Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Big Data : Pengertian, Manfaat, dan Penerapan

Tahukah Anda, jika sedang melakukan kegiatan online atau berbasis internet merupakan sebuah data yang bisa mengubah tatanan kehidupan manusia? 

Pernahkah Anda menggunakan sebuah aplikasi hingga menyebabkan sebuah pergelaran di tempat yang berbeda dengan Anda? Jika, ya Anda telah menikmati manfaat dari Big Data. Atau Anda sebagai sumber Big Data Indonesia untuk membuat pelayanan yang semakin maju.

Apa itu Big Data? Seberapa pentingnya Big Data bagi kehidupan masyarakat Seperti apa contoh dari penggunaan Big Data? Untuk lebih memahaminya, baca selengkapnya di tulisan ini.

Pengertian Big Data


Big Data Indonesia merupakan sekumpulan data berbasis digital yang sudah terstruktur, semi struktur, bahkan belum terstruktur dalam jumlah yang sangat besar dan dikumpulkan oleh organisasi Big Data atau pemerintah. Jenis datanya berupa video, audio, text, maupun gambar.

Tujuan dari pengumpulan data tersebut akan dianalisis dan menghasilkan informasi yang penting. Informasi ini nantinya akan diberikan kepada organisasi. Dari informasi ini bisa digunakan untuk melakukan terobosan maupun ide yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
 

Ciri Khas Big Data Indonesia


Ciri Khas Big Data Indonesia

Ciri-ciri Big Data atau karakteristik merupakan keistimewaan dari data yang terkumpul. Ada tiga ciri Big Data yaitu:

a. Big Data dengan 3V


Maksudnya dari data besar ini adalah yang memiliki tiga karakteristik yaitu volume, variety dan velocity.

Arti volume merupakan jumlah data yang didapatkan untuk data besar. Variety merupakan jenis datanya apakah sudah terstruktur, semistruktur atau belum ada strukturnya. Dan velocity adalah kecepatan dalam mengakses data serta memproses data.

b. Big Data dengan 4V


Data besar yang memiliki karakteristik empat jenis. Ketiganya sama dengan 3V dan keempatnya adalah veracity. Apa itu veracity? Jenis data besar yang memiliki karakteristik berkualitas, terpercaya kebenarannya, dapat diakses dengan baik.

c. Big Data dengan 5V


Karakter kelima adalah value atau bernilai. Puncak dari data besar adalah value/nilainya. Ditahap inilah data akan dianalisis dan menghasilkan keputusan yang terbaik. Contohnya dari data besar untuk ketahanan pangan negara, maka diperlukan data besar dari menteri pertanian, keuangan, dan perdaganan yang nantinya akan dianalisis. Hasilnya sebagai keputusan yang tepat untuk ketahanan pangan Indonesia.

Manfaat Adanya Big Data


Big Data sangat penting untuk perusahaan maupun pemerintah dalam mengambil kebijakan baru yang sesuai dengan keinginan banyak orang. Solusi satu data Indonesia bisa diambil dalam waktu cepat, menyeluruh, dan terpercaya datanya. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari Big Data:

  1. Efisiensi dan efektifitas bisnis mengalami peningkatan.
  2. Biaya perusahaan bisa dioptimalisasikan.
  3. Pengembangan produk terbaru.
  4. Mendapatkan insight terbaru dari konsumen.
  5. Sebagai pedoman untuk menentukan strategi marketing.
  6. Menelusuri persoalan yang menyebabkan kegagalan.

Penerapan Big Data dalam Berbagai Sektor


Penerapan Big Data dalam Berbagai Sektor

1. Transportasi


Penerapan GPS pada perjalanan baik melalui smartphone atau di mobil memberikan data-data penting untuk memberikan pelayanan terbaik rute perjalanan. Dari data GPS bisa terlihat jarak berapa banyak orang melakukan istirahat, jam berapa jalanan ramai, jam berapa jalanan tidak aman untuk pengendara, dan lainnya. 

Data-data yang diberikan oleh GPS akan menentukan solusi yang tepat jika ada persoalan dalam menggunakan jalan. Atau penggunaan kendaraan mana yang efektif untuk melewati suatu jalan.

2. Bidang Kesehatan


Dalam bidang kesehatan, pemasukan sistem data yang sama setiap klinik kesehatan, rumah sakit, dan instansi kesehatan lainnya memudahkan penyimpanan data besar. 

Sistem pemasukan data yang berbeda menyebabkan proses pendataan secara nasional tersendat yang berakibat pada kebijakan kesehatan pun tertunda. Dengan satu data Indonesia yang besar akan memudahkan penerimaan satu informasi dan menyebarkan informasi yang sama.

3. Pajak


Sekarang ini Dirjen Pajak Indonesia sudah berusaha untuk mengalihkan pendataan pajak setiap warganya dalam bentuk satu website. 

Sehingga pengaksesan satu website ini memudahkan pemantauan wajib pajak. Sumber data pun mudah diakses dan dianalisis. Masyarakat pun lebih mudah dan tidak memakan waktu ketika mengurus pajak secara manual. Waktu lebih efisien dan tenaga tidak terkuras banyak.

4. Perdagangan


Dalam dunia perdagangan pengambilan data bisa dilakukan melalui transaksi yang dilakukan oleh konsumen melalui internet. Penggunaan marketplace untuk pembelian barang. Jenis barang yang paling banyak diminati masyarakat. 

Dan bisa melihat keluhan pelayanan konsumen atau barang yang digunakan sebagai bahan evaluasi perusahaan. Dengan ini perusahaan dalam bergerak bidang apapun bisa menganalisa apa yang dibutuhkan dan apa yang perlu diperbaiki. Dan manfaat lainnya yang bisa menggunakan data besar sebagai solusinya.

Melihat betapa pentingnya Big Data menyebabkan banyak penyedia data besar untuk memberikan data seakurat mungkin. Big Data Indonesia sangat berpengaruh terhadap kebijakan yang akan dikeluarkan oleh pemerintah untuk kemajuan masyarakatnya.
Show Comments