Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

7 Fungsi Sistem Informasi Manajemen Sekolah

Sistem informasi manajemen sekolah merupakan sistem yang digunakan oleh pihak sekolah untuk memudahkan civitas sekolah, murid, dan orang tua untuk mengakses informasi tentang aktivitas sekolah dalam bentuk aplikasi. Seperti informasi tentang kegiatan pembelajaran, operasional sekolah, dan manajemen sekolah.

Sistem manajemen sekolah, sistem yang sangat perlu dimiliki oleh sekolah saat ini. Adanya sistem informasi yang terpusat lebih mudah dipantau oleh pihak sekolah, orang tua siswa, dan lainnya. Sistem manajemen sekolah memberikan informasi yang terbaru tentang jurusan, ekskul, informasi beasiswa, pengelolaan dana bansos, penerimaan siswa baru dan lainnya.

7 Fungsi Sistem Informasi Manajemen Sekolah


7 Fungsi Sistem Informasi Manajemen Sekolah

Fungsi menggunakan sistem manajemen sekolah yang ditujukan untuk kepala sekolah, pengajar, staf sekolah, siswa, dan wali murid. Memiliki fungsi yang berbeda-beda menyesuaikan tujuan akses informasi sekolah.

1. Sentralisasi Administrasi Sekolah


Sistem informasi manajemen sekolah berbeda dengan pencatatan administrasi manual. Sistem ini terisi oleh semua data murid, guru, dan staf yang satu pusat. Sehingga memudahkan untuk pencarian informasi dalam satu tempat. Berbeda dengan administrasi manual yang disimpan dalam buku besar yang berbeda-beda.

2. Efisiensi Waktu & Pekerjaan


Sistem yang terpusat akan memudahkan dalam mencari pencarian informasi yang dibutuhkan. Hanya dengan membuka aplikasi dan mengklik menu yang dituju langsung terbuka informasinya. Bisa melakukan pencarian berbeda-beda dalam waktu yang sebentar.

Jika manajemen manual harus membuka satu berkas utama yang berbeda-beda yang membutuhkan waktu cukup lama.

Penyimpanan data sekolah dan lainnya bisa dilakukan dengan cepat, teliti, dan bisa dicek berkali-kali untuk memastikan sudah benar. Tidak perlu lagi mengecek satu-satu berkas besar untuk mencatat informasi administrasi.

3. Memudahkan Presensi


Untuk melakukan dan mengakses presensi semua civitas sekolah lebih mudah. Presensi guru, staf sekolah, dan murid bisa diakses mudah. Untuk presesensi pengajar dan staf sekolah memudahkan untuk pendataan gaji. Sedangkan presensi siswa memudahkan pantuan wali murid terhadap kehadiran anak-anaknya.

4. Ujian Lebih Efektif


Dalam sistem manajemen sekolah memudahkan guru dalam memberikan ujian sekolah, mulai dari ulangan harian, ujian tengah semester, dan akhir semester. 

Guru hanya mengunggah soal dalam menu ujian. Setelah siswa menyelesaikan ujian dan diserahkan sudah tidak bisa dicek lagi oleh siswa. Sehingga meminimalisir kecurangan dalam mengerjakan ujian.

Jenis soal yang diunggah bisa meminimalisir kesalahan cetak, buram, rusak, sobek dll. Nilai yang dihasilkan sesuai dengan hasil pengerjaan siswa. Sehingga siswa akan semangat belajar agar nilai yang keluar tidak dibawah standar KKM.

5. Perkembangan Siswa Mudah Terpantau


Orang tua bisa mengawasi perkembangan anaknya mulai dari akademik dan non akademik. Sehingga bisa melakukan perbaikan jika ada yang belum tercapai oleh anak. Kerjasama antara orang tua dan guru kelas lebih bersinergi. 

Karena orang tua bisa melihat hasil anaknya secara nyata di sistem manajemen sekolah. Tidak ada lagi orang tua yang berusaha untuk mengelak dari kewajibannya untuk bersama-sama mengawasi perkembangan anak didik.

6. Sumber Ebook dan Bank Soal


Pembagian buku sekolah tidak lagi terhalang karena biaya. Belum lagi banyak buku yang tebal-tebal harus dibawa siswa ke sekolah. Sekarang ini akses untuk mendapatkan buku lebih gambang. 

Di aplikasi sistem manajemen, pihak sekolah bisa mengunggah ebook pelajaran yang bisa diakses oleh semua siswa. Sehingga tidak ada lagi alasan belum memiliki buku pelajaran.

Bagi siswa yang ingin melatih kemampuannya dalam pelajaran bisa mengakses soal-soal yang ada di bank soal sistem. Referensi soal yang banyak akan membuat siswa lebih memahami materi dan terbiasa mengerjakan soal dari yang mudah hingga sulit. Bank soal membantu siswa melakukan pengayaan materi.

7. Data Sekolah Lebih Aman


Sistem manajemen ini terdapat keamanan data sekolah yang hanya bisa diakses oleh orang-orang yang sudah terdaftar saja. Hanya orang yang terkait dengan sekolahan yang bisa akses. Seperti guru, staf, siswa, maupun orang tua siswa.

Keamanan data lebih terjaga karena tersimpan dalam bentuk aplikasi. Yang mana dalam mengakses datanya hanya membutuhkan media gawai dan jaringan internet. Bisa diakses sewaktu-waktu dan di mana saja. Jika masih manual, bisa termakan tikus, sobek, basah, dll.

Untuk solusi sekolah dalam mendapatkan sistem informas manajemen sekolah sekarang bisa menggunakan Pijar Sekolah. Pijar Sekolah merupakan media pendidikan yang memberikan sistem digitalisasi sekolah dalam menghadapi era sekarang.

Pijar Sekolah membantu sekolah dalam memiliki data administasi yang lebih aman, terpusat, dan mudah diakses. Semua itu ada di fitur sistem informasi manajemen sekolah. Pijar Sekolah terdapat sumber pembelajar, dari ebook, soal, laboratorium online. 

Sangat bisa untuk ujian berbasis aplikasi (UBK). Dengan Pijar Sekolah sistem manajemen sekolah lebih efektif, terpadu, dan efisien.
Show Comments