Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Gangguan Saraf Tepi, Penyebab dan cara menyembuhkannya

PortalBelajar.com - Apakah penyakit saraf tepi bisa disembuhkan? Jawabannya adalah Bisa! Tetapi sebelum kita bahas bagaimana caranya, lebih jelas kita harus mengenal latar belakang dan penyebabnya terlebih dulu.

Gangguan saraf tepi yang sering kita rasakan biasanya berupa kesemutan, kram, kebas, atau beberapa kesakitan lain yang terasa pada pergelangan tangan dan kaki. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa datang dari pola hidup yang kurang sehat atau bisa juga dari penyakit tertentu.

Kerusakan sistem saraf tepi (Neuropati Perifer)


Kerusakan sistem saraf tepi (Neuropati Perifer)
Neuropati Perifer

Gejala di atas adalah contoh penyakit saraf yang terjadi karena neuropati perifer. Letaknya berada di otak dan saraf tulang belakang. Jauh di luar sistem saraf pusat. Karena kerusakan sistem saraf tepi itulah anggota gerak seperti tangan, tungkai tangan, kaki dan bagian jari-jari akan mengalami kesakitan.

Penyebab gangguan saraf tepi


Gangguan saraf tepi bisa berasal dari aktivitas sehari-hari. Bisa juga karena cedera, kekurangan vitamin B, keracunan, karena mengonsumsi obat tertentu atau karena Diabetes.

1. Aktivitas sehari-hari


Seringnya gangguan saraf terjadi ketika Anda melakukan aktivitas sehari-hari yang terbilang berlebihan. Sebagai contoh, Anda menggunakan jari untuk mengetik dalam waktu yang cukup lama. Karena aktivitas belebihan itu, terjadi peradangan di otot atau ligmen di pergelangan tangan.

2. Cedera


Kaki terkilir, mengalami kecelakaan kerja, jatuh dari kendaraan sampai patah tulang atau kecelakaan lainnya. Persitiwa-peristiwa tersebut seringnya akan membentuk trauma fisik dan menyebabkan kerusakan saraf tepi.

3. Kekurangan Vitamin B


Untuk Anda yang tidak pernah melakukan aktivitas fisik berlebihan. Bahkan sama sekali belum pernah mengalami cedera. Masih ada kemungkinan akan mendapatkan penyakit ini, jika ternyata Anda memiliki tubuh yang kurang asupan Vitamin B.

4. Penyakit Diabetes


Tingginya kadar gula darah yang dimiliki oleh penderita diabetes menyebabkan penderitanya akan mudah mendapatkan juga gejala gangguan saraf tepi.

5. Mengkonsumsi obat tertentu


Beberapa obat untuk menjalankan kemoterapi juga bisa menyebabkan seseorang menderita kerusakan sistem saraf tepi.

Cara menyembuhkan gangguan saraf tepi


Apakah penyakit saraf bisa disembuhkan apabila kita terlanjur mengalaminya? Jawabannya adalah bisa! Berikut ini cara mengobati penyakit saraf tepi berdasarkan penyebabnya.

1. Lakukan peregangan dan istirahat di sela melaksanakan aktivitas sehari-hari


Aktivitas sehari-hari seperti mengetik dan gerakan tangan lainnya bisa saja tidak mengakibatkan nyeri pada saraf. Asalkan, dilakukan dengan teknik yang benar. Sebelum memulai aktivitas, sebaiknya lakukan peregangan terlebih dahulu, jangan lupa untuk memberikan otot dan saraf istirahat di sela-sela aktivitas.

2. Pola hidup yang sehat


Mengubah pola hidup sangat disarankan untuk mengurangi gangguan neuropati perifer. Terapkan pola maka yang memiliki gizi seimbang, olahraga teratur, hindari minuman bersoda dan beralkohol, dan sebisa mungkin untuk menjaga berat badan tetap ideal. Jika itu dilakukan, penyakit-penyakit tertentu penyebab gangguan saraf ini bisa saja berkurang gejalanya.

3. Mengonsumsi vitamin B


Mengonsumi obat atau suplemen yang mengandung vitamin B1, B6 dan B12 bisa dilakukan untuk mengurangi dan menyembuhkan gangguan sistem saraf tepi. Efek samping yang bisa ditimbulkan dari mengonsumsi vitamin tersebut terbilang relatif kecil. Jadi masih aman, tetapi sangat disarankan untuk mengonsumsi sesuai dengan resep dokter.

4. Minta dokter mengganti obat kemoterapi


Jika obat-obatan yang diberikan ketika kemoterapi memberikan efek sakit pada pergelangan, atau lebih tepatnya gejala penyakit saraf tepi. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penggantinya.

5. Alat pelindung diri untuk menghindari kecelakaan


Kecelakaan sebetulnya bisa dihindari dengan mengenakan alat pelindung diri. Misal ketika sedang bekerja, untuk menghindari kaki terpeleset, Anda bisa menggunakan sepatu yang aman.

Itulah latar belakang, penyebab dan cara mengobati penyakit sistem saraf tepi. Sangat disarankan untuk tidak membiarkan gejala kerusakan saraf, apabila terasa terus-terusan segera hubungi dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.
Show Comments