggunakan skema warna yang sama dengan dinding.

Anda harus memilih warna-warna kontras agar desain poster Anda tidak menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Faktor eksternal ini sangat penting untuk menarik perhatian masyarakat terhadap poster Anda.

Menggunakan sebuah visual besar


Saat membuat poster, Anda dapat memilih sebuah gambar muka atau elemen close up, ilustrasi tunggal maupun fokus yang tajam dengan tipografi yang menarik. Setelah visual Anda dapatkan, berhati-hatilah dalam memilih layering.

Menyertakan ajakan untuk bertindak


Nah, setelah poster Anda terlihat menarik perhatian khalayak, pastikan juga untuk menyertakan kalimat ajakan untuk bertindak. Dalam hal ini pastinya, berhubungan dengan ajakan untuk lebih aware kepada pariwisata.

Menggunakan ikon


Penggunaan ikon dimaksudkan untuk memvisualisasikan konsep dalam desain poster. Anda dapat memasukkan ikon yang berhubungan dengan pariwisata seperti simbol atau logo tema World Tourism Day, G20, Wonderful Indonesia, dan lainnya.

Demikian beberapa tips desain World Tourism Day poster yang dapat Anda coba lakukan. Yuk, ikut serta dalam perayaan National Tourism Day, salah satunya dengan membuat poster menarik sesuai ide Anda. Jadilah bagian dari para penggiat pariwisata Indonesia.
Show Comments