Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Sampoerna Academy, Sekolah Bertaraf Internasional di Jakarta

Masa pandemi masih berlangsung sampai saat ini. Banyak aspek kehidupan yang terpengaruh olehnya, tak terkecuali dunia pendidikan. Sekolah tatap muka ditiadakan, diganti dengan pembelajaran jarak jauh atau daring di rumah. Tujuannya untuk mencegah anak-anak tertular virus di luar sana.

Sampoerna Academy termasuk salah satu sekolah yang turut menerapkan metode pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakannya pun unik dan menjadi pelopor bagi sekolah lain.

Mengenal Sampoerna Academy


Mengenal Sampoerna Academy

Sampoerna Academy adalah sekolah swasta bertaraf internasional yang interculuture. Jenjang pendidikan yang ada di Sampoerna Academy terbilang lengkap. Mulai dari tingkat pra sekolah sampai pembelajaran tingkah sekolah menengah atas atau SMU.

Kurikulum yang diajarkan di Sampoerna Academy pun sudah sesuai dengan tingkatan IEYC, Cambridge serta IBDP. Selain itu ada penerapan metode STEAM dan menjadi sekolah pelopor untuk metode pembelajaran jarak jauh ini.

Metode STEAM yang diterapkan di Sampoerna Academy ini menggabungkan tiga aspek yang penting dalam membantu perkembangan belajar anak, yaitu guru, orang tua dan siswa itu sendiri. Dengan demikian, orang tua pun bisa mengetahui dan mengamati gaya belajar anak sehingga mampu memberi dukungan agar anak bisa berkembang dengan baik.

Metode STEAM di Sekolah Sampoerna


STEAM sendiri adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics. Metode STEAM dianggap sangat pas untuk diterapkan kepada siswa didik, karena tidak hanya mengacu pada pembelajaran akademik saja. Melainkan pada hal bersifat non akademik seperti beberapa hal berikut ini :

1. Pembelajaran Berbasis Teknologi


Sampoerna Academy memang sudah betaraf internasioanal. Dalam memberikan pembelajarannya, sekolah sampoerna ini sudah menyediakan tenaga pengajar yang professional dan handal. Terbukti dari adanya sertifikat resmi yang didapatkan dari google dan Apple.

Metode pembelajarannya pun dipastikan berbasis teknologi. Anak-anak secara tidak langsung dikenalkan dengan perkembangan teknologi terkini sehingga sangat melek teknologi. Anak pun bisa menjadi cerdas dan berpikran luas.

2. Fokus Pada Akademi dan Pembentukan Karakter Anak


Selain pendidikan akademik yang memang menjadi fokus utama dalam pembelajaran sekolah, metode STEAM yang diterapkan Sampoerna Academy juga mengajarkan tentang cara berpikir kritis, cara berkomunikasi yang baik, cara berkolaborasi dengan guru ataupun orangtua, serta meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan praktek di sekolah. Semua ini tentu saja bisa membentuk karakter anak yang dipahami melalui pendidikan karakter.

3. Banyak Kegiatan Praktek


Sekolah Sampoerna ini menerapkan lebih banyak praktek untuk mengasah kemampuan anak. Dengan demikian, anak secara tidak langsung mampu menghadapi masalah yang ditemui dalam setiap pembelajaran dan berpikir untuk mencari solusinya.

Kegiatan praktek ini bagus untuk menghilangkan sifat bosan anak, sehingga anak bisa mengeksplor kemampuannya dengan seoptimal mungkin. Pemahaman anak juga meningkat karena langsung praktek setelah mendapatkan materi yang diajarkan.

4. Adanya Kerjasama Antara Pengajar, Orang Tua dan Siswa


STEAM menerapkan adanya kolaborasi penting antara guru, orang tua dan siswa itu sendiri. Para guru akan rutin memberikan ulasan serta observasi mengenai pembelajaran yang dilakukan para siswanya. Dengan begitu, orang tua jadi mengetahui bagaimana cara belajar anak-anaknya.

Orang tua dan guru akan saling berkomunikasi untuk meningkatkan pembelajaran anak. Kolaborasi seperti ini sangat efektif untuk keberhasilan masa depan anak, karena orang tua bisa ikut memantau perkembangan belajar anak di sekolah.

Sekolah Sampoerna Mendukung Perkembangan Belajar Anak


Sekolah Sampoerna Mendukung Perkembangan Belajar Anak

Sekolah Sampoerna terbukti menjadi yang terdepan dalam hal pembelajaran belajar anak dalam jarak jauh. Kelas dilakukan melalui google meet untuk memudahkan siswa dan guru bertatap muka dan berkomunikasi secara jarak jauh.

Selain komunikasi melalui platform online, sekolah Sampoerna juga memberikan beragam video interaktif untuk mendukung pemahaman anak akan materi yang diberikan.

Beberapa program jarak jauh yang juga diterapkan Sekolah Sampoerna ini diantaranya learning pack, wellbeing calls, online extracurricular activities, parent participation, psychological support dan beragam pembelajaran lainnya yang bersifat membangun.

Lokasi dan Cara Mendaftar di Sekolah Sampoerna


Kemajuan metode pembelajaran yang diterapkan Sekolah Sampoerna rupanya diikuti oleh banyak sekolah lainnya. STEAM terbukti berhasil dalam meningkatkan kemampuan belajar anak. Tak heran jika banyak orang tua murid yang akhirnya tertarik untuk mendaftarkan anaknya untuk bersekolah di Sampoerna Academy.

Untuk mendaftar sekolah di Sampoerna Academy, cukuplah mudah. Orang tua perlu menyiapkan beberapa dokumen penting ke sekolah, seperti : fotocopy akta kelahiran, fotocopy KK, KTP dan paspor yang dimiliki orang tua serta siswa, serta raport 2 tahun terakhir untuk pendaftaran SMP dan SMA.

Biaya formulir Rp 500.000 dengan biaya pendafattaran Rp.8.000.000. Sementara lokasinya berada di di L’avenue Office Lt 3 Jalan Raya Pasar Minggu Kav 16 RT 007 RW 009. Pancoran, Jakarta Selatan 12780. Untuk informasi lebih jelasnya bisa langsung menghubungi nomor kontak 0812 3000 3002.
Show Comments