Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Tips Memilih Sekolah Internasional yang Tepat untuk Anak

Sekolah internasional di Indonesia kini semakin banyak bermunculan. Hal tersebut bisa menjadi kabar baik sekaligus sumber kebimbangan bagi para calon wali murid. Banyaknya pilihan tentu akan membuat para calon wali murid semakin bimbang karena semuanya menawarkan keunggulannya.

Wajar saja jika hal tersebut terjadi, karena untuk melahirkan generasi dengan gebrakan yang mampu mengguncangkan dunia harus memiliki nilai jual dimana ia mampu memukau seisi dunia. Sehingga hal-hal tersebut harus ditonjolkan pula oleh setiap instansi agar menarik minat calon anak didiknya.

Meskipun banyak pilihan sekolah internasional di Indonesia, Anda tidak perlu panik ataupun tergesa-gesa dalam menentukan pilihan. Tips memilih sekolah internasional di Indonesia ini bisa dijadikan pertimbangan sebelum menetapkan keputusan mengenai sekolah terbaik bagi buah hati Anda.

1. Melakukan Riset pada Keluarga Inti


Pendidikan anak-anak kesayangan Anda bukanlah hal sederhana yang bisa sembarangan dalam memutuskannya. Pendidikan anak akan mempengaruhi bagaimana kepribadian, pola pikir, dan agamanya untuk saat ini sampai masa depannya nanti.

Sebagai wali tentunya harus memilihkan sekolah yang paling kondusif dan sejalan dengan kebutuhan anak maupun budaya dalam keluarga Anda. Maka pertanyaan paling awal yang harus dijawab adalah apakah Anda sudah mengetahui budaya ataupun karakter keluarga?

Jika Anda sudah tahu maka ia bisa langsung dijadikan bahan diskusi bersama pasangan dan si buah hati yang akan disekolahkan nantinya. Akan tetapi jika Anda belum mengetahuinya maka beberapa pertanyaan berikut perlu dijawab terlebih dahulu sebagai bahan diskusi bersama keluarga.

Pertanyaannya yaitu mengenai nilai-nilai dan prioritas yang dijunjung tinggi dalam keluarga Anda, bagaimana fitrah dan karakter anak, dan bagaimana tingkat kemampuan finansial keluarga. Hal ini perlu Anda dan keluarga jawab agar bisa menarik garis benang merah yang akurat.

2. Mencari Tahu Kurikulum yang Digunakan


Setiap sekolah pasti memiliki kurikulum yang dijadikan acuan dalam sistem pembelajarannya. Anda harus mengetahui kurikulum apa yang ditawarkan oleh sekolah tersebut. Pilihlah kurikulum yang banyak digunakan di berbagai negara untuk mempermudah jenjang pendidikan berikutnya.

Jika Anda dan keluarga memiliki target tempat pendidikan tinggi tertentu di luar negeri, maka carilah yang kurikulumnya sama dengan instansi tersebut. Hal ini akan mempermudah aktivitas belajar anak kedepannya karena tidak perlu banyak beradaptasi dengan kurikulum barunya.

3. Mengetahui Besaran Biaya yang Dibutuhkan


Sebagaimana yang telah disinggung pada pembahasan poin pertama bahwa sebelum menetapkan instansi mana yang akan dijadikan tempat belajar anak, maka Anda harus mengetahui kemampuan finansial keluarga.

Setelah mengetahui seberapa besar kemampuan finansial keluarga maka hal tersebut dapat dijadikan acuan ketika akan menetapkan sekolah anak. Sebaiknya Anda memilih sekolah yang seseuai dengan kemampuan finansial Anda agar tidak timbul permasalahan baru dalam keluarga.

Pasalnya, sekolah internasional di Indonesia memiliki harga yang mahal karena fasilitas dan keunggulan yang ditawarkannya. Anda boleh berharap agar si anak mendapatkan pendidikan terbaiknya, akan tetapi sebaiknya hal tersebut disesuaikan dengan kemampuan.

4. Fasilitas dan Pelayanan yang Diberikan


Setelah mempertimbangkan ketiga hal di atas, Anda juga perlu mempertimbankan mengenai fasilitas dan pelayanan apa saja yang ditawarkannya. Jangan sampai nantinya Anda kecewa karena memilih sekolah anak hanya berdasarkan katanya tanpa melakukan penelusuran lebih lanjut.

Untuk menghindari kekecewaan yang mungkin timbul, sebaiknya Anda menelusuri secara detail mengenai fasilitas dan pelayanan apa saja yang diberikan. Jika diperlukan, Anda bisa langsung mendatangi lokasi sekolah tersebut untuk melihat dan menilainya secara langsung.

Rekomendasi Sekolah Internasional di Indonesia


Rekomendasi Sekolah Internasional di Indonesia

Jika Anda saat ini sedang mencari sekolah internasional di Indonesia untuk jenjang SMP dan SMA, maka Menlo Park School bisa dijadikan referensi ketika akan menentukannya. Pasalnya, Menlo Park School sudah berhasil menjadi perantara bagi ratusan siswanya ke kampus-kampus terbaik di dunia.

Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut ini agar lebih yakin akan kualitas dari Menlo Park School. Beberapa hal ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai Menlo Park School.
 

1. Menawarkan Berbagai Keunggulan


Menlo Park School merupakan sekolah yang direkomendasikan karena banyak keunggulan yang ditawarkannya. Diantara banyak keunggulan yang ditawarkan, ada tiga hal yang paling utama. Hal pertama yang diunggulkannya yaitu pelaksanaan sekolah yang dilakukan 100% secara online.

Keunggulan berikutnya yaitu kualitas tenaga pendidiknya yang merupakan alumni dari lulusan universitas-universitas terbaik di dunia. Dan keunggal yang ketiga yaitu adanya pilihan mata pelajaran berupa entrepreneur, coding, dan research.

2. Kurikulum


Seperti yang telah dijelaskan bahwa sebaiknya Anda memilih sekolah dengan kurikulum yang banyak diterapkan pada sekolah-sekolah di luar negeri. Jika Anda memutuskan untuk memilih Menlo Park School karena kurikulumnya, maka itu adalah keputusan yang tepat.

Pasalnya, Menlo Park School menerpakan kurikulum International General Certificate of Secondary Education (IGCSE). Yang mana kurikulum ini setara dengan GCSE dan ia sudah diakui oleh Inggris. Kurikulum ini juga diterapkan oleh University of Cambridge International Examinations.

Itulah beberapa tips memilih sekolah internasional di Indonesia dan gambaran singkat mengenai rekomendasi Menlo Park School yang bisa dijadikan pertimbangan untuk sekolah anak. Sekolah manapun yang menjadi keputusan akhir Anda, pastikan itu sesuai dengan kebutuhan anak.
Show Comments