Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Daftar Sayuran dan Buah Berserat Tinggi

PortalBelajar.com - Serat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yang bermanfaat menyerap air sehingga membuat feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan, mengenyangkan perut lebih lama dan juga terkandung dalam buah dan sayuran yang lezat rasanya. 

Ada banyak sayuran berserat tinggi dan buah-buahan yang berserat tinggi, mudah ditemukan di sekitar dengan harga yang sangat terjangkau.

8 Sayuran dan Buah Berserat Tinggi


8 Sayuran dan Buah Berserat Tinggi

Berikut adalah beberapa macam sayuran dan buah yang seratnya tinggi, silahkan disimak:

1. Wortel

Sayuran berserat tinggi yang pertama adalah wortel, identik sebagai sayuran yang bagus sekali untuk kesehatan mata dan ternyata juga memiliki serat yang terbilang tinggi, yaitu 2,8 gram untuk setiap 100 gram wortel segar.

Angka ini sangat fantastis, apalagi kalorinya juga  hanya 41 kkal per 100 gram wortel loh! Tidak hanya berhenti di situ, sebab wortel juga diketahui mengandung  zat antioksidan yang disebut beta-karoten. Jadi beta-karoten ini akan diubah jadi vitamin A dan manfaatnya luar biasa untuk kesehatan mata Anda.

2. Bit merah

Sama halnya dengan wortel, beetroot atau bit merah yang merupakan umbi ini seratnya tinggi juga. Dalam setiap 100 gram buah bit, Anda akan dapatkan 2,8 gram serat dan kalorinya juga amat rendah yaitu cuma 43 saja.

3. Brokoli

Ingin diet untuk menurunkan berat badan? Atau ingin menambah asupan nutrisi yang lebih banyak? Maka Anda bisa mencoba brokoli.

Sebab bukan hanya membantu menurunkan berat badan saja, namun juga membantu tubuh menjadi lebih sehat lagi dengan serat sebesar 2,6 gram dalam setiap 100 gram brokoli, sementara kalorinya hanya 35 saja.

Protein yang terkandung dalam brokoli juga cukup tinggi bila dibandingkan dengan sayuran lainnya yang hanya sekitar 2,4 gram saja.

4. Kubis brussel

Brussel sprout atau kubis brussel memang ukurannya kecil-kecil, namun serat yang ada di dalamnya malah sangat tinggi lho. Sebanyak 2,6 gram serat terkandung dalam 100 gram brokoli. 

Untuk kalorinya pun terbilang rendah sekali, yakni hanya 36 kkal dalam 100 gram brokoli. Luar biasa, bukan?

5. Apel

Apel adalah salah satu jenis buah yang paling populer di Indonesia, mudah sekali untuk ditemukan dan harganya juga cukup terjangkau. 

Buah apel sendiri memiliki serat yang banyak, kandungan serat di dalamnya sekitar 4.4 gram serat dan ada juga pektin yang fungsinya untuk mengurangi kolesterol dalam darah.

6. Alpukat 

Buah alpukat juga banyak kandungan seratnya, jadi bukan hanya cocok untuk perawatan kecantikan saja namun juga bisa dikonsumsi untuk mencegah kolesterol tinggi. 

Alpukat yang mengandung lemak tak jenuh, baik sekali untuk menjaga kesehatan jantung, sebab bisa membantu menurunkan kolesterol.

7. Pisang

Bukan hanya buah alpukat saja, namun buah pisang juga memiliki kandungan serat yang banyak. Buah pisang bisa membantu untuk mengenyangkan lebih lama, menurunkan kadar kolesterol, dan dalam sebuah pisang ukuran sedang, ada 3,1 gram serat yang baik untuk tubuh.

8. Jambu Biji Merah

Siapa yang tak kenal dengan si jambu merah? Biasanya digunakan untuk menaikkan trombosit, namun juga bisa memenuhi kebutuhan serat untuk tubuh. 

Dalam 100 gram buah jambu biji, terkandung sebanyak 7.3 gram serat yang sehat .

Itulah dia sayuran berserat tinggi dan buah-buahan yang tinggi seratnya, Anda harus mengonsumsinya setiap hari demi mendapatkan hasil yang paling maksimal, khususnya bagi yang ingin menurunkan berat badan, juga menurunkan kadar koleserol.

Show Comments