Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Umroh : Syarat, Hukum, Rukun dan Waktu

Umrah disebut sebagai haji kecil. Dimana, menurut bahasa berarti "mengunjungi", dan dalam istilah Syar'i adalah "mengunjungi Baitullah, untuk melakukan Tawaf , Sa'i dan mencukur (tahallul) untuk mengharapkan berkat Allah ".

Syarat Sah Umrah


Syarat sah umrah adalah hal-hal yang harus dipenuhi saat melakukan umrah. Syarat-syaratnya yaitu sebagai berikut :

1. Muslim


Ibadah umrah adalah salah satu ibadah dalam agama Islam, sehingga tidak syariatkan untuk non muslim

2. Baligh (dewasa)


Salah satu syarat sah umroh adalah telah mencapai usia baligh (dewasa). Oleh karena itu, usia anak yang belum memasuki usia baligh tidak disyariatkan untuk melaksanakan umrah.

3. Memiliki akal Sehat (Tidak gila)


Ibadah umrah disyariatkan untuk Muslim yang memiliki akal sehat. Tidak sah hukumnya jika ibadah umroh dilakukan oleh orang yang tidak memiliki akal sehat (gila).

4. Merdeka (bukan budak)


Ibadah umroh tidak dilakukan oleh golongan budak (hamba sahaya). Hal ini karena pelaksanaan ibadah umroh membutuhkan waktu yang lama, dan khawatirnya akan membuat terbengkalai kepentingan tuannya.

5. Istita'ah ( Mampu)


Istitha'ah berarti mampu secara fisik, biaya, pengetahuan dan memenuhi mata pencaharian keluarga yang tertinggal selama melaksanakan ibadah umroh.

Hukum Umroh


Hukum Umroh ada 2, yaitu :

  1. Wajib apabila melakukan umroh pertama kali dilakukan yang disebut sebagai Umratul Islam. Dan, jika anda bersumpah (nazar) untuk melakukan ibadah Umroh ketika memperoleh hasil tertentu, maka umroh hukumnya menjadi wajib
  2. Sunnah jika melakukan umroh bukan untuk pertama kali, dan bukan karena sumpah.

Rukun Umrah


Umroh : Syarat, Hukum, Rukun dan Waktu

Serangkaian kegiatan Umrah dimulai dengan niat Ihram di Miqat, kemudian Tawaf di Ka'bah, kemudian antara Shafa dan Marwah, dan diakhiri dengan rambut cukur (Tahallul).

Berikut ini adalah penjelasan dari serangkaian rinci kegiatan umrah sesuai dengan urutan:

1. Ihram (niat) dari miqat


Dengan mengenakan pakaian ihram, yang merupakan pakaian putih (pakaian suci). Ihram untuk pria adalah pakaian yang unik dan spesifik karena tidak boleh dijahit. Cara menggunakannya melilit tubuh. .

2. Tawaf di Kaabah

Tawaf adalah kegiatan mengelilingi Ka'bah’ sebanyak tujuh putaran, dimanadimulai dan berakhir di Hajar Aswad dan Ka'bah selalu di kiri.

3. Sa'i


Sa'i adalah kegiatan berlari-lari kecil sebanyak 7 tujuh kali bolak balik diantara 2 bukit, Shafa dan Marwah. Sai mulai dengan Shafa dan akan berakhir di Marwah.

Apa yang perlu dipertimbangkan saat menerapkan Sa'i:

  1. Wanita menstruasi dan postpartum dapat melakukan Sa'i. Sementara Tawaf tidak diizinkan untuk wanita menstruasi. Karena tempat itu bukan bagian dari masjid besar.
  2. Termasuk kesalahan ketika Sa'i adalah seorang wanita berlari saat melewati lampu hijau.

4. Tahallul


Tahalul berarti mencukur rambut di kepala, baik sebagian maupun bercukur. Tetapi yang lebih utama mencukur habis.Biasanya dilakukan setelah menyelesaikan Sai, sebagai tanda bahwa ibadah Umrah dengan sempurna.

5. Tertib


Dilakukan secara berurutan.

Waktu Umroh


Waktu pelaksanaannya dapat dilakukan kapan saja kecuali pada hari Arafat, yaitu tanggal 10 Dzulhijjah dan Tasyrik, yaitu pada 11, 12 dan 13 Zulhijjah.

Rekomendasi Biro Umroh di Indonesia


Alhijaz Indowisata sebagai salah satu biro perjalanan tour umroh dan haji yang terbaik di Jakarta dengan senang hati menjadi mitra pilihan Anda untuk mewujudkan impian Anda dan orang-orang tercinta untuk melakukan ibadah umroh.

Dimana, Alhijaz Indowisata secara resmi terdaftar di Kementerian Agama Indonesia (nomor lisensi PPIU 490/2020 dan PIHK Izin Nomor 233/2021) dengan akreditasi A.

Artinya dinilai dari aspek administrasi, manajer keuangan, manajemen, sumber daya manusia, fasilitas dan infrastruktur, serta kualitas layanan, biro perjalanan alhijaz Indowisata tidak diragukan lagi.

Bapak H. Abdullah Djakfar Muksen mendirikan Alhijaz Indowisata pada tahun 2000 oleh . Mulai dari penjualan tiket penerbangan dan tour domestik hingga akhirnya fokus menjadi Umrah dan Haji Plus Organizer.

Dan, pada momen liburan akhir tahun 2022 kali ini Alhijaz Indowisata memiliki program khusus untuk mengisi liburan akhir tahun Anda dan orang-orang tercinta.

Kali ini Alhijaz Indowisata menawarkan beberapa pilihan program paket umroh Desember 2022, yaitu umroh promo, umroh reguler (UHUD dan RAHMAH), dan umroh plus wisata.

Adapun keuntungan umrah di bulan Desember 2022, yaitu :

  1. Banyak penawaran promo dari Alhijaz Indowisata
  2. Cuaca yang sangat ramah di Arab Saudi
  3. Tidak memotong terlalu banyak cuti bagi Anda yang sedang bekerja
  4. Dapat menjadi sarana muhasabah diri di akhir tahun
Show Comments