Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Inilah 5 Cara Mengurangi Keringat Berlebih di Ketiak Secara Alami

Mengeluarkan keringat adalah proses alami yang dilakukan tubuh untuk menenangkan diri. Namun, jika produksinya berlebihan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri, maka Anda perlu pahami penyebabnya untuk tahu cara mengatasi keringat berlebihan.

Apa yang Menyebabkan Keringat Berlebih?


Cara Mengurangi Keringat Berlebih di Ketiak Secara Alami

Menurut penelitian, pria cenderung mengeluarkan keringat lebih banyak dibandingkan wanita. Berikut beberapa faktor internal dan eksternal yang bisa memicu terjadinya keringat berlebih di ketiak dan bagian tubuh lain:

Kelenjar Keringat Pria Lebih Aktif

 
Saat saraf mengirimkan sinyal ke kelenjar keringat tanpa dipicu oleh panas atau aktivitas fisik, maka kelenjar keringat menjadi terlalu aktif dan menghasilkan keringat berlebih. Proses ini terjadi secara alami sehingga sulit untuk dikontrol.

Stres dan Kecemasan


Tiap orang memiliki gejala stress dan kecemasan yang berbeda, termasuk peningkatan produksi keringat. Keringat yang berlebih bisa terjadi pada siang maupun malam hari di saat Anda sedang mengkhawatirkan sesuatu.

Makanan Pedas dan Berminyak


Makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh, demikian juga dengan makanan berminyak. Keadaan ini dapat merangsang kelenjar keringat untuk meningkatkan produksi keringat.

Mengenakan Pakaian yang Tidak Menyerap Keringat


Pakaian berbahan panas dan tidak menyerap keringat dapat menghambat sirkulasi udara di antara tubuh dan pakaian. Akibatnya, suhu tubuh akan naik dan mengakibatkan keringat keluar lebih banyak.

Masalah Tiroid


Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang bertugas mengontrol berbagai proses di dalam tubuh, seperti suhu internal, metabolisme, dan berat badan. Jika tiroid kurang aktif, Anda bisa menjadi sensitif terhadap panas dan mengalami keringat berlebih.

Tiroid yang kurang aktif cenderung menyebabkan obesitas sehingga Anda akan lebih rentan untuk merasa panas. Hal ini pun memicu kelebihan produksi keringat di dalam tubuh.

Cara Mengontrol Keringat Berlebihan


Setelah mengetahui beberapa penyebab keringat berlebih di atas, tentu akan lebih mudah untuk mencari solusinya. Ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol dan perawatan keringat berlebihan, seperti di bawah ini:

Jaga Tubuh Tetap Dingin


Tubuh memiliki cara untuk mendinginkan, yaitu dengan berkeringat. Maka, jagalah tubuh agar tetap dingin sehingga kebutuhan untuk berkeringat berkurang. Ketika cuaca panas, Anda bisa menggunakan kipas angin atau pendingin ruangan.

Usahakan tetap berada di tempat teduh saat berada di luar ruangan. Minum air dalam jumlah cukup juga akan menjaga suhu tubuh tetap rendah.

Menghindari Makanan dan Minuman Tertentu


Ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari sebagai langkah pengobatan alami keringat berlebih. Jauhi makanan pedas karena tubuh akan memberi reaksi pendinginan yang menyebabkan keringat.

Anda juga tidak dianjurkan mengonsumsi kafein karena dapat merangsang kelenjar keringat bekerja lebih aktif dalam menghasilkan keringat.

Mengenakan Pakaian yang Nyaman


Kenakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Pilih kain yang ringan agar sirkulasi udara antara tubuh dan pakaian dapat berlangsung baik. Pakaian berwarna terang, seperti putih, akan memantulkan sinar matahari sehingga membantu Anda tetap sejuk dan mengurangi keringat.

Mengaplikasikan Deodoran Antiperspiran Setelah Mandi


Deodoran antiperspiran mampu menghalangi keringat mencapai permukaan kulit dan menutupi bau yang dihasilkan oleh bakteri saat berkeringat. Terdapat 2 bentuk deodoran yang bisa Anda gunakan, yaitu spray dan roll on.

Nivea menawarkan aneka produk deodoran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan. Untuk jenis roll on, Anda bisa menggunakan Nivea Men Black & White Invisible Original Deodorant Roll On.

Nivea Men Black & White Invisible adalah deodorant roll-on yang mengandung formula Anti-Stain Technology. Teknologi ini dapat mencegah timbulnya noda kuning/putih pada baju. Memberi perlindungan selama 48 jam dan 5 kali lebih efektif melawan bau badan dan keringat.

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan dan butuh deodoran yang praktis, maka bentuk spray adalah pilihan tepat. Salah satu andalan dari Nivea adalah Nivea Men Dry Impact Spray dengan kandungan DryPlus dan Mineral yang bekerja efektif mengontrol minyak berlebih.

Aroma maskulinnya menyegarkan dan sangat cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Nivea Men Dry Impact Spray memberikan perlindungan 48 jam dari keringat dan bau badan, tidak mengandung pewarna dan Etil Alkohol sehingga aman untuk kulit ketiak.

Kunjungi Terapis


Apabila keringat muncul karena Anda mengalami kecemasan, maka cara mengendalikan keringat berlebih saat stress adalah mengunjungi terapis. Berbicara dengan terapis dapat membantu mengatasi penyebab stres sehingga mampu memperbaiki gejala keringat berlebih.

Berkeringat adalah proses alami di dalam tubuh. Namun jika Anda merasa terlalu banyak berkeringat, lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan cara mengatasi keringat berlebihan.
Show Comments