Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Cara Jitu Menghindarkan Hewan Peliharaan Dari Serangan Kutu

Mempunyai hewan peliharaan seperti anjing bisa menjadi salah satu obat stress bagi sebagian besar penyuka hewan anjing. 

Hewan anjing memang salah satu jenis hewan yang sangat menyenangkan apabila diajak berinteraksi, karena anjing dapat diajak bermain bersama, bahkan anjing dapat memperbaiki suasana hati Anda yang sedang buruk dengan tingkahnya yang menggemaskan. 

Akan tetapi, sebagai pemilik Anda juga perlu memperhatikan kondisi Kesehatan dari hewan peliharaan juga.

Salah satu masalah atau musuh bagi hewan peliharaan, seperti anjing ini yakni adanya kutu pada bulunya. Tidak hanya menyebabkan rasa gatal, kutu juga dapat memicu masalah Kesehatan yang lain, seperti penyakit anemia. 

Anemia yang terjadi pada anjing dapat terjadi saat kutu sudah mulai berkembangbiak dan jumlahnya terlalu banyak yang selanjutnya menghisap darah dari tubuh hewan peliharaan. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi penyakit kutu anjing ini? Berikut ini adalah caranya.

Cara Mengatasi Kutu Pada Anjing


Cara Mengatasi Kutu Pada Anjing

1. Rutin Memandikannya


Cara ini dapat Anda lakukan yakni dengan menggunakan air hangat atau dengan menggunakan sabun hingga sampo khusus untuk anjing yang berbahan lembut. 

Apabila Anda ingin menggunakan sampo khusus anti kutu, koordinasikan dulu dengan dokter hewan yang sudah ahli dalam bidang tersebut sebelum melakukannya, agar tidak keliru dan terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan terhadap hewan peliharaan Anda.

2. Rutin Menyisir Bulu dengan Sisir Khusus


Cara berikutnya yakni Anda harus rutin menyisir bulu dari anjing peliharaan Anda dengan sisir khusus kutu. Sisir kutu khusus bisa menghilangkan kutu pada anjing. 

Selain itu juga dapat digunakan membersihkan kotoran yang menempel pada ujung bulu atau kulit anjing. Kotoran itu jika Anda lihat bentuknya terlihat seperti serpihan lada. Kutu biasanya tinggal di daerah leher dan juga daerah ekor anjing.

3. Memberikan Obat Khusus Kutu


Setelah dirasa bersih dari kutu, hewan peliharaanmu kemungkinan masih akan mengalaminya di lain hari. Langkah yang paling ampuh untuk mengatasi masalah kutu yakni dengan memberikan obat khusus mengatasi serangan kutu pada anjing dan juga memberikan obat secara berkala. 

Salah satu produk obat yang dapat Anda gunakan yakni NexGard. Akan tetapi, penggunaan obat khusus kutu anjing ini harus berada di bawah pengawasan dokter khusus hewan.

Dapatkan informasi lengkap tentang produk NexGard di website nexgard.co.id sekarang juga.
Show Comments