Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Cara Membuka Toko Online di Blibli.com

Teknologi informasi makin berkembang pesat, gaya hidup masyarakat pun banyak mengalami perubahan dan salah satunya adalah cara mereka berbelanja.

Sekarang ini masyarakat lebih suka belanja online, sebab pilihan barang yang disediakan jauh lebih banyak dan beragam, ditambah dengan harga yang sangat bersaing dengan harga di pasar offline. Para pedagang juga banyak mencari cara membuka toko online.

Memiliki toko online juga menjadi trend baru di kalangan para pedagang, apalagi sekarang banyak marketplace yang menyediakan wadah bagi para pedagang membuka toko mereka di sana. 

Salah satunya adalah Blibli.com yang sudah memiliki pengalaman di bidang penjualan online. Tak heran jika kemudian banyak orang yang memutuskan untuk membuka toko online mereka di Blibli.

Apalagi Blibli juga memberikan peluang bisnis yang sangat besar bagi Anda, para pebisnis di era digital yang ingin mengembangkan usahanya. Banyak yang mengira jika cara membuka toko online di Blibli sedikit sulit, tetapi pada kenyataannya tidak sesulit itu.

Cara Membuka Toko Online yang Mudah


Cara Membuka Toko Online yang Mudah

Bagi Anda yang berencana untuk membuka toko online di Blibli.com, baiknya mempelajari syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Tujuannya supaya Anda tidak akan kesulitan untuk mulai berjualan secara online. Setelah membacanya dengan saksama, maka Anda bisa mencoba cara membuka toko online di Blibli.com berikut ini:

1. Kunjungi Website Blibli Terlebih Dahulu


Hal pertama yang wajib Anda lakukan sudah tentu mengunjungi websitenya terlebih dahulu, dan pastikan Anda menggunakan komputer atau laptop saat membuka toko online. 

Anda juga diperbolehkan untuk menggunakan smartphone, namun dikhawatirkan prosesnya sedikit rumit karena sulit melihat tampilan situs di layar smartphone yang kecil. Untuk login, Anda bisa memilih via website atau bisa dengan mengunduh aplikasinya di Playstore.

2. Buatlah Akun Blibli Anda


Setelah Anda diarahkan ke dalam laman yang Blibli miliki, maka Anda tinggal membuat akun saja. Caranya dengan klik pada tombol ‘Daftar Sebagai Penjual’, nantinya Anda harus mengisi beberapa macam isian yang berhubungan dengan idenititas Anda dan toko yang akan Anda miliki.

3. Pengisian Informasi Akun


Sekarang Anda akan beralih pada pengisian informasi yang berhubungan dengan akun, misalnya saja kata sandi, username dan juga nama akun Anda. 

Tips, untuk kata sandi baiknya memilih kombinasi angka dan huruf yang rumit, namun mudah untuk Anda ingat.

Pada bagian ini juga Anda harus memasukkan nomer telepon dan juga KTP. Supaya lebih mudah untuk melakukan verifikasi data, Anda harus mengunggah foto tanda pengenal.

4. Isi Informasi Toko Anda


Bila semua pengisian informasi akun pribadi sudah diisi, maka sekarang beralih pada informasi toko yang Anda buat. Contoh informasi yang harus Anda isi misalnya adalah alamat toko, nomor telepon toko yang bisa dihubungi dan sebagainya.

5. Bacalah Perjanjian Komisi


Setelah semua daftar isian sudah selesai diisi, maka cobalah bergerak ke bawah dan lihat ada pernyataan yang harus Anda ceklist. Itu adalah persetujuan Perjanjian komisi antara Anda dengan perusahaan, yaitu Blibli. Jangan langsung diceklis, melainkan dibaca terlebih dahulu supaya Anda paham pembagian profitnya.

6. Isilah Nomor Rekening


Di laman berikutnya, ada kolom untuk mengisi nomor rekening lengkap dengan nama bank yang Anda gunakan. Lakukan dengan baik dan teliti, supaya tidak ada kesalahan input nomor. Bukan hanya rekening saja, namun juga nomor NPWP. Untuk verifikasi online, Anda harus memasukkan foto NPWP juga.

7. Verifikasi


Setelah Anda melalui semua langkah di atas, maka Anda akan melewati tahapan verifikasi. Namun waktu verifikasi antara satu toko dengan toko lainnya bisa berbeda, itu karena membutuhkan beberapa hari kerja dalam melakukan sinkronisasi data para pengguna. Tapi setelah toko Anda diverifikasi, maka akan muncul pemberitahuannya lewat email.

Pada masa verifikasi ini, Anda belum bisa mengunggah foto apapun. Jadi Anda tetap harus menunggu akun terverifikasi terlebih dahulu. Segera setelah akun mendapatkan izin berjualan, maka Anda bisa segera mengunggah semua produk dan mulai berjualan secara online

Demikian adalah cara membuka toko online di Blibli.com, semoga bermanfaat.

Show Comments