Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

7 Software Belajar Edit Video untuk Pemula

Siapa sih yang tidak kenal dengan video animasi? Mayoritas orang pastinya sudah mengenal video animasi ataupun video explainer. Bahkan ketenaran tentang dunia edit video ini bisa dibilang seperti makanan wajib, terutama bagi Gen Z.

Hampir semua media sosial kini sudah support dengan fitur yang memanfaatkan daya tarik dari suatu video. Bahkan ada pula yang sudah menggabungkannya dengan perkembangan teknologi seperti Virtual Reality dan Augmented Reality.

Video yang dibuat itu biasanya sudah di edit dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada sosial media tersebut, sehingga hasil unggahannya dapat menarik perhatian banyak orang. Namun sebagian orang lainnya melakukan edit video dengan menggunakan software atau aplikasi tertentu.
 

Software yang Digunakan untuk Meng-edit Video Explainer


Software yang Digunakan untuk Meng-edit Video Explainer

Setidaknya ada tujuh software yang biasanya digunakan untuk melakukan edit video. Mari simak ketujuh software popular tersebut pada ulasan berikut ini.
 

Adobe Premiere Pro


Software video editing besutan Adobe ini sudah sering dimanfaatkan dalam pembuatan video yang menghasilkan film pendek sampai pada tingkatan Televisi Commerecial. Software ini dilengkapi dengan audio effects sejumlah 46, audio transisi 3, video transisi 38, dan vidio effects sebanyak119.

Tidak hanya itu, Adobe Premium Pro juga memiliki banyak fitur lainnya yang mendukung untuk menjalankan tugas sebagai seorang video editor. Ditambah lagi dengan fitur color grading yang dipersembahkannya akan mempercantik karyamu.

Adobe Premiere Pro mampu menangani banyak format media dan ia juga rajin update aplikasinya. Kelebihannya tidak berhenti disitu, software ini juga terintegrasi dengan berbagai fitur adobe lainnya. Hebatnya lagi ia didukung oleh fitur creative cloud dan dapat dikerjakan secara online maupun offline.

Vegas Pro


Sebagaimana budaya yang telah berkembang, perihal penggunaan software pun turut terwarnai dengan budaya membanding-bandingkan. Software Vegas Pro ini sering dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro.

Meskipun Adobe Premiere Pro memiliki banyak keunggulan yang ditonjolkannya, Vegas Pro tetap bisa kamu andalkan. Pasalnya software ini sangat terkenal dengan interface dan fitur-nya yang mudah untuk dipahami dan dijalankan.

Final Cut Pro


Software edit video ini hanya bisa digunakan oleh pengguna iMac dan Macbook. Pelayanan yang eksklusif ini menawarkan banyak fitur menarik seperti multicam, advanced color grading, HDR on Pro Display XDR, workflow extension, edit video 360 derajat, smart conform, dan metal engine.

Dari banyaknya fitur yang ada, hampir seluruhnya dapat dioperasikan secara otomatis dengan performa yang cukup baik. Aplikasi ini juga memungkinkan beberapa orang mengerjakan satu proyek yang sama dalam waktu bersamaan.

Windows Movie Maker


Windows Movie Maker merupakan aplikasi gratis yang ditujukan secara khusus bagi pengguna Windows 7. Sayangnya pihak Windows telah menghentikan software ini beberapa waktu lalu. Dan beberapa artikel menyarankan agar pengguna Windows 10 tidak menggunakan aplikasi tiruannya.

Inshot


Aplikasi edit video ini sering dipergunakan oleh para pengguna YouTube dan Instagram. Apabila ingin menggunakannya, kamu bisa mengunduhnya di Play Store. Akan ada banyak fitur yang bisa dicoba saat kamu mengoperasikannya.

Beberapa fitur tersebut diantara yaitu filter, atur kecepatan video, ekspor video, menghapus watermark, merotasi video, menambahkan rekaman audio secara real time, dll. Jadi, jika kamu berencana untuk menjadi Youtuber dan Selebgram , kamu bisa menggunakan aplikasi yang satu ini.

LumaFusion


LumaFusion merupakan salah satu aplikasi untuk edit video yang diperuntukkan bagi pengguna iOS. Tingginya kualitas gambar dan keberagaman pilihan efeknya menjadi daya tariknya untuk memikat minat para penggunanya agar berlama-lama menggunakannya dalam membuat video animasi.

Apple iMovie


Aplikasi ini sudah secara otomatis terinstal pada pengguna Mac. Meskipun ia terlihat sederhana, tapi kegunaannya sudah memenuhi kualifikasi standar dalam dunia edit video animasi maupun video explainer.

Apple iMovie ini juga terintegrasi dengan platform audio dan media sosial. Sehingga kamu akan lebih puas dan mudah ketika ingin membagikan hasil karyamu ke akun-akun sosial mediamu. Apalagi aplikasi ini juga mampu melakukan render dengan kualitas tinggi.

Itulah beberapa software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk meng-edit video animasi dan video explainer. Kamu bisa memilih software sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Tapi pastikan pula bahwa aplikasi yang akan kamu gunakan support dengan perangkatmu.
Show Comments