Minggu, 14 Februari 2021

Efek Samping Jika Kelebihan Vitamin D

Portalbelajar.com -  Semua orang setuju jika vitamin D bermanfaat yang luar biasa untuk kesehatan tulang dan otot, apalagi bagi anak-anak yang masih dalam usia pertumbuhan. 

Mereka membutuhkan asupan makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, sehingga bisa membuat mereka tumbuh sehat sesuai dengan usianya. 

Hanya saja, Anda harus tetap mengawasi konsumsi vitamin ini, sebab ada beberapa hal yang menyebabkan tubuh jadi kelebihan kadar vitamin D dalam tubuhnya.

Mengonsumsi vitamin D dengan kadar yang cukup akan memberikan hasil yang sangat baik untuk tubuh. Namun jika terlalu banyak, maka bisa menyebabkan masalah yang disebut sebagai hipervitaminosis D. 

Kasus ini memang terbilang jarang ditemukan, namun siapapun bisa mengalami hal ini apabila biasa mengonsumsi suplemen vitamin ini dalam dosis yang besar dan jangka waktu yang lama.

Namun tidak termasuk penyebabnya jika terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari, banyak mengonsumsi makanan dengan vitamin D juga tidak termasuk penyebabnya. 

Sebab makanan tak mungkin bisa Anda konsumsi dalam jumlah yang fantastis dalam satu kali makan. Beda halnya dengan suplemen, yang dosisnya besar dan tinggal minum saja.

Efek Samping Jika Kelebihan Vitamin D


Efek Samping Jika Kelebihan Vitamin D

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi efek samping dari kondisi ini:

Mengalami muntah mual dan juga nafsu makan hilang


Ketika tubuh Anda terlalu banyak vitamin D, maka bisa saja mengalami kondisi seperti mual dan bahkan muntah. Anda juga bisa kehilangan nafsu makan. 

Hal ini sudah dibuktikan dengan sebuah studi yang melibatkan sebanyak 10 orang. Mereka adalah orang yang mengonsumsi vitamin D dengan dosis tinggi dan sebanyak 4 orang mengalami muntah-muntah dan mual, tiga lainnya kehilangan nafsu makan mereka.

Bisa mengalami gagal ginjal


Ketika seseorang mendapatkan terlalu banyak asupan vitamin D, maka gagal ginjal akan mengintai. Bahkan di dalam sebuah kasus di mana pasien dengan gagal ginjal, ternyata akan mengalami peningkatan kadar kalsium yang tinggi dalam darahnya, juga gejala tambahan lainnya setelah diberikan suntikan berisi vitamin D. 

Bukan hanya itu, mayoritas melaporkan jika ada kegagalan ginjal mulai dari yang ringan saja sampai dengan yang paling berat.

Mengeluh sembelit dan sakit perut, juga diare


Bukan hanya bisa bermasalah dengan pencernaan secara general, namun bila Anda mengalami sakit perut, diare atau sembelit terus-menerus bisa saja sebuah pertanda bagi hipervitaminosis D. Ada sebuah kasus yang menyatakan seorang anak usia 18 bulan bahwa anak berusia 18 bulan mengalami diare, sakit perut, dan gejala lainnya setelah orangtua memberinya vitamin D3 sampai dengan 50.000 IU!

Akhirnya gejala yang dialami si kecil saat itu bisa berhenti, setelah pemberian vitamin D3 itu dihentikan.

Gejala ini hilang setelah dilakukan penghentian pemberian suplemen tersebut. Studi lainnya menyatakan bahwa seorang anak laki-laki menderita sakit perut dan sembelit setelah mengonsumsi suplemen vitamin D tanpa aturan yang jelas.

Meningkatkan kadar kalsium dalam darah Anda


Ketika Anda banyak mengonsumsi vitamin D, maka secara otomatis kalsium dalam darah Anda juga akan bertambah , lho. Itu karena tubuh akan menyerap kalsium dari berbagai makanan yang Anda konsumsi.

Ketika vitamin D berlebih dalam tubuh, maka kalsium yang ada dalam darah juga jumlahnya terlalu banyak. Hasilnya adalah keletihan, haus, pusing dan juga jadi sering buang air kecil.

Mampu sebabkan tulang rapuh


Hal lainnya yang bisa terjadi saat kelebihan vitamin D adalah tulang keropos dan rapuh. Memang vitamin D memegang peranan yang penting untuk penyerapan kalsium serta baik untuk metabolisme tubuh. Tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus menerus, malah tak baik untuk tulang dan menyebabkan tulang menjadi rapuh.

Maka karena itu, baiknya Anda mengonsumsi vitamin D sesuai dengan anjurannya saja. Jangan dikonsumsi terlalu banyak dan dalam jangka waktu yang panjang. Pyfa Health adalah situs khusus yang bisa memberikan Anda kemudahan dalam mencari dan membeli produk kesehatan. Kunjungi https://pyfahealth.com untuk mendapatkan suplemen makanan dan obat-obatan Pyfa health yang aman dan terpercaya.

Related Posts

Ad Placement