Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Universitas Pertamina Gelar Wisuda Luring Pertama dengan Sukses

Universitas Pertamina atau Kampus energi telah sukses menggelar wisuda luring pertama. Wisuda luring ini merupakan gelaran Wisuda ke-6 di Periode Mei 2022. Berlangsung pada Sabtu, 21 Mei 2022 di Ballroom Graha Pertamina Jakarta.

Universitas ini juga dikenal sebagai kampus teknologi bisnis energi. Dalam wisuda luring tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting. Pertama, Bapak Mayjen TNI Darmono Susastro, S.I.P. selaku Asisten Personil KSAD.

Selain itu, turut hadir Senior Vice President of Research and Technology Innovation PT Pertamina (Persero) yakni Bapak Oki Muraza. Kehadiran Bapak Oki Muraza juga sebagai motivational speaker bagi para peserta wisuda.

Wisuda secara luring ini juga tetap dihadiri oleh Rektor Universitas Pertamina, Prof. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja. Sebagai Rektor Universitas Pertamina periode 2021-2026, Prof. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja memberikan sambutan.

Universitas Pertamina Gelar Wisuda Luring Pertama dengan Sukses

Sambutan Rektor Universitas Pertamina


Dalam sambutan tersebut, beliau mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan. Sebab, seluruh wisudawan telah berhasil menyelesaikan studinya dengan baik. Meskipun berada pada situasi di tengah pandemi COVID-19.

Tidak hanya itu, Prof. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja pun ikut menyampaikan dalam situasi di tengah pandemi juga terdapat fenomena VUCA. VUCA merupakan kepanjangan dari volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity.

VUCA (volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity)


Volatility atau volatilitas berarti sesuatu yang labil, mudah berubah, menguap, atau meledak. Uncertainty atau ketidakpastian berarti sesuatu yang tidak pasti atau sulit diprediksi keakuratannya. Complexity atau kompleksitas berarti perihal rumit.

Terakhir, ambiguity atau ambigu berarti sesuatu yang tidak jelas dari asal usul kejadian hingga akhirnya. Jadi, secara singkat VUCA merupakan sesuatu perihal yang penuh ketidakjelasan, kelabilan dan cenderung berubah-ubah di situasi rumit.

VUCA dapat menjadi kondisi atau situasi yang sangat mampu menggambarkan seluruh fenomena di tengah pandemi COVID-19. Terlebih, seluruh lapisan dan elemen masyarakat juga mengalami dan mendapat imbas pandemi COVID-19 itu.

Prof. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja juga mengungkapkan bahwa apa yang terjadi dalam situasi pandemi memberikan dampak yang semakin terasa. Sehingga, besar harapan beliau agar seluruh lulusan baru menjadi lebih kuat dan tangguh.

Akibat VUCA dan pandemi hari ini harus mampu mendorong pembentukan kepribadian yang luar biasa tangguh. Khususnya, bagi seluruh lulusan kampus energi yang baru. Supaya mereka bisa memberikan manfaat di tengah masyarakat.

Motivational Speaker, Bapak Oki Muraza


Bapak Oki Muraza yang hadir sebagai motivational speaker juga menambah kesuksesan acara wisuda luring perdana. Beliau menyampaikan era dunia yang penuh perubahan. Perubahan tersebut sangat cepat terjadi bahkan tanpa disadari.

Beliau juga menyinggung kehidupan manusia saat ini di era perubahan. Sehingga, mau tidak mau membuat manusia sangat membutuhkan inovasi yang terus menerus. Tujuannya untuk tetap mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Manusia di era perubahan


Inovasi berarti sesuatu hal yang baru. Sesuatu hal tersebut bisa berupa ide, gagasan, objek, atau praktik. Kemudian sesuatu hal itu diperkenalkan lalu diterapkan sebagai proses baru dalam kehidupan di tengah masyarakat.

Lalu Bapak Oki Muraza berharap agar para wisudawan yang baru lulus ini dapat memasuki bidang-bidang tertentu. Terlebih lulusan kampus teknologi bisnis energi perlu berinovasi semaksimal mungkin dalam menghadapi era perubahan.

Era perubahan dikenal juga sebagai disrupsi. Disrupsi memiliki arti sebagai kondisi adanya inovasi karena perubahan yang terjadi secara besar-besaran dan terus menerus hingga ke dasar sistem baru dalam masyarakat.

“Do not kill your dream, execute it,” ucap Bapak Oki Muraza seperti memberikan pesan kepada seluruh peserta wisuda Universitas Pertamina.

Motivational Speech dari Bapak Mayjen TNI Darmono Susastro


Selanjutnya acara Wisuda ke-6 tahun 2022 dilanjutkan dengan sesi penyampaian motivational speech dari Bapak Mayjen TNI Darmono Susastro. Beliau mengatakan bahwa pesatnya kemajuan IPTEK tidak hanya membawa kemudahan.

Akan tetapi, kemajuan IPTEK ini ikut membawa serta ancaman yang besar. Sehingga banyak pesan dari Bapak Mayjen TNI Darmono Susastro kepada para peserta wisudawan. Pesan itu berisi harapan untuk menjaga kedaulatan negara.

Menjaga Kedaulatan Negara


Kedaulatan negara berarti suatu negara yang memiliki kedaulatan sendiri. Artinya, negara tersebut merupakan negara yang merdeka, bebas, dan mempunyai persamaan derajat dengan negara lain dalam mengurus hidup rakyatnya sendiri.

Alhasil, para lulusan baru sebagai bagian dari generasi muda dapat siap terjun. Khususnya, menjadi sumber daya manusia yang berkualitas untuk membangun bangsa. Sebagaimana peran generasi muda menjadi garda terdepan suatu negara.

Peran generasi muda tidak hanya sebagai garda terdepan suatu negara. Namun juga untuk menjaga serta mewariskan nilai-nilai Pancasila kepada generasi setelahnya. Sehingga terjadi regenerasi yang baik dan tidak terputus.

Wisuda Ke-6 Tahun 2022 Universitas Pertamina


Acara Wisuda Ke-6 Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina atau UPER berlangsung tanpa kendala meskipun dilakukan secara luring. Pada acara ini, kampus energi atau Universitas Pertamina meluluskan 326 sarjana.

Semua wisudawan berasal dari 15 program studi dengan 93 orang atau 28,5% berpredikat pujian (cumlaude). Lalu sebanyak 3 orang menjadi wisudawan terbaik, yaitu Dedi Syahputra, S.E., Asti Yana, S.M., dan Moehammad Yazid Huda, S.M.

Kampus teknologi bisnis energi ini juga membuka kesempatan belajar bagi siswa lulusan SMA dan sederajat. Tersedia Rp23 Miliar setiap tahun untuk semua jenis beasiswa.

Akses seluruh informasi terkait syarat dan ketentuan beasiswa yang ada pada laman resmi https://beasiswa.universitaspertamina.ac.id/.
Show Comments