Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Beasiswa Ujung Negeri dari Universitas Pertamina

Mendapatkan beasiswa S1 Jakarta tentulah hal yang menyenangkan. Bagaimana tidak, karena segala kemudahan terhadap akses pendidikan bisa didapatkan dengan mudah di kota ini.

Hingga kemudian, banyak anak hebat dari daerah yang ingin bisa bersekolah di kota besar seperti Jakarta, dan meninggalkan kampung halamannya. Hal ini bukanlah suatu yang baru. Karena faktanya, banyak pelajar merantau untuk pendidikan yang lebih tinggi.

Itulah mengapa, kemudian pemerintah melalui program pemerataan pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Harapannya adalah mengembangkan pendidikan dan pemberdayaan di daerah-daerah yang jauh dari pusat pemerintahan.

Seorang putri daerah Anna Petronela Matruty turut memberikan pendapat, bahwa dulu ketika ingin mendapat buku atau akses internet yang baik, dia harus pergi ke Sorong. Untuk satu kali perjalanan, biaya yang dikeluarkan mulai dari 100 hingga 200 ribu.

Bukankah ini hal yang cukup tragis? Namun kemudian, pada tahun 2016 pemerintah mulai meluncurkan program BBM Satu Harga. Dan siapa yang menyangka, jika program ini ternyata juga memberikan banyak dampak positif terhadap perekonomian warga?

“Namun setelah ada BBM Satu Harga, kini biaya yang dikeluarkan hanya kisaran 50 hingga 70 ribu rupiah saja”, ujarnya. Tentu saja ini adalah perbedaan yang sangat signifikan.

Tidak hanya itu saja, menurut Anna banyak sekali kontainer yang mangkrak di Pelabuhan Sorong. Padahal, kontainer tersebut bisa saja digunakan untuk kegiatan logistik keluar dan masuk ke Papua.

Dia juga menambahkan, jika Pelabuhan Sorong yang sekaligus menjadi gerbang transportasi laut di Papua Barat dan Papua, memiliki ukuran yang masih sempit.

Dengan keadaan yang demikian, Anna pun bertekad untuk membangun iklim pembangunan dan pendidikan yang berkualitas, juga mengoptimalkan segala sumber daya yang ada di daerah asalnya, Kabupaten Sorong. Satu langkah yang diperbuatnya adalah dengan melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Pertamina.

Tentu kita semua tahu, jika biaya hidup dan biaya pendidikan di Kota Jakarta tidaklah murah. Karenanya, Universitas Pertamina ini memberikan Beasiswa Ujung Negeri untuk Anna.

Beasiswa Ujung Negeri (BUN) adalah salah satu beasiswa S1 Jakarta untuk anak-anak yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) tadi. Beberapa keuntungan dari beasiswa ini adalah :

  • Pembebasan uang SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi)
  • Asrama
  • Pembebasan pembayaran SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan) hingga 100% selama 8 semester
  • Uang saku
  • Pembebasan biaya wisuda

Tentu saja beberapa poin di atas hanya sekian dari banyaknya keuntungan dari Beasiswa Ujung Negeri (BUN) ini. Sedikit informasi, bahwa tahun pendidikan 2022 2023 dana yang dikeluarkan untuk beasiswa ini sebesar 16 miliar rupiah!

Universitas Pertamina, Kampus Bisnis Energi untuk Semua Anak Negeri


Universitas Pertamina, Kampus Bisnis Energi untuk Semua Anak Negeri

Mari kita lihat bersama, mengapa Anna memilih melanjutkan pendidikannya di Universitas Pertamina ini.

Prodi (program studi) yang dipilih Anna adalah Studi Teknik Logistik. Salah satu alasan yang cukup menarik adalah, sebab dia ingin membantu pemerintah memperbaiki sistem logistik, khususnya di daerah asalnya (Kabupaten Sorong, Papua).

Sebagai kampus bisnis energi, ada beberapa pilihan Fakultas yang bisa teman-teman pilih, antara lain :

  • Fakultas Teknologi Industri
  • Fakultas Sains dan Ilmu Komputer
  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur
  • Komunikasi dan Diplomasi
  • Fakultas Teknik Eksplorasi dan Produksi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jika diperhatikan, program studi yang di semua fakultas ini sangat menunjang dan menjawab tantangan terhadap kebutuhan SDM yang melek teknologi serta memahami industri bisnis.

Perlu teman-teman ketahui, jika Universitas Pertamina ini bukanlah perguruan tinggi kedinasan. Perguruan tinggi ini, sepenuhnya berada di bawah Yayasan Pertamina sendiri.

Tidak hanya fokus pada pengembangan teknologi dan bisnis saja, kampus bisnis energi ini juga menawarkan program studi yang bergerak di bidang humaniora dan sosial juga.

Selain itu, agar bisa beradaptasi dan menghadapi World Class University serta Masyarakat Ekonomi ASEAN (MES), maka kampus ini juga menerapkan kegiatan belajar bilingual. Pada tahun kedua, kegiatan belajar mengajar akan menggunakan Bahasa Inggris.

Nah, untuk teman-teman yang juga ingin mendaftar di Universitas Pertamina tapi terkendala biaya, ada banyak pilihan beasiswa yang diberikan oleh perguruan tinggi.

Beberapa beasiswa di Universitas Pertamina adalah Beasiswa Influencer, Beasiswa Future Leaders, Beasiswa Generasi Juara, Beasiswa Karakter Unggulan, Beasiswa BAZMA Universitas Pertamina dan tentu saja Beasiswa Ujung Negeri.

Pendaftaran Beasiswa Ujung Negeri (BUN) di kampus bisnis energi ini dibuka mulai dari 29 Maret hingga 25 April 2022. Syarat dan ketentuan tentang beasiswa ini, bisa diakses di https://beasiswa.universitaspertamina.ac.id/. Selamat bergabung, ya!!
Show Comments