Senin, 18 Januari 2021

Yuk, Kenali Metode Belajar Di Sekolah Internasional

PortalBelajar.com - Sebagian orang tua kini semakin memahami pentingnya pendidikan bagi anak-anak. Bahkan tak jarang, beberapa orang tua pun mengimpikan agar si kecil mampu bersaing di dunia. Salah satu yang tengah marak pun adalah kemunculan beragam sekolah internasional di dunia pendidikan Indonesia.

Yuk, Kenali Metode Belajar Di Sekolah Internasional

Keberadaan sekolah internasional pun dirasa mampu menjembatani pendidikan anak agar mampu bersaing di dunia. Namun, sudahkah Anda memahami metode belajar seperti apa yang digunakan sekolah internasional? Jika penasaran, silakan simak ulasan metode belajar salah satu sekolah internasional, Sampoerna Academy dalam artikel ini.

Sampoerna Academy sendiri memiliki beberapa jenjang pendidikan, yaitu Pra-sekolah, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Untuk itu, berikut adalah penjelasan program belajar di masing-masing jenjang pendidikan.

"Power of Play" pada Pra-sekolah


Penerapan "power of play" pada setiap pembelajarannya merupakan hal yang dilakukan di jenjang Pra-sekolah. Jadi, setiap pembelajaran akan dibalut dalam proses bermain sehingga anak tetap bisa bersenang-senang.

Pada jenjang ini, pihak sekolah juga menerapkan pendekatan montessori, IEYC maupun reggio. Pendekatan tersebut akan memusatkan perhatiannya pada anak, sehingga perkembangan anak akan terwujud secara alamiah. Demi mewujudkan hal tersebut, tenaga pengajar akan menciptakan lingkungan belajar yang akan mendorong siswa agar mampu belajar kolaboratif.

Setiap anak unik di Sekolah Dasar


Memegang teguh pandangan bahwa setiap anak unik tentu tak akan memberatkan si kecil selama proses belajar. Pasalnya, pengajar paham betul bahwa setiap anak memiliki minat dan cara belajar yang berbeda-beda.

Nantinya, guru akan membangun sistem pembelajaran kolaboratif yang dapat mendorong anak agar lebih aktif. Ada pula STEAM Deep Learning Project, di mana berlaku kegiatan praktek belajar yang bisa meningkatkan kecerdasan intelektual dan pemikiran kritis.

Uniknya, Sampoerna Academy juga memberikan tes tolak ukur internasional bagi para siswa di berbagai bidang. Dengan begitu, pengajar dan orang tua bisa lebih memahami pendekatan seperti apa yang mampu meningkatkan prestasi anak.

Kembangkan minat dan bakat di Sekolah Menengah Pertama


Di usia yang lebih matang, anak perlu lebih mengenal minat dan bakatnya. Untuk membantu hal tersebut, Sampoerna Academy memberikan wadah, waktu, dan ruang yang bisa dimanfaatkan setiap anak.

Salah satunya dalam pendekatan belajar campuran, di mana anak diberi ruang untuk menggali dan memahami kembali materi yang diberikan sesuai caranya sendiri. Tak lupa, program pembelajaran lego juga bisa dimanfaatkan anak untuk meningkatkan kreativitas di bidang robotika dan pemrograman.

Menata masa depan di Sekolah Menengah Atas


Pada jenjang akhir sebagai siswa, anak akan diajak fokus mempersiapkan tingkat pendidikan lanjutan. Selain mempersiapkan sisi akademis, anak akan langsung dibimbing oleh pengajar bersertifikasi apple dan google agar mampu mengembangkan keterampilannya di berbagai bidang pelajaran.

Pada masa ini, anak juga diberikan kesempatan untuk menunjukan kemampuannya dengan menjadi mentor siswa yang lebih muda. Ada pula sarana konseling mengenai kuliah dan karir untuk menata tujuan siswa ke depannya.

Selanjutnya, kurikulum yang digunakan Sampoerna Academy juga dapat memudahkan siswa yang ingin melanjutkan pendidikan universitas di negara lain.

Itulah beberapa metode belajar di sekolah internasional yang bisa anak dapatkan. Tentunya, seluruh kurikulum tersebut sudah turut diakui oleh pendidikan di Indonesia sendiri. Adakah metode belajar yang dirasa cocok untuk si kecil? Jika demikian, tak ada salahnya untuk mempelajari lebih lanjut ke situs resmi Sampoerna Academy.

Related Posts

Ad Placement