Sabtu, 23 Januari 2021

Pengertian Chain Hoist dan Macam-Macam Jenisnya

PortalBelajar.com - Apabila Anda pernah melihat industri besar seperti gudang, maupun pabrik, pasti tak asing dengan penggunaan alat berat untuk mempermudah aktivitas di sana. Semua proyek besar memiliki berbaga macam alat berat dengan fungsi dan guna yang berbeda, salah satunya hoist

Fungsi dari hoist itu sendiri adalah untuk mengangkat dan kemudian memindahkan barang-barang yang berat serta banyak dalam satu kali angkut.

Hal tersebut sudah tentu mustahil apabila dilakukan oleh tenaga manusia, sebab sangat terbatas dari segi tenaga sehingga akan menghabiskan banyak waktu. Dengan adanya hoist maka pekerjaan para pekerja pun bisa menjadi lebih mudah, ringan, dan menghemat waktu pekerjaan. Hal lain yang dibutuhkan adalah operator hoist yang sudah terlatih.

Saat menggunakan alat angkut yang satu ini, dibutuhkan media rantai atau chain, dengan fungsi untuk mempermudah pengangkatan suatu barang menggunakan hoist. Apabila Anda sedang bertanya-tanya mengenai apakah pengertian dari chain hoist ?

Chain hoist adalah sebuah alat yang memiliki kegunaan dalam mengangkat maupun menurunkan beban berat pada alatnya.

Pengertian Chain Hoist

Sistem kerjanya dengan memanfaatkan sebuah tali kawat atau sling khusus yang dipasang mengelilingi drum maupun roda yang ada pada crane. Adapun roda tersebut bisa saja menggunakan listrik untuk beroperasi, bisa juga manual. Selain adanya drum maupun roda, dan kawat, ada juga bagian untuk media lifting atau pengangkatan.

Untuk bisa mengangkat beban, dibutuhkan chain block part yakni rantai atau sling. Ada juga media yang dikenal dengan nama hook atau pengait. Fungsi hook ini adalah menjadi alat untuk mengaitkan beban atau barang yang akan diangkat. Pada umumnya, chain hoist mampu mengangkat beban mulai dari 500 kg, sampai dengan 5000 kg. 

Macam-Macam Chain Hoist yang Biasa Digunakan


Macam-Macam Chain Hoist yang Biasa Digunakan

Anda pasti punya sedikit gambaran mengapa chain hoist ini menjadi kebutuhan dalam industri manufaktur. Hal ini dikarenakan material-material yang digunakan untuk proses manufaktur memiliki tonase yang cukup berat. Tujuan menggunakan alat bantu angkut tentu saja untuk mempercepat waktu dan menghemat tenaga. 

Supaya bisa membantu proyek dengan lebih maksimal, maka alat yang mudah dioperasikan dan handal sangat dibutuhkan keberadaannya.

Chain hoist itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu chain hoist manual dan chain hoist electric. Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari keperluan Anda untuk menggunakan yang mana.

Kedua jenis hoist tersebut sering sekali digunakan oleh para pelaku industri konstruksi, atau pabrik besar dalam hal ini manufaktur. Adapun perbedaannya yang paling mendasar adalah pada tenaga penggerak mesinnya maing-masing. 

Apabila hoist manual bisa bergerak jika menggunakan tenaga manusia untuk menjalankannya, maka hoist elektrik akan bergerak bila tenaga listrik mengalir.

Dibandingkan dengan yang manual, hoist elektrik memiliki beberapa kelebihan yang tak bisa ditemukan dalam hoist manual. 

Poin keutamaannya adalah mudah sekali dalam penggunaannya. Tidak membutuhkan banyak manusia untuk mengoperasikannya, karena manusia hanya berperan sebagai seorang operator. 

Jadi untuk mempercepat pengerjaan sebuah proyek, memang hoist listrik adalah jawaban yang paling tepat. Menariknya lagi, untuk biaya perawatannya juga sangat terjangkau.

Berbagai industri besar dan proyek besar pun sering menggunakan beberapa jenis varian chain block hoist listrik, yang membedakannya adalah tipe suspensi dan juga daya angkutnya, yaitu:

  • Chain Block 1 ton
  • Chain Block 2 ton
  • Chain Block 3 ton
  • Chain Block 5 ton

Anda bisa menemukan berbagai tipe chain hoist dengan daya angkut 0,5 ton, sampai dengan daya angkut 50 ton. Untuk tipe suspensi yang biasa digunakan adalah tiga tipe suspensi yang tersedia, yaitu single speeddual speed dan single phase.

Untuk mendapatkan hoist crane dengan penawaran harga terbaik dan sudah jelas keasliannya maka pastikan Anda membelinya dari distributor hoist listrik yang sudah ternama. Selain sudah banyak dipercaya, juga memiliki produk terlengkap yang ada di Indonesia, contohnya Toyo, Nitchi, Powertec dan Hitachi.

Bukan hanya memberikan harga yang paling kompetitif, namun juga bisa memberikan garansi dan layanan pra jual yang memuaskan. Untuk menemukan distributor yang terpercaya, Anda bisa mengunjungi Megajaya.co.id untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai chain hoist yang dibutuhkan.

Related Posts

Ad Placement