Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

4 Cara Menghilangkan Ketombe secara Permanen

Ketombe adalah masalah yang sering dijumpai hampir setiap kalangan usia, bahkan efek dari ketombe bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu sebenarnya apa itu ketombe, apa penyebabnya, dan bagaimana cara menghilangkan ketombe? Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Ketombe?


Ketombe adalah masalah yang terjadi pada kulit kepala dengan ditandai adanya serpihan kulit yang juga mengakibatkan gatal. Biasanya selain menempel pada kulit yang bisa juga menimbulkan ruam merah, ketombe juga biasa menempel di rambut.

Bahkan parahnya lagi ketombe bisa rontok dan mengotori baju, sehingga tentu saja akan sangat mengganggu penampilan. Lalu apa penyebab terjadinya ketombe?

Penyebab Ketombe Datang


Cara Menghilangkan Ketombe secara Permanen

Ketombe bisa datang disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti jarang mencuci rambut, stress, bahkan pola makan yang tidak sehat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai penyebab ketombe.

1. Jarang Mencuci Rambut


Kebutuhan mencuci rambut berbeda-beda untuk setiap orang, namun untuk pemilik rambut normal idealnya mencuci rambut atau keramas dilakukan 2-3 hari sekali. Melakukan cuci rambut secara teratur akan membuat rambut dan kulit kepala lebih sehat.

Namun terlalu sering mencuci rambut juga tidak terlalu baik, lain lagi jika Anda adalah pemilik rambut lurus yang mudah dilapisi sebum atau minyak. Sehingga Anda harus lebih sering keramas atau mencuci rambut.

2. Sering Melakukan Aktivitas Berat


Ketika menjalani aktivitas berat tentu keringat yang dihasilkan juga cukup banyak, hal ini bisa mengakibatkan rambut menjadi lebih berminyak, kotor, dan berbau tidak sedap. Jika hal itu hadir bisa menimbulkan ketombe, sehingga Anda disarankan untuk mencuci rambut setelah melakukan aktivitas berat.

3. Jamur


Salah satu jamur yang hidup di kulit kepala sebagai normal flora adalah Malassezia Sp, namun ada beberapa kondisi yang membuat pertumbuhan jamur ini meningkat dan menjadi ketombe, seperti kondisi udara yang panas dan juga lembab.

Dimana jamur ini bisa mengakibatkan penumpukan asam lemak tidak tersaturasi sehingga mengakibatkan terjadinya peradangan yang berujung deskuamasi kulit yang menghasilkan ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe


Setelah mengetahui penyebab terjadinya ketombe, selanjutnya Anda bisa mempelajari cara menghilangkan ketombe.

1. Menggunakan Lidah Buaya


Dalam merawat rambut tentu tidak asing dengan lidah buaya yang biasanya digunakan untuk melembabkan rambut, mencegah kerontokan, dan membantu dalam percepatan pertumbuhan rambut.

Namun perlu Anda ketahui bahwa lidah buaya juga sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe khususnya untuk menghilangkan ketombe bayi. Kenapa begitu? Sebab lidah buaya adalah obat alami yang tidak mengandung bahan kimia apapun yang dapat menimbulkan masalah pada kulit kepala bayi yang sensitif.

2. Menggunakan Minyak Kelapa


Minyak kelapa memiliki kandungan Vitamin E yang dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut, oleh karena itu minyak kelapa bisa menjadi opsi untuk menghilangkan ketombe dengan cepat.

Apalagi cara penggunaannya yang mudah, dimana rambut dan kulit kepala hanya perlu dipastikan dalam keadaan kering, lalu oleskan minyak kelapa secara merata pada kulit kepala serta memijatnya dengan lembut.

3. Menggunakan Larutan Jeruk Nipis


Membahas mengenai jeruk nipis, biasanya jeruk nipis hanya digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit seperti kanker, anemia, diabetes hingga menjaga kesehatan jantung.

Padahal berbagai vitamin yang ada pada jeruk nipis seperti Vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, B2, B3, dan B4 bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Menggunakan larutan jeruk nipis adalah cara menghilangkan ketombe tanpa keramas, sebab Anda hanya perlu membilas rambut hingga bersih.

4. Menggunakan Tea Tree Oil


Tea Tree Oil adalah bahan alami yang cukup efektif untuk menghilangkan ketombe secara permanen, sebab Tea Tree Oil mengandung anti bakteri dan anti inflamasi.

Jika Anda khawatir akan kesulitan mendapatkan Tea Tree Oil maka Anda tidak perlu khawatir, sebab dalam produk shampoo TRESemmé Scalp Care Anda akan mendapatkan manfaat dari Tea Tree Oil.

Selain sebagai penghilang ketombe yang ampuh, menggunakan shampo TRESemmé Scalp Care Anda juga bisa mencegah terjadi kerontokan pada rambut. Selain itu shampoo TRESemmé Scalp Care juga memiliki kandungan zinc mineral dan Pro-Nutri Essence yang dapat membuat rambut Anda terasa lebih bersih dan nyaman.

Itulah penjelasan mengenai ketombe, penyebabnya, dan bagaimana cara menghilangkan ketombe. Untuk menghilangkan ketombe secara permanen dengan cara yang mudah dan mendapatkan hasil terbaik, gunakanlah shampo TRESemmé Scalp Care.
Show Comments