Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

7 Cara Belajar Bahasa Inggris Sambil Nonton Film

Film berbahasa Inggris adalah sumber tak terbatas yang harus dimanfaatkan oleh pembelajar bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mereka. Ternyata, belajar bahasa inggris lewat film sudah menjadi trend Indonesia.

Belajar bahasa Inggris dengan film adalah cara yang fantastis untuk belajar bahasa Inggris. Sebagian besar film mencerminkan kehidupan nyata. Ini bisa membantu harapan belajar bahasa inggris jadi mudah.

Tips Belajar Bahasa Inggris Lewat Film


Tips Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Lalu, apa saja strategi belajar bahasa inggris yang bisa diterapkan ketika nonton film agar target belajar terpenuhi? Simak caranya berikut ini.

1. Cobalah untuk Menonton Film Tanpa Teks Bahasa Asli


Ini adalah tantangan terberat. Semua pasti ingin nonton tanpa membuat otak lelah karena harus berpikir menerjemahkan dialog ke dalam bahasa Indonesia. Tetapi, inilah tantangannya.

Jika terpaksa, tetap pakai subtitle tapi pilih yang berbahasa Inggris untuk berlatih. Jika Anda di level yang lebih tinggi, Anda perlu menantang diri untuk memahami film tanpa subtitle.

2. Nonton Film yang Anda Sukai


Aturan praktisnya adalah hanya menonton film yang ingin Anda tonton. Jika Anda tidak tertarik dengan film yang Anda tonton, Anda tidak akan mau berusaha untuk memahami film dalam bahasa Inggris.

3. Ulangi Frasa Dari Film


Saat Anda mendengar frasa baru atau kata baru dalam bahasa Inggris, pastikan untuk pause film dan mengulangi kata dan frasa baru tersebut. Ini bermanfaat untuk menambah kemampuan memahami dan membuat sentence structure yang baik.

4. Tulis Kata Baru di Buku Catatan


Strategi pembelajaran bahasa Inggris lainnya adalah dengan menyiap buku catatan saat Anda menonton film. Tuliskan kata atau frasa baru yang menarik yang Anda pelajari. Ini akan memberi Anda catatan tertulis tentang semua kata baru yang Anda temui.

5. Hindari Film Dengan Dialog yang Sulit


Meskipun Anda harus selalu siap menghadapi tantangan, menantang diri sendiri dengan dialog yang sulit bukanlah cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri dan pemahaman Anda tentang bahasa Inggris.

Tujuan menonton film dalam bahasa Inggris harus selalu untuk meningkatkan skill Anda. Hindari film yang menurut Anda sulit dan membosankan. Jadikan metode belajar ini sebagai kegiatan belajar sambil bermain bahasa inggris.

6. Pilih Film yang Relevan dengan Level Bahasa Inggris Anda


Kemampuan Bahasa Inggris seseorang tidak sama. Anda bisa mengukur kemampuan Anda sendiri. Jadi cari film yang Anda rasa tidak sulit untuk diikuti sekaligus dinikmati. Coba cari film dari Nonton Film di Dunia21 untuk memilih film yang sesuai dan mudah dipahami.

7. Nonton Dengan Seseorang


Ini adalah ide bagus untuk memberi Anda topik diskusi setelah nonton. Anda dapat membuat klub film dan membuat acara diskusi sambil belajar bahasa Inggris.

Gunakan media sosial seperti telegram untuk mencari calon anggota klub. Anda bisa belajar bahasa Inggris di telegram sambil mendapatkan teman dan pengalaman baru.

Nonton Film di Dunia21 bisa dijadikan referensi untuk memilih film yang tepat yang akan mendukung kegiatan belajar bahasa Inggris Anda. Ikuti tips tersebut di atas dan jadikan belajar lewat film sebagai cara baru yang menyenangkan.
Show Comments