Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

7 Masalah HP yang Paling Sering Terjadi

Masalah HP yang Paling Sering Terjadi - Sekarang ini jarak dan perbedaan waktu bukan lagi hambatan untuk menjalin komunikasi, dengan kemajuan teknologi yang akhirnya membuat komunikasi jadi jauh lebih mudah.

Walaupun lintas negara sekalipun, Anda bisa tetap berkomunikasi dengan mudah, dan on time. Caranya dengan menggunakan telepon seluler, atau handphone.

Apalagi sekarang HP pun menjadi lebih canggih dan dikenal dengan nama smartphone, yang mampu berikan Anda kemudahan komunikasi mulai dari menelepon, sampai dengan video call sehingga bisa melihat wajah orang yang bicara dengan Anda.

Smartphone menjadi benda yang paling banyak digunakan tiap hari, mulai dari berkomunikasi dengan orang lain, mengecek sosmed, menonton video streaming, bermain game dan masih banyak lagi. Sebagai benda yang sering digunakan, sudah tentu bisa mengalami banyak masalah teknis.

7 Masalah HP yang Paling Sering Terjadi


Masalah HP yang Paling Sering Terjadi

Di bawah ini adalah beberapa macam masalah yang biasa terjadi pada HP atau smartphone Anda:

1. HP Hang


Ini adalah masalah yang paling umum terjadi pada sistem operasi Android di smartphone Anda, sebab banyak sekali pengguna yang tak tahu cara mengontrol pemakaian RAM dan ROM, sehingga membuatnya jadi terlalu penuh dan kelebihan kapasitasnya.

Akhirnya sistem operasi smartphone Anda pun melambat, sampai akhirnya hang dan tak bisa digunakan untuk beberapa saat.

Bagaimana solusinya? Baiknya Anda menghapus game maupun aplikasi yang sudah tak digunakan lagi, memindahkan game dan aplikasi ke memori ekstrernal, biasakan menghapus cache atau file sampah (biasanya dalam ponsel pun sudah tersedia fitur ini di setting -> penyimpanan).

2. Baterai yang Boros


Siapa yang tidak bete ketika smartphone yang sedang digunakan, kehabisan baterai? Akan tetapi hal ini bisa Anda hindari jika Anda tahu bagaimana menggunakan baterai dengan bijak.

Jangan dipakai dengan berlebihan, sehingga baterai bisa bertahan dengan lebih lama dan Anda tak akan kehabisan baterai saat sedang tanggung digunakan, apalagi jika di tengah kegiatan penting seperti meeting online dan sebagainya.

Solusi yang bisa dilakukan adalah hentikan pemakaian smartphone secara terus menerus, sewajarnya saja dan matikan fitur yang tidak digunakan karena itu sangat boros baterai.

Anda juga bisa mengurangi tingkat kecerahan layar, menurunkan tingkat resolusi layar juga cukup bermanfaat dalam menghemat baterai lho, terutama saat Anda bepergian.

3. Naiknya Suhu Smartphone Saat Digunakan


Masalah lainnya yang biasa dirasakan oleh pengguna smartphone adalah suhu yang makin naik, apalagi saat digunakan untuk bermain game atau terlalu lama digunakan.

Namun selain itu, ada juga penyebab lainnya yang membuat suhu smartphone menjadi lebih panas, yaitu baterai yang mengalami kerusakan, multitasking atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Berada di daerah yang sinyalnya jelek sehingga smartphone bekerja keras mencari sinyal dan ada virus atau malware pada sistem Android Anda juga bisa menjadikan faktor suhu HP naik.

Adapun solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengganti baterai jika baterainya telah rusak, menutup semua aplikasi yang masih berjalan di belakang layar yang Anda pakai sekarang.

Anda dapat menggunakan aplikasi yang mampu menangkal virus atau malware, dan matikan saja koneksi data ketika berada di tempat dengan sinyal yang jelek dan baru nyalakan lagi setelah berada di tempat dengan sinyal yang lebih baik.

4. Saat Aplikasi Android Berhenti Tiba-Tiba


Jika yang satu ini terjadi pada smartphone Anda, maka penyebabnya bisa saja karena terlalu banyak menginstall aplikasi dan juga game dalam smartphone sehingga RAM pun overload.

Jadi saat Anda jalankan salah satu aplikasi maupun game, maka akan muncul notifikasi ‘aplikasi ini mendadak berhenti’, tandanya Anda harus melakukan hal di bawah ini:

  • Menyalakan ulang smartphone Anda.
  • Lakukan hentikan aplikasi secara paksa.
  • Bersihkan file sampah yang ada.
  • Lakukan update untuk aplikasi yang bermasalah.
  • Lakukan update sistem operasi jika mungkin.

5. Touchscreen Tak Responsif


Bagi Anda yang menggunakan smartphone, hal yang satu ini juga cukup sering terjadi dan pastinya membuat aktivitas Anda jadi terganggu. Apalagi jika terjadi saat sedang texting atau sedang bermain game. Anda bisa melakukan hal di bawah ini untuk mengatasinya:

  • Nyalakan ulang smartphone.
  • Bersihkan file sampah yang menumpuk.
  • Kalibrasi layar smartphone Anda.

6. Bootloop


Sementara itu bootloop adalah sebuah kondisi di mana sistem Android tak mampu booting, atau melakukan proses awal setelah dimatikan dan dihidupkan ulang.

Jadi Anda tak akan bisa masuk ke menu utama untuk menggunakan smartphone sebagaimana biasa. Jika bootloop terjadi, maka Anda hanya bisa melihat logo smartphone saja. Cara mengatasinya bisa dengan mematikan lagi smartphone Anda, biarkan sebentar lalu nyalakan lagi.

Namun jika smartphone Anda masih bootloop, maka bisa dibawa ke service center terdekat untuk diperbaiki sampai bisa kembali normal.

7. Layar HP Pecah


Ini juga menjadi masalah yang paling sering terjadi, layar HP yang pecah sehingga membuat Anda tak leluasa menggunakan ponsel akibat layarnya rusak.

Kaca yang pecah juga membuat Anda tak bisa menyentuh touchscreen dengan benar. Banyak pula kasus di mana layar HP rusak parah karena jatuh atau tertimpa benda berat, akhirnya tak bisa dipakai sama sekali. Itu adalah kasus yang sangat berat sampai membeli smartphone baru adalah solusinya.

Namun jika hanya kacanya yang pecah, maka Anda tinggal ganti kaca HP saja. Anda tak perlu mengganti satu set LCD yang notabene harganya memang masih sangat tinggi. 

Ada banyak service center yang memberikan jasa ganti kaca handphone yang sesuai dengan tipe handphone masing-masing. Hanya saja jika ingin pelayanan terbaik dengan kualitas acessories yang bagus, maka bisa lakukan ganti kaca HP di Toko Buana Phone Service.

Toko yang ada di Jakarta, Bekasi, Bandung, dan Surabaya ini akan membuat layar smartphone Anda kembali bagus layaknya baru.

Selain lebih cepat, juga lebih hemat biaya perbaikan. Anda tidak perlu membeli satu set LCD untuk memperbaikinya, cukup ganti kaca handphone saja. Bisa menghemat biaya perbaikan sampai 60% lho! 

Maka karena itu, kunjungi Toko Buana Phone Service untuk mengembalikan smartphone Anda pada performa terbaiknya dengan tarif servis yang hemat, namun dengan pelayanan paling prima.

Berikut beberapa alamat Buana Phone Service :
  1. ITC Roxy Mas Lantai 1 No.92B, Jl. KH.Hasyim Ashari, Jakarta Pusat
  2. ITC Fatmawati Lantai 3 No 9, Jakarta Selatan
  3. Mall WTC Surabaya, Lantai 3 No. 348, Surabaya
  4. Mega Bekasi Hypermall Lantai 1 No.247, Bekasi
  5. BEC2 (Gedung Baru) Lantai Utama Blok Z No.9 ( LU Z9 ), Bandung
Nomor Telepon / WA pusat Buana Phone Service : 081297899333
Show Comments