Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Seleksi Beasiswa Calon Mahasiswa Baru Universitas Pertamina

Meneruskan pendidikan ke universitas adalah impian sebagian besar lulusan SMA. Namun, banyak yang terpaksa mengurungkan niatnya karena biaya pendidikan yang mahal. Padahal, ada cara agar bisa kuliah, yaitu memanfaatkan beasiswa S1 Jakarta.

Universitas Pertamina adalah salah satu perguruan tinggi yang konsisten mengadakan program beasiswa bagi para calon mahasiswanya. Jika ingin tahu info beasiswa 2022 yang diadakan oleh Universitas Pertamina, ikuti saja beritanya pada artikel ini.
 

Selayang Pandang Tentang Universitas Pertamina


Universitas Pertamina berdiri pada tanggal 1 Februari 2016 sebagai bentuk pelayanan PT. Pertamina (Persero) kepada masyarakat di bidang pendidikan. Universitas Pertamina berfokus terhadap kajian di bidang bisnis energi dan energi terbarukan.

Visi kampus ini adalah menjadi universitas yang masuk ke dalam peringkat kelas dunia (World Class University) di bidang bisnis dan teknologi energi. Demi mendukung visinya, Universitas Pertamina mengadakan kegiatan pembelajaran yang inovatif.

Universitas juga berkolaborasi dengan dunia industri, serta aktif mengikuti kegiatan tingkat nasional maupun internasional bagi mahasiswa dan pengajar. Hingga saat ini, Universitas Pertamina memiliki 15 program studi dan 6 fakultas, yakni:

  • Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, program studi Teknik: Geofisika, Geologi, Perminyakan.
  • Fakultas Teknologi Industri program studi Teknik: Elektro, Mesin, Kimia, dan Logistik.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yaitu program studi Manajemen dan Ilmu Ekonomi.
  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur, terdiri dari prodi Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan).
  • Fakultas Sains dan Ilmu Komputer (program studi Kimia dan Ilmu Komputer), dan
  • Fakultas Komunikasi dan Diplomasi (program studi Komunikasi dan Hubungan Internasional).

Sebagai langkah kontribusi dalam mencerdaskan bangsa, Universitas Pertamina memberikan kesempatan bagi para pemuda untuk bisa menempuh pendidikan tinggi yang berkualitas. Hal ini diwujudkan melalui pemberian beasiswa bagi mahasiswanya.
 

Syarat dan Cara Pendaftaran Beasiswa S1 Jakarta Universitas Pertamina


Syarat dan Cara Pendaftaran Beasiswa S1 Jakarta Universitas Pertamina

Universitas Pertamina menyelenggarakan berbagai program beasiswa yang bisa diambil untuk meringankan biaya saat kuliah. Jika berminat mengikuti program beasiswa yang diadakan Universitas Pertamina, pahami dulu syarat dan cara pendaftarannya berikut ini.
 

Syarat Peserta


Peserta yang ingin mengikuti Seleksi Beasiswa Calon Mahasiswa Baru Universitas Pertamina Tahun 2022/2023 harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Siswa/i aktif yang sedang belajar di semester terakhir dan akan dinyatakan lulus SMA pada bulan Juli tahun 2022.
  • Rata-rata nilai rapor mulai dari semester 1-5 minimal 75 dari nilai maksimal 100.
  • Lintas jurusan hanya bisa dipilih oleh siswa SMA jurusan IPA.
  • Peserta lulusan SMA tahun 2021 dan 2022 dapat mengikuti Beasiswa Generasi Juara, Beasiswa Ujung Negeri, dan Beasiswa Influencer.

Persyaratan Berkas


Calon peserta harus melengkapi berkas persyaratan Beasiswa Tahun 2022 yang dibutuhkan sebagai tahapan seleksi administrasi. Berkas-berkas tersebut adalah:

  • Scan surat keterangan/rekomendasi dari sekolah (templat telah disediakan oleh Universitas Pertamina)
  • Scan formulir pendaftaran dan pengajuan beasiswa yang telah diisi lengkap dan ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00 (formulir telah disediakan oleh Universitas Pertamina).
  • Scan transkrip nilai rapor semester 1-5 (templat telah disediakan oleh Universitas Pertamina);
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau fotokopi Kartu Tanda Siswa/Kartu Pelajar jika belum berusia 17 tahun.
  • Scan KTP orangtua/wali.
  • Scan Kartu Keluarga (KK).
  • Scan slip gaji orang tua/wali atau surat keterangan penghasilan dari kelurahan (asli) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).
  • Scan sertifikat prestasi bagi peserta yang mendaftar program Beasiswa Generasi Juara;
  • Scan bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) bagi peserta yang mendaftar program Beasiswa Ujung Negeri.

Tahap Seleksi


Ada beberapa tahapan seleksi beasiswa yang harus dilalui peserta, yaitu:

  • Seleksi berkas dan administrasi.
  • Ujian masuk (tes tertulis).
  • Tes psikologi, khusus pendaftar Beasiswa Karakter Unggulan dan Beasiswa Future Leaders, dan
  • Wawancara.
 

Jenis Beasiswa S1 Jakarta Universitas Pertamina


Universitas Pertamina menyelenggarakan berbagai program beasiswa untuk membantu para mahasiswanya memperoleh pendidikan tinggi yang terjangkau. Berikut adalah info beasiswa 2022 yang ditawarkan oleh Universitas Pertamina:
 

1. Beasiswa Influencer


Merupakan beasiswa bagi para influencer yang memiliki akun media sosial dengan konten bermanfaat dan mendidik. Syaratnya, influencer Instagram, Youtube atau Tiktok harus memiliki pengikut atau subscriber minimal 5.000 orang.

Peserta beasiswa ini akan mendapatkan pembebasan SPI. Pendaftaran Beasiswa Influencer dibuka mulai tanggal 29 Maret hingga 25 April 2022. Apabila hendak mengikuti seleksinya, silakan unduh formulir pendaftaran dan berkas kelengkapan di sini.
 

2. Beasiswa Ujung Negeri (BUN)


BUN ditujukan bagi para lulusan SMA atau sederajat dari Daerah Tertinggal berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 tahun 2020. Pendaftaran dibuka pada 29 Maret – 25 April 2022.

Beasiswa Ujung Negeri menawarkan berbagai manfaat, antara lain bebas SPI, bebas SPP dan mendapat uang saku selama 8 semester. Peserta juga mendapat fasilitas tinggal di asrama. Formulir pendaftaran dan berkas kelengkapan dapat diunduh di sini.
 

3. Beasiswa Future Leader


Diberikan kepada siswa/i lulusan tahun 2022 yang berjiwa pemimpin dan memiliki pengalaman berorganisasi selama menempuh pendidikan di SMA atau Sederajat.
 

4. Beasiswa Karakter Unggulan


Diberikan kepada siswa/i lulusan SMA atau sederajat tahun 2022 yang memiliki ciri khas dibandingkan sekolah lain.
 

5. Beasiswa Generasi Juara


Beasiswa Generasi Juara diberikan kepada siswa/i SMA atau sederajat lulusan tahun 2022 dan 2021 yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik.

Universitas Pertamina berkomitmen menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi. Mengadakan program beasiswa S1 Jakarta adalah langkah tepat yang dilakukan kampus ini untuk meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia.
Show Comments