Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

6 Hal Persiapan Masuk Universitas Tarumanegara

Mahasiswa baru menjelang masuk kuliah pertama sering mengalami kebingungan. Banyak perbedaan yang akan dirasakan bagi mahasiswa baru. Persiapannya berbeda sekali ketika masuk sekolah dulu. Apalagi mengambil kuliah di Universtias Tarumanegara yang berada di Jakarta.
 
Universitas Tarumanegara

Universitas Tarumanegara merupakan salah satu kampus swasta tertua di Jakarta. Banyak alumninya menjadi orang sukses antara lain Taufik Hidayat, Tina Toon, Jusuf Hamka, dan masih banyak lagi.

Kampus yang sudah berakredetasi A dari BANPT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Melikiki fasilitas kampus yang memadai. Dari perpusatakan sampai gedung olahraga indoor yang layak.

6 Hal Persiapan Masuk Universitas Tarumanegara


6 Hal Persiapan Masuk Universitas Tarumanegara

Tidak hanya untuk mahasiswa rantau, yang berasal daerah Jakarta dan sekitarnya pun harus mempersiapkan dengan matang. Sebagai awal menjadi mahasiswa pasti bingung harus bagaimana. Baca info di bawah ini agar awal masuk kuliah menyenangkan.

1. Siapkan Mental yang Kuat


Pertemanan bukan lagi orang yang satu daerah. Mahasiswa akan bertemu dengan latar belakang yang berbeda. Terutama berbeda asal dan budaya. Hal ini mengharuskan mahasiswa harus kuat mental dalam menghadapi culture shock.

Selain lingkungan teman yang berbeda. Bagi mahasiswa rantau harus siap hidup sendirian tanpa bantuan keluarga di sampingnya. Siapkan mental yang kuat agar bisa menghadapi awal-awal menjadi mahasiswa.

2. Cari Tempat Tinggal yang Nyaman


Untuk mahasiswa sekitar Univ Tarumanegara mungkin tidak masalah tentang tempat tinggal. Namun, bagi mahasiswa luar daerah harus hati-hati dalam memilih hunian. Di sekitar Universitas Tarumanegara banyak pilihan tempat tinggal yang cocok untuk mahasiswa.

Bisa sewa kamar, rumah, atau apartemen. Itu semua tergantung keuangan masing-masing. Kalau bisa bersama teman-teman satu daerah lebih baik. Agar membetahkan dulu tinggal di kota baru.

3. Jadilah Mahasiswa yang Aktif


Setelah menjadi mahasiswa tidak ada lagi bermanja-manja. Mahasiswa dituntut aktif bertanya, beraktifitas, maupun menggali ilmu lebih dalam. 

Tidak ada lagi buku acuan yang sama. Semua mahasiswa boleh memiliki buku yang berbeda untuk satu mata kuliah. Tugas-tugas kampus pun harus tidak ada yang mengingatkan kecuali diri sendiri dan aktif bertanya dengan teman.

Jika pasif menjadi mahasiswa akan ketinggalan banyak info. Sebaiknya aktif mencari informasi di bagian kemahasiswaan, aktif berorganisasi, dan aktif berteman. Bertanyalah pada senior maupun teman-teman untuk urusan kampus.

4. Kenali Jurusan yang Dipilih


Masuk dunia kampus sangat berbeda dengan sekolah. Gali informasi sebanyak mungkin tentang jurusan yang dipilih dan lingkungan kampus.

Perbedaan yang mencolok adalah urusan pengambilan mata kuliah. Kalau sekolah dulu sudah diberikan jadwal dan mata pelajaran yang akan didapatkan. Jika kuliah pilih sendiri mata kuliah, dosen yang mengajar, dan jam kuliah.

5. Perbanyak Pertemanan


Tidak semua teman sekolah akan selalu bersama. Biasanya akan ada grup jurusan yang dibuat oleh senior. Dari grup ini cobalah untuk saling berkenalan. Carilah pertemanan yang cocok agar bisa berteman dengan nyaman.

Pertemanan dalam kampus sangat berpengaruh perkuliahan. Cari teman yang mau melakukan kegiatan positif misalnya, belajar bersama, organisasi, pengabdian, belajar usaha dan lain sebagainya. Bertemanlah yang akan membawa prestasi kuliah maupun prestasi skill.

6. Siapkan Peralatan & Perlengkapan Kuliah


Sebelum masuk kuliah, siapkan peralatan dari alat tulis, gadget, dan buku mata kuliah. Perlu juga untuk mengatur pakain untuk ke kampus. Karena kampus tidak ada seragam khusus seperti sekolah. Jadi harus siapkan pakaian yang sopan dan sesuai dengan jurusan.

Itulah 6 persiapan untuk masuk kuliah termasuk ke Univ Tarumanegara. Tidak hanya hal-hal yang berusan dengan perkuliahan, tapi mempersiapkan diri yang lebih utama. 

Jiwa yang kuat dan siap menghadapi perubahan di lingkungan baru. Tapi tenang saja biasa akan ada senior-senior yang baik atau teman-teman yang saling membantu.

Universitas Tarumanegara menjadi favorit kampus swasta karena masuk 3 besar kampus terbaik yang ada di Jakarta. Perbanyak informasi kampus untuk mendapatkan fasiltias yang oke. 

Misalnya mendapatkan beasiswa, terutama mahasiswa yang berprestasi bisa mendapatkan beasiswa. Jadi tidak heran yang mempersiapkan dari awal untuk belajar giat.

Mari siapkan perkuliahan di Univ Tarumanegara yang nyaman dan menyenangkan. Buatlah prestasi yang bisa dibanggakan oleh semua orang.
Show Comments