Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Asuransi Mobil, Jenis-jenisnya yang Harus Diketahui dan Rekomendasi Terbaiknya

Mobil bergerak seperti dua pasang kaki yang sangat rawan risiko, baik kecelakaan hingga kehilangan. Karena itu, memiliki asuransi mobil membuat hati lebih tenang dan berkendara lebih aman.

Pasalnya, dengan asuransi mobil yang dimiliki, kamu bisa mendapat kemudahan ganti rugi akibat kecelakaan ataupun kehilangan tanpa harus menguras tabungan.

Tak hanya itu saja, biaya service mobil tentu tidak murah, sebab kendaraan yang dimiliki nilainya juga mahal sehingga membuat perawatannya ikut mahal.
 

Alasan penting punya asuransi mobil


Alasan penting punya asuransi mobil

Setiap perusahaan asuransi mobil memiliki keunggulan tersendiri, begitu juga dengan premi yang ditetapkan di setiap bulannya.

Beberapa poin penting berikut adalah alasan penting mengapa perlu memiliki asuransi mobil.
 

1. Keuangan tidak bocor


Alasan pertama adalah, dengan memiliki asuransi mobil maka keuangan akan aman. Sebab, hanya dengan membayar premi asuransi setiap bulannya, kamu dapat merasakan proteksi yang banyak.

Seperti diketahui, premi asuransi yang dibayarkan per bulannya adalah iuran yang akan menjadi dana talangan jika terjadi sesuatu buruk menimpa mobil kesayangan. Harga premi yang dikeluarkan pun tidak banyak, biasanya sesuai dengan kemampuan kamu.

Sementara itu, jika kamu tidak melengkapi kendaraan dengan asuransi mobil, kamu bisa keluar uang lebih banyak untuk perbaikan ataupun kehilangan.
 

2. Berkendara jadi lebih tenang


Poin penting kedua adalah, kamu tidak perlu panik saat kejadian tak terduga seperti mengalami mobil mogok di tengah jalan atau bertemu kerumunan perusuh yang tengah berdemo.

Pasalnya, meskipun melaju dengan mobil baru, kamu akan merasa lebih tenang karena tahu akan dilindungi oleh asuransi mobil.
 

3. Bisa menanggung kerusakan hingga kehilangan


Alasan lain kenapa harus memiliki asuransi mobil adalah, karena proteksi yang diberikan pun lengkap.

Tak hanya kerusakan saat tengah berkendara, mobil hilang dibawa maling pun akan tetap diganti rugi oleh asuransi mobil.
 

4. Tidak ada yang perlu dikorbankan


Jika tiba-tiba mengalami kerusakan mobil, tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

Kadang pengeluaran tak terduga seperti ini membuat kamu terpaksa menguras tabungan, padahal tabungan tersebut untuk biaya urgent seperti modal menikah atau membangun rumah.

Jika kamu memakai asuransi mobil, tentu rencana masa depanmu tidak akan terganggu. Uang tabungan akan tetap terjaga dan asuransi akan bertanggung jawab atas semua kerusakan pada mobilmu.
 

Jenis-jenis pertanggungan asuransi mobil


Asuransi mobil akan menanggung semua biaya perbaikan mobilmu di bengkel rekanan. Hanya saja, pertanggungan yang diberikan asuransi mobil bervariatif.

Untuk diketahui, ada dua macam pertanggungan yang diberikan asuransi mobil, yaitu Total Loss Only (TLO) dan asuransi mobil All Risk atau Comprehensive.

Kedua tanggungan yang ditawarkan berbeda dalam hal risiko dan nilai pertanggungannya.
 

1. Asuransi Total Loss Only (TLO)


Pada jenis pertanggungan pertama pada asuransi mobil, ada Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil akan menjadi risiko terhadap kerugian atau kerusakan total dan risiko kendaraan hilang akibat pencurian.

Namun, dengan catatan yaitu biaya perbaikan lebih besar atau sama dengan 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum terjadinya kerugian dan usia maksimal kendaraan yang bisa mendapatkan perlindungan TLO adalah 12 tahun.
 

2. Asuransi Mobil All Risk atau Comprehensive


Pertanggungan berupa asuransi mobil adalah All Risk memberikan proteksi penuh, dan jenis ini memang paling favorit digunakan.

Pada pertanggungan All Risk, pihak asuransi mobil akan menjamin risiko terhadap kerugian atau kerusakan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Usia maksimal kendaraan yang bisa mendapatkan perlindungan ini adalah 9 tahun.

Sebagai saran, jika kamu mengambil cicilan mobil maka sebaiknya langsung memanfaatkan asuransi All Risk. Sebab, hampir semua jenis kerusakan ditanggung sehingga meringankan beban pengeluaran.

Rekomendasi asuransi mobil murah di Indonesia


Di Indonesia ada banyak nama perusahaan asuransi mobil terbaik di tahun 2022 ini.

Berikut ini daftar rekomendasi asuransi mobil murah di Indonesia:
 

1. Asuransi mobil Sinar Mas


Sinarmas memiliki produk unggulan bernama Simasnet, yang bisa melakukan klaim langsung ke bengkel authorized apabila terjadi kerusakan pada mobil yang kita asuransikan.
 

2. Jasaraharja Putera


Jasa Raharja Putera adalah anak perusahaan dari Jasa Raharja, yang menyediakan layanan asuransi mobil terbaik.

Ada Jasa Raharja Putera ASTOR (Asuransi Kendaraan Bermotor) yang memiliki dua pertanggungan yaitu TLO dan All Risk.

Semuanya memiliki biaya premi yang tergolong lebih murah dibandingkan perusahaan asuransi lainnya,
 

3. Asuransi Garda Oto


Garda Oto masih memberikan pelayanan terbaiknya dengan menghadirkan berbagai jenis asuransi mobil, seperti All Risk, TLO, tanggung jawab pihak ketiga, dan perluasan huru-hara serta bencana alam.
 

4. AXA Auto Insurance


AXA Auto Insurance menyediakan layanan Smart Drive yang memberikan jaminan terhadap kehilangan kunci kendaraan dan perlindungan terhadap kerugian total ketika mobil terjadi kecelakaan ataupun dicuri oleh supir pribadi.
 

5. Asuransi ACA Otomate


Asuransi mobil ini adalah memberikan layanan mobil pengganti yang membuat kamu tetap bisa beraktivitas ketika mobil sedang diperbaiki di bengkel.

Selain itu, tersedia pula fasilitas Roadside Assistance yang akan membantu memperbaiki kerusakan mobil langsung di lokasi.

6. Asuransi Allianz Utama Indonesia


Allianz punya produk MobilKu yang menyediakan tiga paket komprehensif yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan.

Mulai dari paket Allianz MobilKu Grand, yang memberikan solusi perlindungan kendaraan paling lengkap terhadap kerusakan ataupun pencurian.
 

7. Asuransi Adira (Autocillin Auto Insurance)


Asuransi mobil yang diberikan Adira tak perlu diragukan lagi, karena kita akan mendapatkan layanan terbaik ketika terjadi kerusakan pada mobil yang kita miliki.
Show Comments