Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Mengapa Sekolah Internasional Menjadi Pilihan Terbaik untuk Anak?

PortalBelajar.com - Sampoerna memiliki sebuah institusi pendidikan dengan standar dan kurikulum internasional. Sekolah internasional ini berfokus pada sistem STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math), sistem yang juga digunakan pada sekolah-sekolah di Amerika Serikat. 

Mengapa Sekolah Internasional Menjadi Pilihan Terbaik untuk Anak?

Apakah Anda tertarik untuk mendaftar dan belajar di sekolah internasional ini? Bila ya, Anda sudah mengambil keputusan atau rencana yang tepat. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari belajar di sekolah internasional.

1. Metode pengajaran dan Kurikulum yang berbeda


Seperti yang sudah kita jelaskan diatas, sekolah internasional menggunakan kurikulum yang berbeda dari sekolah-sekolah di Indonesia. Sekolah internasional Sampoerna misalnya, mengintegrasikan metode pengajaran STEAM yang diadopsi dari sekolah-sekolah di Amerika Serikat ke dalam kurikulum pembelajaran. Dan, penggunaan kurikulum yang berbeda ini juga akan mempengaruhi bagaimana anak belajar di sekolah tersebut.

Seperti yang kita tahu, sekolah-sekolah Indonesia menggunakan kurikulum yang, pada dasarnya, sama dengan kurikulum lama. Meskipun sekarang sudah banyak perubahan pada sistem pendidikan di Indonesia, namun cara pengajarannya pun sebagian besar masih sama. Guru hanya menjelaskan pelajaran pada murid.

Kurikulum sekolah internasional lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar. Siswa didorong untuk mengembangkan keingintahuannya, serta mencari solusi dari praktek secara langsung, dan belajar dari kesalahan yang mereka alami pada proses belajar ini. Seperti yang diterapkan pada sekolah internasional Sampoerna, proses belajar ini memiliki nilai yang sama dengan hasil akhir. Jadi, kurikulum sekolah internasional bukan hanya menilai hasil dari tes akhir. Tetapi juga proses dimana siswa mempelajari satu subyek mata pelajaran.

2. Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi


Banyak anak dari negara yang berbeda yang masuk sekolah internasional untuk mendapatkan pendidikan dengan sistem yang sama dengan negara asal mereka. Jadi, bila anak Anda masuk sekolah internasional, mereka akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan para siswa asing ini. Dan, hal ini dapat memperkaya dan mengembangkan kemampuan bersosialisasi mereka.

Ditambah lagi, anak Anda juga akan berinteraksi dengan budaya yang berbeda. Hal ini berguna untuk menanamkan ide tentang menghormati kemajemukan dan toleransi. Bila hal ini dipupuk sejak dini, maka kita bisa berharap bahwa anak kita akan dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik. Dan mencegah tumbuhnya bibit-bibit rasialis yang sering muncul karena lingkungan dengan tingkat pluralisme yang rendah.

3. Lebih Mudah Memahami Pelajaran


Kurikulum yang diterapkan mengharuskan anak untuk terlibat langsung dalam proses. Hal ini akan dapat membantu mereka memahami apa yang mereka pelajari. Tidak hanya cepat, tetapi cara yang diterapkan di sekolah internasional ini juga menjadikan belajar lebih mudah dan menyenangkan. Anda tidak akan sering bahkan jarang sekali menemui anak Anda yang mengeluh malas untuk belajar. Hal ini dikarenakan waktu pelajaran di sekolah internasional dibuat menyenangkan, layaknya bermain.

Saat anak bermain, sel-sel otak mereka aktif secara penuh. Karena itu, apa yang mereka mainkan (dalam hal ini adalah subyek yang dipelajari), akan dapat mereka pahami dengan mudah. Ditambah lagi, bila kita melakukan sesuatu yang kita sukai dan menyenangkan, bukankah kita dapat melakukan dalam waktu yang lama? Ini juga yang didapat anak kita dari sekolah internasional. Mereka dapat mempelajari sesuatu dalam waktu lama tanpa bosan.

4. Bebas Memilih Hal Yang Dipelajari


Banyak sekolah internasional memberikan kebebasan pada muridnya untuk memilih subyek yang ingin mereka pelajari. Anda mungkin tidak akan menjumpai sistem seperti ini di sekolah lokal. Dengan adanya kebebasan seperti ini, anak akan dapat mengembangkan kemampuan terbaik mereka. Mereka tidak akan dipaksa untuk mempelajari atau, lebih buruk lagi, menghafal subyek yang tidak mereka sukai. Kondisi ini akan juga membuat anak menjadi lebih semangat untuk belajar. Dan, hasilnya, mereka mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk masa depan mereka.

Kesimpulan


Sekarang, Anda sudah mengetahui, mengapa sekolah internasional menjadi salah satu pilihan favorit banyak orang tua di Indonesia. Dengan banyaknya keunggulan dan manfaat yang bisa didapat, tidak usah diragukan lagi, bila sekolah internasional, khususnya sekolah binaan dari Sampoerna, menjadi pilihan utama Anda. Semua ini demi masa depan anak kesayangan Anda.
Show Comments