Senin, 22 Februari 2021

Golang Programming : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

PortalBelajar.com - Sejak pertama kali dirilis secara open source pada 2009 lalu, Golang Programming (Go language) ini sudah mendapatkan banyak pengguna karena fungsinya yang bisa meningkatkan produktivitas ketika membuat sebuah program.

Banyak perusahaan baik kecil maupun besar sudah menggunakan Golang Progamming dalam pembuatan sistem atau program mereka. Contohnya, sebut saja Google sebagai salah satu perusahaan terbesar teknologi yang juga menggunakan Golang Programming dalam sistem yang mereka bangun.

Pengertian Golang Programming


Pengertian Golang Programming

Bahasa pemrograman yang dibuat oleh Robert Griesemer, Ken Thompson dan Rob Pike di Google pada tahun 2009. Go Langungage (Golang) adalah Bahasa pemograman yang cara penulisannya menggunakan beragam fitur yang memiliki keunggulan dari segi kecepatan, kesederhanaan dan skalabilitas yang cukup baik.

Karena pada program yang sudah ada, Anda mungkin hanya menggunakan java untuk membuat program yang bagus secara skalabilitas, atau Python yang akan membuat program lebih sederhana, atau juga Bahasa pemrograman C dan C++ yang memiliki kecepatan terbaik dari yang lain.

Golang ciptaan tiga programmer Google ini dirancang supaya bisa memenuhi unsur kecepatan, kesederhanaan dan skalabilitas terbaik dalam satu bahasa pemrograman saja.

Kelebihan Go


Pada tulisan ini kami akan membahas 5 kelebihan yang dimiliki oleh Golang dalam proses membuat sebuah program. Di antara 5 kelebihan berikut adalah : mudah dipelajari, lebih cepat, punya garbage collector, punya concurrency, dan sifatnya yang bisa memperbaiki kekurangan dari program lain.

Mudah dipelajari


Golang atau Go Language memiliki sintaks yang lebih sederhana. Karena itu Go menjadi mudah untuk dipelajari siapa pun. Tidak ada Bahasa yang sulit dimengerti ketika menggunakannya, jadi Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk bisa mengerti Bahasa pemrograman Golang ini.
Lebih cepat

API Golang dapat mengompilasi data dalam hitungan detik loh. Karena itulah program-program yang dikerjakan dengan Golang memiliki kecepatan yang lebih cepat dibanding pemrograman yang lain.

Punya Garbage collector


Dari bahasanya saja kita tahu bahwa fungsi garbage collector ini adalah tempat (garbage) untuk mengumpulkan (collector) banyak objek yang sudah teralokasi secara dinamis dalam sebuah program. Inilah yang menjadikan sistem manajemen memori Golang memiliki kemudahan yang baik dibanding yang lainnya.

Punya concurrency


Sebuah program yang dengan concurrency memiliki kemampuan untuk membagi dirinya menjadi bagian yang lebih kecil lagi dan bisa berfungsi secara mandiri. Hebatnya, Golang bisa memodifikasi concurrency supaya lebih mudah digunakan.
 

Kemampuan memperbaiki kekurangan dari Bahasa pemrograman lain


Dengan menggunakan Golang, kekurangan dari Bahasa pemrograman lain bisa atasi dengan baik. Misalnya masalah kurang dukungan komputasi pararel, dukungan multicore, atau pengelolaan memori yang rumit

Itulah kelebihan Golang yang sepertinya tidak dimiliki oleh Bahasa pemrograman lain yang sudah pernah ada sebelumnya.

Kekurangan Go


Seperti halnya Bahasa pemrograman lain, Golang juga memiliki kelemahan. Seperti teralu implisitnya interface yang dimiliki Go, dukungan Pustaka yang tidak memadai, fungsi yang sama tidak bisa digunakan untuk koleksi berbeda, dan belum menemukan niche. Lebih lanjut lagi, berikut penjelasannya:
 

Interface terlalu implisit


Dengan interface yang implisit ini, para pengguna Golang akan kesulitan membedakan komposit (isi srtuct) data dari satu komputer dengan komputer lain yang belum dikompilasi.
 

Dukungan Pustaka yang tidak memadai


Ada, tetapi dukungan Pustaka yang dimiliki Golang ini masih belum bisa dikatakan memadai. Anda mungkin harus menulis secara manual beberapa kode supaya bisa mengelola program dengan baik.
 

Fungsi yang sama tidak bisa digunakan kepada koleksi data yang berbeda


Anda tidak dapat menggunakan satu fungsi yang sama secara berulang. Tidak seperti yang bisa dilakukan oleh pesaingnya, Java.
 

Belum menemukan Niche


Niche dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas yang lebih spesifik. Tidak terpaku pada program secara umum. Jika yang lain sudah memilikinya, ternyata Golang sama sekali tidak memilikinya.

Itulah kelemahan yang ada dan nyata pada Bahasa pemrograman Golang. Bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti dan tertarik mempelajari Bahasa pemrograman ini?

Kursus Golang Terbaik


Kursus Golang Terbaik

Untuk lebih mengenal Bahasa pemrograman ini, Anda bisa mencoba mengambil kursus khusus untuk mempelajari Golang. Membaca secara teori saja pastinya tidak akan membuat Anda lebih mengerti secara instan, perlu pembelajaran yang lebih sering dan khusus supaya Anda bisa menguasainya.

Course-Net.com pelatihan IT terbaik yang menyediakan kursus Golang dengan menghadirkan para pelatih yang sudah berpengalaman. Tidak hanya materi dasar, Anda akan dimentoring secara langsung oleh para coach yang sudah berpengalaman itu supaya bisa langsung paham dan bisa mempraktikkannya.

Pelatihan IT terbaik ini juga punya fitur 1xbayar langsung bisa yang menjamin Anda akan bisa menguasai materi yang diberikan. Di akhir jika Anda ternyata tidak berhasil mempelajarinya, Anda berhak melakukan re-Coaching secara gratis sampai betul-betul menguasainya. Lebih lanjut soal kursus ini, Anda bisa langsung mengunjungi https://Course-Net.com. di sana Anda bisa langsung bertanya secara eksklusif melalui pesan Whatsapp yang terhubung dengan tim marketingnya.

Related Posts

Ad Placement