Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

5 Game Online Terbaik yang Ringan (Ukurannya Cuma 50-150 Mb!)

Kalau kamu mencari permainan di HP yang ringan, tidak makan banyak memori internal, dan bisa dimainkan bersama teman, lima game online terbaik ini memenuhi kriteria yang kamu cari.

Apa nama game-nya? Lihat di bawah, yuk!
 

5 Game Online Terbaik Android yang Ringan & Tidak Makan Memori Internal


5 Game Online Terbaik yang Ringan (Ukurannya Cuma 50-150 Mb!)

Memori internal kamu terbatas tapi masih mau senang-senang main game online? Asah jiwa kompetitif kamu lewat game di bawah ini aja!
 

1. Traveloka Game Farm

Lewat fitur barunya, sekarang kamu bisa memainkan 20+ mini game langsung dari aplikasi Traveloka - tanpa harus download data tambahan.

Nama fitur barunya adalah Game Farm. Karena termasuk ke dalam kategori mini game, semua permainan di dalam Game Farm sangat ringan ketika kamu mainkan.

Memori internal HP kamu masih 32 Gb atau bahkan 16 Gb? Kamu masih bisa memainkan Game Farm tanpa kendala, kok.

Bukan cuma ringan, saat main Game Farm kamu juga berkesempatan dapat hadiah uang tunai dari Traveloka melalui event yang bernama Game Farm Festival (berlangsung dari 15—24 November 2021).

Hanya dengan memainkan game yang ada di dalam Game Farm minimal 1x per hari, kamu bisa dapat voucher hadiah yang valid digunakan untuk bertransaksi di Traveloka.
20+ Permainan Dari Berbagai Genre Ada di Game Farm

Game bergenre puzzle, arcade, casual, simulator, educational, survival, dsb. ada di Game Farm. Berikut ini adalah nama game online gratis yang bisa kamu mainkan sekarang:
 
  1. Kingdom of Zombie
  2. Godwit Loft
  3. Bus Race
  4. Bubble Carnival
  5. Teh Tarik Hop
  6. Ha Long Stack
  7. Bounce Jump 3D
  8. Sweet Game
  9. Jelly March
  10. Helix Maze
  11. Pendekar Elang
  12. Shoot ‘em Bot
  13. Jump! Otter Jump!
  14. Tako Nom Nom
  15. Treasure of the Sea
  16. Sushi 2048
  17. Memory Challenge
  18. Tako Pong
  19. Tako Sniper Master
  20. Count Up!
  21. Boarding Dash

Dengan genre permainan yang berbeda-beda, Game Farm tetap menganut prinsip 100% easy-to-play games. Yang artinya, proses belajar saat kamu memainkan game baru terbilang singkat.

Saat kamu mencoba game baru di Game Farm, kamu tidak akan kebingungan dan bertanya: “ini gimana cara mainnya?” karena hanya dengan satu sampai tiga kali main, kamu pasti sudah mengerti dan tahu cara mainnya.

Bahkan… di beberapa permainan yang ada di Game Farm, kamu pasti sudah cukup familiar.

Kingdom of Zombie contohnya...

Game ini adalah adaptasi dari Plants vs Zombie. Alih-alih membasmi Zombie menggunakan tanaman, di sini kamu akan melawan zombie menggunakan ksatria. Genre dan gameplay-nya pun sama karena merupakan adaptasi.

Bahkan kamu bisa sebut Kingdom of Zombie adalah Plants vs Zombie versi lite!
 

2. Kingdom Adventurers (Kairosoft)


Kingdom Adventurers adalah game bergenre simulator. Di sini kamu berperan sebagai master yang harus membangun ekosistem kerajaan kecil. Membangun gedung, toko belanja, jalanan, merekrut pahlawan (hero), dan mengusir monster yang menyerang kota adalah beberapa tugas yang harus kamu jalankan.

Game simulator 2D ini sangat ringan dan bisa berjalan di sistem operasi Android 4.4 ke atas. Artinya, HP jadul seperti Galaxy Duos pun bisa memainkan Kingdom Adventurers tanpa kendala.

Ukuran game ini di Google Play Store terbilang kecil untuk ukuran game bergenre simulator, hanya memakan memori 61 Mb saja.
 
Serunya Bermain Kingdom Adventurers Online

Kingdom Adventurers adalah salah satu game dari Kairosoft yang bisa kamu mainkan secara online. Artinya, kamu bisa bertemu orang lain secara online di sini.

Meskipun online, kamu tidak bisa menyerang orang lain di sini. Fitur online di sini hanya berguna untuk party bossing melawan monster. Jadi kalau kamu kesusahan untuk melawan monster tertentu, minta bantuan orang lain secara online adalah pilihan bijak.
 

3. Hill Climb Racing 2


Hill Climb Racing 2 adalah penyempurnaan dari game karya developer Fingersoft yang sebelumnya, Hill Climb Racing.

It's Bigger, It's Better And It's Much Much Funner!? - Fingersoft.

Hill Climb Racing 2 adalah game online multiplayer yang bergenre balapan (racing). Meskipun genrenya balapan, kamu tidak bisa balapan dengan player lain dalam satu waktu.

Karena masih menggunakan grafik 2D (2 dimensi), kamu hanya bisa balapan dengan tolok ukur berupa skor. Siapa player yang paling jauh menyelesaikan rintangan di map tertentu, player itulah yang akan memenangkan kompetisi balapan.

Meskipun tidak bisa balapan dalam satu waktu, hal ini tidak mengurangi keseruan Hill Climb Racing 2. Terbukti dari angka install game ini di Google Play Store - ada 100,000,000+ orang yang memainkan game ini di smartphone-nya.
 
Keseruan Bermain Hill Climb Racing 2 Online

Pertama, keseruan Hill Climb Racing 2 adalah ukuran game-nya yang tergolong ringan. Kamu cuma butuh 152 Mb untuk bisa memainkannya.

Keseruan yang kedua adalah, terdapat banyak kendaraan, trek (jalanan), dan karakter yang bisa kamu kostumisasi. Kamu bisa melakukan upgrade kendaraan, membeli kendaraan baru, dan mengubah tampilan karakter sesuka hati.

Terakhir, kamu bisa melakukan banyak gerakan freestyle di sini. Back flip dan front flip contohnya. Kalau kamu suka game balapan yang terlihat real tapi juga punya sedikit sentuhan fantasi, Hill Climb Racing 2 adalah game yang cocok kamu mainkan sekarang.
 

4. Among Us


Rilis pertama kali tahun 2018, Among Us mulai populer di tahun 2020 sampai pertengahan 2021. Among Us memperkenalkan kita dengan istilah bernama impostor.

Istilah ini populer bukan cuma di dunia online, tapi juga sampai ke dunia offline seperti tongkrongan dan kantor: “Ah dasar lu impostor,” kalimat yang (mungkin) sering kamu dengar dan gunakan saat ada teman yang mencurigakan.

Among Us adalah game untuk 4 orang lebih yang paling direkomendasikan kalau kamu mencari permainan untuk seru-seruan.

Saat bermain game android untuk 4 orang ini, kamu akan menjadi crewmate atau impostor - dipilih secara acak dan tidak bisa memilih peran tertentu. Inilah hal yang membuat Among Us seru dan populer. Kerja sama tim dan penghianatan adalah inti dari game ini. Kalau kamu belajar psikologi… Wah, pasti jago main Among Us!
 

5. 8 Ball Pool


Game multiplayer online billiard ini ukurannya cuma 63.80 Mb di Google Play Store. Dengan ukuran sekecil ini, nggak heran kalau 8 Ball Pool adalah kandidat terkuat yang masuk ke dalam kategori game multiplayer Android terbaik tahun ini.

Gamenya super ringan, bisa multiplayer lawan teman atau orang baru, dan fiturnya lengkap untuk ukuran permainan billiard online.

Meskipun premis permainannya simpel, 8 Ball Pool tetap populer dari tahun 2013. Dulu, orang main game ini harus lewat Facebook. Sekarang, kamu nggak perlu buka Facebook lagi karena sudah ada aplikasi khususnya - kamu tinggal download dan bisa langsung main.
 

Game Online yang Super Ringan Untuk Android dan iOs


Game online terbaik nggak harus kaya akan fitur, bisa multiplayer, dan membutuhkan banyak data untuk kamu mainkan. Kadang-kadang, asalkan game-nya ringan dan seru juga bisa masuk jadi game terbaik, kok. Kalau kamu setuju, download satu dari lima game ringan di atas sekarang, yuk!
Show Comments