Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Perbedaan Layanan TLO dan All Risk sebelum Membeli Asuransi Mobil

Berbagai produk asuransi mobil yang semakin banyak tersedia membuktikan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia untuk mendapatkan jaminan perlindungan sudah semakin besar.

Jika Anda tertarik untuk mengasuransikan mobil kesayangan ketahui dahulu paket layanan yang tersedia sebelum memilih yang paling sesuai untuk kendaraan Anda.

Paket Layanan Asuransi Mobil Total Loss Only dan All Risk


Paket Layanan Asuransi Mobil Total Loss Only dan All Risk

Asuransi TLO atau Total Loss Only, sesuai maknanya berarti “hanya jika terjadi kehilangan total”. Jadi artinya Anda hanya bisa mengajukan klaim jika kerusakan mobil mencapai 75% atau lebih, termasuk kehilangan akibat pencurian atau perampasan.

Dengan kerusakan sebesar 75% tentu Anda sudah tak dapat memakai mobil itu lagi dan berhak meminta jaminan kerugian.

Biaya premi untuk paket asuransi TLO lebih ringan daripada paket All Risk, namun risikonya Anda tak dapat mengklaim kerusakan yang nilainya kurang dari 75%. Jadi kerusakan seperti lecet, penyok, atau kerusakan ringan tetap menjadi tanggungan Anda sendiri.

Selanjutnya ada paket asuransi All Risk seluruh risiko atau sering juga disebut komprehensif. Jika memilih paket asuransi ini artinya Anda akan mendapatkan perlindungan untuk semua jenis kerusakan. Ini berarti kerusakan ringan, menengah, berat sampai kehilangan sesuai ketentuan.

Premi tahunan untuk paket All Risk lebih tinggi daripada Total Loss Only, tapi tentu sepadan dengan jaminan perlindungannya. Jika mobil kesayangan lecet sedikit saja, Anda dapat mengajukan klaim asuransi untuk biaya perbaikan.

Paket asuransi ini tidak hanya menyediakan kompensasi kerugian tapi sampai layanan pembaruan STNK.

Biaya Premi Asuransi Mobil Total Loss Only dan All Risk


Untuk mendapatkan berbagai perlindungan sesuai dengan paket layanan pilihan Anda, per tahunnya pemilik polis wajib membayar biaya premi. Besaran nilainya akan ditetapkan oleh pihak perusahaan saat Anda mengajukan pembelian asuransi. Hal ini dengan mencermati beberapa hal pada kendaraan Anda, yaitu:

  • Fisik
  • Tipe
  • Usia
  • Lokasi pengoperasian
  • Peruntukan dan penggunaannya
  • Peristiwa kerugian yang pernah terjadi
  • Jenis pertanggungan

Sementara nilai asuransi ditetapkan berdasarkan Surat Edaran OJK Nomor: SE-06/D.05/2017. Perhitungan premi asuransi adalah berdasarkan ketentuan nilai sesuai tabel Surat Edaran OJK kali harga kendaraan. Tentu saja premi asuransi untuk setiap kategori dan wilayah tidak sama nilainya.

Mendapatkan manfaat asuransi Mobil Total Loss Only dan All Risk


Anda dapat mengombinasikan paket TLO dan All Risk untuk memperoleh jaminan perlindungan yang semakin optimal. Paket asuransi All Risk cocok untuk mobil baru rata-rata untuk tahun pertama sampai kedua. Ini mengingat dana perbaikan untuk mobil seri terbaru yang biasanya lebih mahal walaupun untuk kerusakan yang mungkin terlihat sepele.

Selanjutnya Anda dapat mengganti dengan asuransi Total Loss Only seiring pertambahan usia mobil agar beban keuangan lebih ringan.

Dari beraneka produk asuransi mobil yang tersedia, asuransi Traveloka bisa jadi alternatif terbaik karena mempunyai beberapa keunggulan tertentu. Pertama, Anda dapat melakukan pembelian dengan mudah cukup aplikasi yang dapat diunduh di App Store maupun Google Play.

Selanjutnya Anda tinggal menunggu persetujuan pengajuan dalam kurun waktu 24 jam. Asuransi Traveloka menetapkan premi terjangkau yang menjamin perlindungan untuk mobil kesayangan Anda.

Segera ajukan asuransi mobil untuk mengantisipasi kerugian besar di masa yang akan datang. Semoga menginspirasi.
Show Comments