Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

4 Ide Kegiatan Seru Anak Di Masa Pandemi

Portalbelajar.com - Hingga saat ini, semua orang masih harus menghadapi masa pandemi. Alih-alih membaik, terus bermunculannya jenis virus baru justru membawa ketakutan lain bagi siapa saja. Kondisi ini tentu semakin mengkhawatirkan, khususnya bagi para orang tua. Selain dapat mempengaruhi pendidikan, perkembangan si kecil pun dapat mengalami keterlambatan jika terabaikan selama pandemi.

Kabar baiknya, menteri pendidikan Indonesia telah merancang kurikulum darurat, di mana nilai akademis bukan menjadi fokus utama saat ini melainkan keselamatan anak. Keselamatan yang dimaksud tentu berupa jiwa dan mental yang sehat. Kemunculan virus baru ini tentu tak bisa dianggap remeh, khususnya bagi anak-anak.

4 Ide Kegiatan Seru Anak Di Masa Pandemi

Demi menjamin kesehatan mental dan jiwa anak, tak ada salahnya untuk membangun suasana menyenangkan di rumah. Pasalnya, saat ini rumah menjadi satu-satunya wadah untuk anak bereksplorasi. Tentunya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di rumah. Ayo cari tahu ide kegiatan seru anak untuk dilakukan di rumah saat pandemi berikut.

Membuat prakarya seni bersama


Jika diperhatikan, tumpukan barang tidak terpakai tentu bisa dengan mudah Anda temukan di rumah. Agar tetap berfungsi, cobalah untuk memanfaatkannya bersama anak. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kardus bekas untuk dijadikan sebuah prakarya baru. Mulai dari mewarnainya, hingga membentuknya menjadi mobil-mobilan dapat dilakukan hanya dengan kardus bekas.

Selama berkegiatan, biarkan anak bereksplorasi tanpa Anda interupsi. Selain dapat meningkatkan daya kreativitasnya, anak juga dapat melepaskan emosinya melalui prakarya tersebut.

Bermain aneka peran


Dibanding terus-menerus memberi anak gadget, tak ada salahnya mengajak si kecil bermain peran. Tentunya, Anda harus turut terlibat agar imajinasi anak semakin berkembang. Agar lebih menyenangkan, menggunakan berbagai atribut pendukung pun bisa Anda lakukan.

Saat memilih peran, pastikan anak memiliki minat terhadap hal tersebut. Dengan begitu, si kecil akan langsung terdorong untuk terlibat dalam perannya. Ikuti setiap alur yang anak buat dan cobalah untuk memberikan sikap yang ekspresif. Kegiatan ini diharapkan juga mampu menanamkan nilai ataupun aturan bagi anak.

Bercocok tanam di halaman


Keluar sejenak tentu tak ada salahnya, terutama di halaman rumah. Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan tak lain adalah bercocok tanam. Popularitas tanaman di masa pandemi memang cukup meningkat. Selain mampu membawa suasana baru di rumah, tanaman juga dapat menyehatkan lho.

Jika tertarik, Anda pun bisa mengajak serta si kecil dalam bercocok tanam. Agar aman, siapkan lebih dulu peralatan khusus si kecil. Selanjutnya, Anda bisa mendeskripsikan satu per satu kegunaan tanaman, tanah, pupuk, dan lain sebagainya untuk pengetahuan anak. Dengan begitu, anak akan mengenal hal baru meski di rumah.

Menyusun strategi belajar yang menyenangkan


Bagi anak yang lebih besar, cobalah untuk tetap membuat jadwal rutin belajar. Agar lebih terfokus, Anda pun tetap bisa mendaftarkan anak ke sekolah. Meski begitu, cobalah memilih institusi pendidikan terbaik khususnya yang menawarkan proses belajar menyenangkan saat pandemi.

Ya, sistem pembelajaran memang masih berlangsung di rumah. Namun, institusi pendidikan pun tetap aktif memberi arahan agar anak tetap aktif belajar. Agar tak salah pilih, Sampoerna Academy bisa menjadi tujuan terbaik.

Saat ini Sampoerna Academy telah menyiapkan sekolah virtual yang ramah anak. Dengan tetap mengedepankan metode STEAM (science, technology, engineering, arts, and math), ada pula metode lain yang akan mendukung proses belajar di rumah.

Mulai dari penyediaan peralatan serta perlengkapan belajar sesuai jenjang sekolah, komunikasi berkala, hingga ekskul online menjadi rencana pembelajaran virtual di Sampoerna Academy. Jadi, anak bisa tetap mengenyam pendidikan di rumah dengan menyenangkan.

Tunggu apalagi, ayo segera susun kegiatan seru bersama agar membentuk kesehatan mental dan jiwa anak. Selamat beraktivitas!
Show Comments