Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Tips Memilih Partisi Kantor untuk Perusahaan

PortalBelajar.com - Setiap perusahaan tentu menginginkan kinerja karyawan yang maksimal. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memberikan ruang privasi untuk bekerja. Di sinilah partisi kantor memiliki peran penting tersebut. 

Dengan partisi ini, para karyawan bisa mendapatkan ruang kerja privat dan bisa lebih fokus dalam bekerja tanpa harus banyak terkena gangguan dari luar.

Keuntungan Menggunakan Partisi Kantor


Tips Memilih Partisi Kantor untuk Perusahaan

1. Hemat biaya


Keuntungan yang sangat terasa adalah dapat menghemat biaya. Jika dibandingkan dengan membuat dinding permanen, penggunaan partisi ini jauh lebih hemat. Apalagi partisi ini bersifat portabel sehingga mudah untuk dipindah ke ruangan lain jika ada keperluan tertentu seperti renovasi dan lain-lain. Biaya ini kemudian bisa digunakan untuk kepentingan perusahaan lain.

2. Memberikan privasi untuk karyawan


Jika poin pertama berkaitan dengan keuangan perusahaan, poin berikutnya adalah mengenai tingkat produktivitas karyawan. Beberapa karyawan mungkin akan jauh lebih produktif jika memiliki tempat kerja yang bisa menjaga privasi mereka. Partisi ini adalah jawabannya. Meski berada di ruang yang sama, dengan partisi ini seorang karyawan tetap bisa mendapatkan privasi yang dibutuhkan dalam bekerja.

Jenis-Jenis Partisi untuk Kantor


1. Partisi kaca


Partisi kaca adalah yang paling populer digunakan di perusahaan saat ini. Selain karena mudah dibersihkan, partisi kaca juga memiliki desain yang paling banyak dibandingkan dengan jenis partisi lainnya. Namun, partisi ini kurang cocok untuk karyawan yang membutuhkan privasi dalam bekerja karena akan mudah membuyarkan konsentrasi. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa memilih partisi kaca yang bersifat buram.

2. Partisi bilik


Sesuai namanya, partisi ini memiliki bentuk seperti bilik. Jenis partisi ini banyak digunakan karena selain nyaman dan sangat privat, partisi bilik juga fleksibel dan mudah untuk diubah posisinya. Hal ini sangat cocok untuk karyawan yang mudah bosan dengan struktur ruang kerja mereka. Biasanya partisi bilik memiliki 4 dinding dan sebuah pintu untuk keluar masuk ruangan.

Tips Memilih Partisi Kantor yang Tepat


1. Memilih tingkat fleksibilitas yang tepat


Ada beberapa jenis partisi yang bisa dipilih, mulai dari yang paling mudah dipindahkan, semi permanen, dan juga permanen. Hal ini perlu dipikirkan matang-matang karena setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda menginginkan fleksibilitas yang lebih, maka partisi portable adalah pilihan yang tepat.

2. Memilih desain yang tepat


Walaupun fungsi utama dari partisi adalah memberikan ruang privasi untuk karyawan, namun tidak sedikit juga yang menggunakannya sebagai alat untuk mempercantik interior. Oleh sebab itu, cukup penting untuk memilih desain partisi yang tepat sesuai dengan karakter perusahaan. Partisi kaca adalah salah satu jenis partisi yang mempunyai banyak pilihan desain.

3. Menentukan ketinggian partisi


Ketinggian partisi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kantor. Beberapa kantor mungkin tidak membutuhkan partisi yang terlalu tinggi untuk kepentingan komunikasi dengan karyawan yang lain. Namun, di sisi lain ada juga yang lebih membutuhkan partisi tinggi hingga langit-langit untuk memberikan ruang kerja yang lebih privat.

4. Menyesuaikan dengan budget


Meski memakan biaya yang lebih sedikit dibandingkan membangun tembok permanen, bukan berarti biaya yang dikeluarkan sedikit. Tetap saja pemasangan partisi membutuhkan sejumlah biaya sehingga partisi yang dipilih harus benar-benar sesuai dengan budget yang disediakan. Jangan sampai perusahaan membeli partisi dengan biaya di atas budget karena akan mempengaruhi keuangan perusahaan secara signifikan.

Yang jelas, Anda harus membeli partisi untuk kantor ini dari penyedia yang sudah terbukti kualitasnya, salah satunya adalah arkadiafurniture.co.id. Selain harga yang terjangkau, di sana Anda bisa mendapatkan partisi berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Show Comments