Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Seberapa Besar Pengaruh Domain Terhadap SEO

Apakah penamaan domain mempengaruhi Search Engine Optimization (SEO). Hal ini memang belum bisa dipastikan. Tapi yang pasti adalah penentuan ekstensi domain rupanya mempengaruhi keberadaan suatu website muncul di pencarian Google.

Ada banyak ekstensi domain yang tersedia. Masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda. Karena itulah penting untuk mengetahui dan memahami tentang domain, terutama bagian ekstensi domain untuk melihat sejauh mana pengaruhnya pada SEO.

Pentingnya Memilih Ekstensi Domain yang Tepat


Pentingnya Memilih Ekstensi Domain yang Tepat

Domain adalah rumah bagi pembuat website. Di dalam website ada bagian yang tak bisa dipisahkan satu sama lainnya, yaitu subdomain, nama domain dan juga ekstensi domain. Dari ketiga komponen tersebut, ekstensi domain membawa pengaruh paling besar bagi domain untuk bisa terbaca di Google.

Ekstensi domain adalah bagian yang terletak di belakang domain. Biasanya ditandai dengan .com, atau .net, .org, dan lain sebagainya. 

Pada tahun 2014, Google menerapkan konsep lokal SEO. Dimana ekstensi domain populer ternyata lebih mudah menembus keyword lokal yang ada di mesin pencarian Google. Salah satu ekstensi domain yang paling populer yaitu .com.

Mengapa Domain .com Mendominasi Pencarian Google ?


Tak bisa dipungkiri jika domain .com banyak kita jumpai di mesin pencarian Google. Bahkan hampir setiap kata kunci yang kita ketikkan di kolom pencarian, akan memunculkan website dengan ekstensi domain .com dibandingkan dengan ekstensi domain yang lain. Hal tersebut dikarenakan beberapa alasan seperti berikut :

1. Jumlah Pengguna Paling Banyak


Pengguna ekstensi domain .com adalah yang terbanyak daripada ekstensi domain yang lain. Di tahun 2020 saja, jumlah total registrasi .com saja sudah mencapai 150 juta. Hingga sekarang belum ada yang mampu menyaingi jumlah registrasi ekstensi .com.

Hal tersebut dikarenakan ekstensi domain .com mudah menjangkau kata kunci di mesin pencarian Google, sehingga kesempatan untuk bisa mencapai halaman Google sangat besar.

2. Harga Lebih Terjangkau


Harga ekstensi domain .com juga lebih terjangkau dibandingkan dengan ekstensi domain yang lain. Sebagai gambaran, ekstensi domain di Niagahoster untuk .com sebesar Rp 115.000,00, ekstensi domain .net, sebesar Rp. 155.000,00, ekstensi .id sebesar Rp.200.000,00.

Dibandingkan dengan harga ekstensi domain yang lain pun, .com tetap tampil dengan harga yang lebih terjangkau sehingga banyak yang menginginkannya. Ekstensi domain .com masih menjadi primadona.

3. Cocok Untuk Semua Jenis Website


Ekstensi domain .com juga sangat cocok untuk dijadikan website jenis apapun. Apakah untuk perdagangan, catatan perjalanan, lifestyle, ataupun untuk branding sebuah produk dari perusahaan ternama. Kemudahan yang diberikan oleh .com inilah yang menjadikannya cocok dipakai di sebuah jenis website.

Pengaruh Domain Terhadap SEO


Ekstensi domain .com adalah contoh konkrit dari adanya pengaruh ekstensi domain terhadap bagus tidaknya sebuah website. Meskipun pengaruhnya tidak disebutkan secara langusng, namun beberapa fakta berikut ini mengarah pada SEO.

Beberapa pengaruh ekstensi domain terhadap SEO diantaranya :

1. Mempengaruhi Click Through Ratio (CTR)


Click Through Ratio menunjukkan berapa kali pengunjung mengeklik website yang ditemukan di mesin pencarian Google. Nyatanya hampir semua artikel di Google mengarah pada website dengan ekstensi domain .com.

Ekstensi domain yang mengadung tanda baca atau terlalu panjang, jarang terlihat di mesin pencarian Google. Hal ini menunjukkan bahwa adanya tanda baca atau numeric atau symbol lainnya menghalangi Google untuk membacanya. Sementara domain .com lebih unggul karena popularitasnya lebih unggul daripada ekstensi domain yang lain.

2. Kredibilitas Website di Mata Pengunjung


Saat ini banyak perusahaan besar yang menggunakan ekstensi domain .com untuk websitenya. Sebut saja detik.com, google.com, yahoo.com, bing.com dan masih banyak lagi lainnya. Kemunculan .com ini tentu saja membuat perusahaan yang bersangkutan lebih mudah ditemukan di Google.

Kredibilitas website di mata pengunjung pun semakin bagus, karena selalu mendapat rangking di Google. Sementara ekstensi domain lainnya masih kalah saing dengan .com

3. Memudahkan Adaptasi Teknologi Baru


Perkembangan teknologi di era digital saat ini terus berkembang. Bukti nyata kemajuan teknologi adalah pengenalan penelusuran suara (voice search).

Google sendiri sudah mengenalkan teknologi penelurusan suara ini di dalam smartphone berbasis android. Seperti ketika kita ingin pergi ke tempat tertentu, maka pesan suara Google akan membantu Anda untuk menemukanya dengan Anda memintanya langsung dengan bersuara.

Teknologi pengenalan suara akan lebih mudah diucapkan lisan kita ketika menggunakan .com. Berbeda dengan .cf yang sulit diucapkan. Tentu saja pengucapan yang tepat akan memudahkan Google membantu Anda.

Niagahoster Penyedia Ekstensi Domain Populer


Niagahoster Penyedia Ekstensi Domain Populer

Niagahoster adalah perusahaan jasa yang menyediakan ekstensi domain dalam jumlah yang banyak dan super lengkap. Berbagai macam jenis ekstensi domain ada di sana, termasuk .com yang harganya sangat terjangkau dengan peminat yang paling banyak.

Niagahoster juga memberikan harga yang transparan untuk berbagai jenis ekstensi domain yang tersedia, sehingga pengguna bisa membandingkan satu dengan yang lainnya, sebelum memutuskan untuk membeli.

Layanan yang diberikan Niagahoster nonstop 24 jam, sehingga membantu para pengguna yang ingin konsultasi atau mengalami kesulitan dalam mengelola websitenya. Tak perlu bingung lagi menentukan ekstensi domain yang bisa meningkatkan SEO. Cari saja di Niagahoster, Tempatnya domain murah dan berkualitas yang ada di Indonesia.
Show Comments