Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

5+ Karir Menjanjikan di Bidang Farmasi

Farmasi digadang menjadi bidang yang menyumbang ribuan peminat di setiap tahunnya. Ini dikarenakan farmasi menawarkan beragam peluang karir yang menjanjikan. Makanya tak heran kalau sekolah ahli farmasi sering menjadi incaran.

Membahas tentang peluang karir farmasi, tahukah Anda siapa ahli farmasi terkenal yang memperkenalkan dunia kedokteran? Hippocrates adalah sebutannya. Seorang dokter dari Yunani yang memiliki jasa dalam mempelopori bidang farmasi di dunia.
 

6 Prospek Karir Untuk Lulusan Farmasi


Prospek Karir Untuk Lulusan Farmasi

Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan serta mendapatkan gelar ahli madya farmasi, tentu Anda berharap langsung mendapatkan pekerjaan yang bagus. Untuk itu, inilah 5 prospek karir lulusan Farmasi yang bisa menjadi pilihan.

1. Penelitian Akademis


Tugas seorang di bidang farmasi tak akan jauh dengan penelitian. Oleh sebabnya, karir pertama yang paling banyak peminatnya adalah menjadi Peneliti Akademis. Nantinya, Anda bisa bekerja di institusi penelitian atau pemerintahan.

Tugasnya melakukan penelitian, eksperimen, serta menemukan solusi terhadap penyakit-penyakit yang sulit ditangani.
 

2. Apoteker Klinis


Apoteker Klinis adalah pekerjaan yang berhubungan di fasilitas kesehatan. Bisa Puskesmas atau Rumah Sakit. Tugas utamanya adalah memberikan pelayanan farmasi secara langsung kepada pasien.

Anda juga akan bekerja sama dengan tim medis dalam mengelola pengobatan setiap pasien, berkonsultasi obat, serta memantau respons pasien terhadap obat. Jadi, bisa dikatakan tugas ahli farmasi Apoteker Klinis cukup penting.

3. Ahli Klinis


Prospek karir yang berikutnya adalah Ahli Klinis. Pekerjaan utamanya adalah terlibat langsung dengan pengujian obat-obatan, melakukan studi, hingga memberikan dukungan ilmiah kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sebagai Ahli Klinis, Anda bisa bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan bidang farmasi atau obat-obatan. Sebab, peran pentingnya Ahli Klinis sangat dibutuhkan untuk pengembangan obat yang aman serta efisien.

4. Ahli Kesehatan Masyarakat


Jika Anda pernah melihat ada sekumpulan orang di desa sedang melakukan kampanye tentang obat, maka inilah yang disebut Ahli Kesehatan Masyarakat. Poin penting dari pekerjaan ini adalah menyadarkan masyarakat terhadap pemakaian obat.

Tak hanya itu, Ahli Kesehatan Masyarakat juga harus memberikan edukasi yang bermanfaat terkait obat-obatan yang mereka konsumsi. Biasanya, para pekerja akan berkolaborasi dengan organisasi masyarakat secara langsung.

Jadi tak heran, kalau semisal Anda ditugaskan ke desa-desa bahkan pelosok untuk menjalankan tugas ini.
 

5. Konsultan Farmasi


Konsultan Farmasi adalah pekerjaan yang mengharuskan Anda berhubungan dengan organisasi kesehatan, lembaga penelitian, hingga perusahaan farmasi. Tugas utamanya adalah memberikan masukan terhadap pengembangan obat.

Selain itu, Anda juga harus memahami bagaimana manajemen pemakaian obat, peraturan farmasi, sampai kebijakan farmasi itu sendiri. Peran Konsultan Farmasi sangat membantu dalam memaksimalkan praktik farmasi bidang kesehatan.

6. Penasihat Obat


Mirip dengan karir yang sebelumnya. Menjadi Penasihat Obat akan membuat Anda memiliki tanggungjawab yang tidak kecil. Anda harus memberikan nasihat atau konsultasi terhadap pemakaian obat dalam pengelolaan pasien.

Mulai dari dosis, interaksi obat, sampai efek samping harus dijelaskan secara detail. Panduan akurat serta tepat tentang pemakaian obat harus bisa dipertanggungjawabkan dengan baik.

Sebab, ini berhubungan dengan nyawa seseorang. Makanya, perlu sekolah khusus, bahkan latihan bertahun-tahun untuk memahami tanggungjawab tersebut.
Tertarik untuk Masuk ke Bidang Farmasi?

Menurut ahli tentang farmasi ialah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk obat-obatan. Ilmu ini akan dipakai untuk dunia medis serta membantu pasien yang membutuhkan pertolongan.

Memiliki pekerjaan di bidang farmasi bukan hanya keren, tapi juga mulia karena sedikit banyak bisa memberi manfaat bagi orang lain. untuk mengetahui jenjang karir di bidang lain, silahkan cek ke https://pafikotabengkulu.org/ ini.
Show Comments