Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Begini Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor dengan Benar dan Aman

Terkadang, kesibukan bekerja maupun kegiatan sehari-hari lainnya dapat membuat kamu menjadi lupa atau mungkin belum bisa meluangkan waktu untuk mengganti aki mobil ke bengkel. Sehingga, mobil terpaksa tetap digunakan dalam kondisi aki mobil tekor atau soak.

Akibatnya, masalah yang sering terjadi ketika aki mobil sudah tekor adalah mobil bisa berhenti mendadak alias mogok di tengah jalan. 

Karena aki merupakan komponen utama yang sangat penting dalam menghasilkan suplai listrik terhadap mesin mobil, maka tidak heran jika mobil akan sulit menyala jika aki mobil sudah rusak. 

Nah, apa saja penyebab aki mobil mudah soak dan bagaimana cara memancing aki mobil yang tekor agar mobil dapat kembali menyala? Mari kita simak penjelasannya berikut ini!

Ketahui Penyebab Aki Mobil Mudah Soak dan Cara Memancing Aki mobil yang Tekor Agar Kembali Menyala


Ketahui Penyebab Aki Mobil Mudah Soak dan Cara Memancing Aki mobil yang Tekor Agar Kembali Menyala

Sebelum kita membahas bagaimana cara memancing aki mobil yang tekor, tentu alangkah lebih baik jika kamu juga mengetahui hal apa saja yang dapat menjadi penyebab aki mobil mudah soak sehingga kamu bisa melakukan langkah perawatan untuk menjaga aki mobil tetap awet.

Pada umumnya, penyebab aki mobil tekor bisa disebabkan oleh masa pakai aki yang memang sudah mencapai batas penggunaannya. 

Semakin lama usia pemakaian aki mobil, maka tegangan aki mobil akan semakin menurun sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Selain itu, penyebab aki mobil tekor juga bisa disebabkan oleh bagian komponen yang rusak seperti kabel maupun alternator.

Kerusakan pada komponen aki mobil itu sendiri bisa terjadi akibat mobil jarang digunakan untuk waktu yang cukup lama dan mesin mobil sama sekali tidak dipanaskan. 

Atau, penggunaan aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan pada mobil juga ikut serta menjadi penyebab aki mobil cepat soak. 

Namun, jangan khawatir, jika aki mobil kamu sudah tekor, kamu bisa melakukan beberapa cara memancing aki mobil yang tekor berikut ini.

1. Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor Melalui Mobil Lain


Langkah pertama yang perlu diperhatikan saat akan memancing aki melalui mobil lain yaitu memastikan kabel jumper tidak terlilit dan tidak ada bagian yang terkelupas. 

Kemudian, masing-masing mesin mobil harus dalam keadaan mati dan transmisi pada posisi N atau P, dan jangan lupa untuk mengatur rem tangan.

Langkah selanjutnya yaitu menyambungkan kabel jumper yang berwarna merah pada kedua kutub aki mobil yang sudah tekor, kutub positif dan kutub negatif. 

Sedangkan, kabel jumper yang berwarna hitam disambungkan ke kutub negatif pada aki mobil yang masih berfungsi normal. 

Kemudian, sisi satunya lagi dihubungkan pada bagian metal mobil yang sedang mogok tersebut atau dikenal dengan istilah ground.

Nah, langkah terakhir ketika semua kabel sudah saling terhubung, tunggulah beberapa menit agar aki mobil yang sudah tekor mulai berisi sebelum kemudian menyalakan mobil yang memiliki aki normal lalu tekan pedal gas secara perlahan. 

Jika cara memancing aki mobil yang tekor ini sudah berhasil, lepaskan kabel mulai dari urutan langkah yang terakhir hingga yang pertama dilakukan ya.

2. Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor Melalui Kendaraan Roda Dua


Selain mobil, kamu juga bisa memancing aki mobil yang tekor dengan bantuan motor. Namun, mengingat daya aki pada kendaraan roda dua lebih kecil dibandingkan dengan mobil, maka motor tersebut harus dinyalakan terlebih dahulu agar memiliki daya yang kuat.

Selanjutnya, kabel jumper aki berwarna merah dihubungkan ke kutub positif pada aki motor. Sedangkan, sisi yang lain dihubungkan ke kutub positif pada aki mobil yang rusak.

Dan, kabel yang berwarna hitam dihubungkan ke kutub negatif pada aki motor, sedangkan sisi satunya lagi dihubungkan pada ground mobil.

Jika seluruh kabel sudah terhubung dengan tepat, biarkan beberapa menit sebelum mesin mobil dinyalakan. 

Kamu mungkin perlu mencoba beberapa kali sampai aki mobil dapat dipancing dikarenakan motor memiliki daya aki yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil. 

Seperti pada cara sebelumnya, kamu juga harus melepaskan kabel jumper melalui urutan langkah terakhir jika mobil sudah berhasil menyala kembali.

3. Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor Secara Manual


Maksud dari cara memancing aki mobil secara manual adalah melakukan tanpa kabel jumper. Lantas, bagaimana caranya? Langkah pertama adalah memberanikan diri untuk meminta bantuan orang lain yang bersedia mendorong mobil kamu.

Kemudian, pindahkan transmisi mobil pada posisi dua agar mobil dapat lebih ringan untuk didorong. Setelahnya, nyalakan kunci kontak agar proses pembakaran dapat terjadi melalui putaran poros pada engkol mesin mobil dan mesin dapat kembali menyala.

Supaya aktifitas kamu tidak terhambat karena masalah aki mobil yang tekor, segeralah bawa mobil kesayanganmu ke bengkel aki terdekat untuk dapat diperbaiki hingga normal kembali.
Show Comments