Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Tips Memilih Laptop Terbaik Untuk Pelajar

Toko komputer dan toko laptop biasanya menjadi tujuan para mahasiswa atau pelajar dalam mencari laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Dari segi budget pun biasanya juga dicari yang terjangkau dengan kantong pelajar.

Namun bukan itu saja yang menjadi pertimbangan pelajar dalam mencari laptop. Setidaknya spesifikasi laptop yang dicari bisa membantu para pelajar atau mahasiswa dalam mengerjakan tugas sekolah atau kuliah.

Tips Memilih Laptop yang Baik untuk Pelajar


Tips Memilih Laptop yang Baik untuk Pelajar

Laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib para pelajar untuk menunjang proses belajar mereka. Sebagai kebutuhan yang bisa dibilang pokok, laptop banyak ditemukan di toko laptop yang ada di sekitar kita.

Masalahnya harga laptop bervariasi tergantung spesifikasi dan mereknya. Sebut saja laptop ASUS, Toshiba, Lenovo, Hp, Acer, Dell, Axioo dan masih banyak lagi lainnya. Masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri, sehingga pelajar perlu menyesuaikan dengan kebutuhan sekolahnya.

Untuk mempermudah memilih laptop yang baik untuk memenuhi kebutuhan pelajar, ada beberapa tips yang dapat dipakai saat memilih laptop, diantaranya :

1. Lihat Sistem Operasinya


Sistem operasi laptop yang populer saat ini ada 3, yaitu windows, Mac, dan chromebook. Dari segi harga, laptop Mac cenderung lebih mahal daripada windows dan chromebook. Hal itu dikarenakan spesifikasi Mac yang berasal dari komponen premium.

Chromebook sendiri merupakan laptop yang sistem operasinya berasal dari google yang bernama chrome OS. Desainnya dibuat minimalis dan dibuat untuk pekerjaan yang ringan. Selain itu Chromebook juga kompatibel dengan aplikasi Android yang ada di play store, sehingga cocok untuk mahasiswa.

Dari sistem operasi ini, dapat dilihat bahwa windows dan chromebook lebih cocok dipakai mahasiswa dan pelajar karena sistem windows lebih mudah dipakai daripada Mac. Harganya pun lebih terjangkau oleh kantong mahasiswa atau pelajar.

2. Lihat Dimensi dan Berat Laptop


Laptop yang terbaik untuk mahasiswa atau pelajar biasanya memiliki ukuran yang pas untuk digenggam atau dimasukkan ke dalam tas. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Ukuran yang pas tersebut yaitu 15 – 16 inchi. Bobotnya juga pas, yaitu 1,8 kg sampai 2,5 kg. Tidak terlalu berat jika dibawa kemana-mana atau dimasukkan ke dalam tas.

3. Lihat Kemampuan Multitaskingnya


Laptop yang baik untuk pelajar itu minimal memiiki 3 komponen utama. Yaitu Microsoft word untuk menulis, browser untuk menjelajah dunia maya ketika diminta untuk mencari referensi tertentu serta hiburan berupa music seperti yang ada di spotify.

Untuk memenuhi ketiganya, maka komponen di dalam laptop harus terpenuhi. Semuanya terlihat dari peosesor dan juga RAMnya. Laptop yang baik untuk pelajar setidaknya sudah memiliki prosesor Intel Core i3 atau AMD A-series. Sementara RAM yang dimiliki minimal 4 GB.

4. Lihat Seberapa Besar Penyimpanannya


Penyimpanan data di laptop adanya di SSDdan HDD. Jika SSDdigunakan untuk sistem, maka HDD lebih digunakan untuk penyimpanan data pengguna. Keduanya sangat penting untuk performa laptop dalam menyimpan data

Laptop yang baik bagi pelajar setidaknya memiliki SSD 128 GB dan HDD sebesar 500GB. Lebih dari itu akan lebih baik lagi. Namun sebaiknya jangan sampai ukurannya lebih rendah dari itu karena akan mengambat kerja laptop.

5. Lihat Kapasitas Baterainya


Mahasiswa atau pelajar biasanya memakai laptop dalam jangka waktu yang lama. Kisaran waktunya 8 sampai 10 jam. Atau 12 sampai 17 jam jika sedang lembur mengerjakan tugas. 

Karenanya carilah laptop yang daya tahan baterainya bisa mencapai minimal 8 - 10 jam. Namun tetap saja disarankan agar pelajar tetap membawa charger laptop untuk jaga-jaga.

6. Lihat Kartu Grafisnya


Untuk mengerjakan tugas sekolah atau kampus biasanya cukup menggunakan integrated GPU (bawaan) yang strandart. Contohnya Intel atau AMD. Namun bagi mahasiswa atau pelajar yang mempelajari desain atau harus mengedit video, tentu membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang lebih besar.

Pilihan GPU yang oke untuk edit video atau desain adalah GeForce 940M, GTX 950M atau AMD Radeon R5-R9. Untuk spesifikasi ini ada komponen yang membutuhkan tenaga lebih besar sehingga harga laptop pun bisa lebih mahal.

Kartu Grafis ini tentu saja tidak wajib ada. Namun penting untuk pelajar yang mempelajari video dan desain grafis yang membutuhkan pemograman tertentu. Jadi sifatnya opsional, tergantung apa yang dipelajari oleh pelajar

Rekomendasi Toko Komputer Lengkap untuk Penuhi Kebutuhan Pelajar


Rekomendasi Toko Komputer Lengkap untuk Penuhi Kebutuhan Pelajar

Bingung mencari laptop jenis apa yang cocok untuk mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah. Kunjungi saja sodagarkomputer.com yang merupakan toko komputer yang kini hadir secara online.

Sodagarkomputer menyediakan berbagai macam peralatan komputer maupun laptop beserta perangkat pendukungnya, seperti mouse, printer, webcam, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara pesannya pun mudah, kita tinggal buka websitenya di https://sodagarkomputer.com , lalu pesan laptop atau perangkat yang kita inginkan, dilanjutkan melakukan pembayaran dan tunggu di rumah. Karena barang akan diantar sampai ke rumah dengan selamat.

Laptop yang dijual pun bergaransi resmi, sehingga aman dan terpercaya. Bingung mau bertanya atau mau complain. Ada support sistem yang siap membantu konsumen untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Tunggu apalagi, cari laptop yang terbaik untuk pelajar. Cari saja di Sodagar Komputer dan dapatkan rekomendasi terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar.
Show Comments