Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Bisnis Retail? Ini Tips Efektif Menangani Manajemen Gudang

Bagi bisnis retail, ternyata manajemen gudang memegang peranan yang sangat penting. Dari setiap bisnis yang terjadi, pengelolaan gudang memiliki implikasi untuk tiap bagiannya, bahkan juga bisa memengaruhi seberapa tinggi tingkat kepuasan para pelanggan. Lalu saat sewa gudang, apakah tetap bisa menjalankan manajemen gudang?

Tentu saja! Sebab bisnis yang sukses itu diawali dengan pengelolaan gudang yang baik. Dengan manajemen gudang yang bijak, maka Anda bisa menawarkan value maksimal untuk para pelanggan. 

Contoh manajemen yang baik dalam urusan gudang adalah mengeluarkan produk yang pertama masuk ke dalam gudang. Sehingga tidak ada barang yang disimpan terlalu lama di dalam gudang Anda dan mengalami penurunan kualitas.

Tips Efektif Manajemen Gudang


Tips Efektif Manajemen Gudang

Sebagai pemilik bisnis retail, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki sistem manajemen gudang. Simak berikut ini:

1. Pisahkan Barang Sesuai Populeritasnya


Supaya petugas lebih mudah untuk menemukan barang pesanan konsumen, maka tempatkan barang-barang tersebut di tempat yang mudah untuk ditemukan. Barang yang cepat perpindahannya, berarti barang yang populer dan disukai pasar. Sementara jika ada barang yang lama tersimpan di gudang, berarti barang tersebut kurang populer.

Mulai sekarang, letakkan barang-barang yang best seller atau populer di bagian depan. Baik itu ditumpuk di bagian depan, atau diletakkan di rak-rak yang ada di bagian depan gudang. Sehingga barang laris tersebut lebih mudah ditemukan dan bisa langsung dipak untuk didistribusikan.

2. Kerapian dan Keamanan Gudang Harus Ditingkatkan


Sekalipun Anda sewa gudang, Anda harus memperhatikan kedua hal ini. Anda akan sulit mengefisiensikan gudang jika kerapian dan keamanan gedung berhasil ditingkatkan. Jika warehouse yang Anda miliki berantakan, keamanannya juga tak bisa dijamin terjaga, ada banyak risiko dan masalah yang bisa terjadi.

Pastikan Anda mulai mengatur ruangan dan tata letak gudang semaksimal mungkin, manfaatkan lah setiap sudut dalam ruangan supaya lebih optimal. Juga harus membuat lorong yang cukup untuk mesin pembawa barang berlalu lalang. Jangan mencampur beberapa SKU di dalam satu rak, supaya tidak menyulitkan staff yang akan membawanya.

3. Cari Metode Pengambilan Barang yang Paling Efektif


Ketahuilah bahwa metode pengambilan barang per perusahaan tak bisa disamakan. Sebab mereka memiliki kebutuhan masing-masing dan kebijakan yang berbeda pula. Anda tak bisa memaksakan metode A wajib diikuti oleh B, semuanya tergantung pada jumlah pesanan yang masuk, seberapa luas gudangnya dan berbagai kebijakan yang diberikan oleh pemilik usaha.

4. Beralih Pada Sistem Otomatis


Sekarang sudah tidak musim untuk mengelola gudang dengan cara manual, sangat tidak efisien dan rentan human error yang menyebabkan kerugian. Anda tentu tidak mau menderita kerugian terus menerus akibat kesalahan yang terjadi, terlebih sulit untuk melacaknya karena semua data berbentuk fisik.

Beda lagi jika Anda menggunakan sistem otomatis untuk manajemen gudang, mudah sekali untuk memasukkan data, mengedit data, bahkan untuk mencari data sekalipun. Jangan sampai ketinggalan dari kompetitor Anda, mereka bisa saja sudah menerapkan sistem otomatis sejak jauh-jauh hari.

5. Lakukan Analisis Rutin Performa Gudang


Hal terakhir jika Anda sudah menerapkan sistem manajemen gudang yang baru, yakni melakukan analisis secara rutin. Tujuannya untuk melihat sejauh mana sistem yang baru melakukan perubahan pada bisnis. Setelah mengetahui hasilnya, maka bisa memaksimalkan manajemen gudang terbaru demi memajukan usaha Anda.

Rekomendasi Jasa Gudang Terbaik untuk Bisnis Anda


Apabila Anda memutuskan untuk segera menemukan gudang yang bisa disewa, bukan berarti Anda bisa asal memilih. Tetap harus mempertimbangkan banyak hal, seperti lokasi gudang, akses menuju bangunan, kondisi gudang, sirkulasi udaranya dan lain-lain. Salah satu jasa gudang yang bisa diandalkan adalah Shipper.

Merupakan sebuah perusahaan yang memiliki pengalaman belasan tahun dalam layanan penyimpanan barang, pengemasan berbagai jenis barang dan juga pengiriman berbagai macam produk bisnis yang ada.

Jasa gudang Shipper memiliki warehouse besar-besar, yang tersebar di berbagai pusat kota yang bisa dijangkau dengan mudah. Bahkan Anda juga bisa memilih paket layanan yang tersedia, sehingga bisa menyesuaikan berapa biaya yang Anda miliki dengan fasilitas yang akan didapatkan.
Show Comments