Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Kenali Jenis Hosting dan Pentingnya Hosting Versi Folder Hosting

Folder hosting sebagai salah satu website yang banyak membahas mengenai review hosting, menyampaikan bahwa hosting adalah sebuah sistem yang berguna untuk penyimpanan data pada website.

Sederhananya, untuk mengoptimalkan kinerja website, teman-teman bisa mendapatkan layanan hosting ini.

Di atas tadi adalah pengertian hosting secara ringkas. Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas tentang jenis-jenis hosting yang bisa teman-teman dapatkan.

Jenis Hosting


Jenis Hosting

1. Shared Hosting


Pengertian hosting pada shared hosting adalah layanan hosting yang bisa digunakan oleh beberapa pengguna.

Dalam shared hosting, yang bisa kita “bagi” pengguna lainnya adalah memory, computing power dan space disk.

Salah satu kelebihan shared hosting adalah harganya yang lebih murah. Selain itu, hosting semacam ini juga sangat cocok untuk pemula.

Namun, ketika pengguna lain mengalami sesuatu pada websitenya, maka kemungkinan besar kita juga akan terkena dampaknya.

2. VPS Hosting


Virtual Private Server (VPS) adalah hosting yang hanya digunakan oleh pengguna perorangan.

Folder hosting menyebutkan beberapa kelebihan VPS Hosting, antara lain : tidak terkena dampak dari pengguna lain, memiliki kontrol penuh atas hosting dan bahkan bebas melakukan upgrade downgrade resources.

Meski terlihat menyenangkan, namun layanan ini juga tetap memiliki kekurangan, salah satunya adalah harga yang jauh lebih mahal dibandingkan shared hosting.

3. Dedicated Server Hosting


Sama seperti VPS, Dedicated Hosting juga hanya bisa diakses oleh satu pengguna saja.

Beberapa keuntungan lainnya adalah sangat mungkin mendapatkan trafik tinggi pada website, penyimpanan data lebih besar, dan tentu saja kebebasan mengelola website yang tidak terbatas.

4. Wordpress Hosting


Layanan ini bisa digunakan oleh pengguna CMS Wordpress. Untuk teman-teman yang baru memulai hosting, layanan ini akan sangat membantu.

Kelebihan dari layanan ini adalah speed yang lebih tinggi karena resources limit yang tidak terbatas.

Namun ternyata, hosting jenis ini memiliki disk space yang terbatas.

5. Cloud Hosting


Apakah teman-teman tahu, jika hosting jenis ini termasuk memiliki banyak peminat? Tentu saja karena penggunaan yang tak kalah mudahnya dari Shared Hosting tadi.

Dengan demikian, tentu saja kita cukup mengetahui hal teknis yang umum ketika mengelola website.

Bagaimana Cara Mendapatkan Hosting?


Cara yang bisa teman-teman lakukan adalah dengan menyewa pada penyedia layanan. Benar. Sebab dengan demikian, kita perlu membayar biaya sewanya secara berkala.

Sejak awal, hosting memang tidak bisa dibeli untuk semuanya. Bahkan, untuk perusahaan besar sekalipun, mereka tetap harus membayar sewanya.

Terkait hal ini, biasanya penyedia layanan tidak bisa melakukan banyak hal ketika website kita mengalami gangguan. Akan berbeda treatment jika kita adalah penyewa hosting mereka.

Tentu saja ini akan berbeda dengan layanan hosting gratis. Namun, ketika teman-teman menggunakan hosting gratis ini untuk website, jangan heran jika website akan lebih sering down.

Bahkan tingkat keamananya juga tidak terjamin. Sudah sering mendengar berita website dibajak kan?

Di folder hosting, teman-teman bisa membawa ulasan dari beberapa penyedia layanan hosting yang cukup masyhur di Indonesia.

Pentingnya Menggunakan Web Hosting


Pentingnya Menggunakan Web Hosting

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya kita menggunakan web hosting untuk website kita. Masih dari folder hosting, berikut ini ada beberapa alasan yang layak dipertimbangakan.

Menunjukkan Profesionalitas


Tentu saja kita akan bisa membedakan website mana yang menggunakan hosting gratisan dengan yang tidak.

Dengan menggunakan web hosting, teman-teman telah menunjukkan keprofesionalan dalam bisnis.

Banyak Pilihan Template


Dengan memiliki fasilitas yang sangat lengkap, kita bisa mengakses semua tema dengan mudah. Ini juga merupakan kekurangan ketika menggunakan hosting gratis.

Milik Personal


Ketika membuat sebuat website dengan domain milik teman-teman, itu berarti kita memiliki hak sepenuhnya atas website tersebut.

Keamanan Data


Hal ini seperti yang disebutkan pada pengertian hosting tadi. Sebab dengan menggunakan hosting, data kita tidak bisa diakses oleh siapapun kecuali pemiliknya.

Dengan demikian, kita sudah memberikan jaminan keamanan pada website dari gangguan hacker bahkan penghapusan website oleh Google.

Akses Plug in Sesuai Kebutuhan


Pengguna hosting tentu tidak asing lagi dengan hal ini. Kita bisa menggunakan plug in ini untuk semua kebutuhan seperti optimasi hingga mendesain sesuai keinginan.

Keunggulan ini, tentu tidak bisa didapatkan ketika menggunakan hosting gratis.

Bagaimana? Semakin kita mempelajari dunia hosting, ternyata ada banyak hal yang perlu diketahui bukan?

Namun jangan berkecil hati terlebih dahulu, teman-teman bisa mencari tahu tentang hosting lebih dalam lagi di Folder Hosting. Ada banyak informasi yang bisa akses dengan mudah.
Show Comments