Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

5 Cara Mengobati Batuk yang Membandel pada Anak dan Bayi

Batuk pilek menjadi penyakit yang sering menimpa anak dan bayi. Pilek pada bayi ini disebabkan oleh imunitas mereka yang belum sematang orang dewasa. Sehingga lebih mudah terjangkit virus atau mikroba patogen sebab tubuhnya perlu adaptasi.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya batuk bukan sebuah penyakit yang perlu dibasmi, melainkan itu adalah mekanismenya tubuh mempertahankan diri. Misal ada virus yang mulai masuk maka batuk dan pilek menjadi gerbang awal untuk menghadangnya.

Sehingga kunci dari cara mengatasi batuk pada bayi adalah dengan mendukung tubuhnya untuk menyelesaikan misi mempertahankan kestabilan tubuh agar tetap sehat. Percayai bahwa tubuh manusia diciptakan sepaket dengan mekanisme menyembuhkan dirinya.

Jadi sebaiknya sebelum berpikir obat farmasi apa yang cocok untuk mengatasi batuk pada bayi dan anak, memperbaiki mindset soal sakit itu sendiri menjadi sebuah kunci. Bila Anda tertarik bahasan ini mungkin bergabung dengan pafipalembangkota.org dapat menjadi opsi.

Cara mengobati Batuk Pilek pada anak


Cara mengobati Batuk Pilek pada anak

Setiap orangtua tentu sangat tidak menginginkan anaknya sakit apalagi bayi pilek, sehingga dalam hal ini mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati. Namun bila terlanjur sakit tentu perlu mengambil langkah untuk berusaha membantu tubuh melawan penyebab batuk pilek ini.

1. Istirahat


Salah satu cara mengobati batuk pada anak yang pertama yaitu dengan istirahat. Istirahat merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain sebab ini hak tubuh, juga tubuh akan mudah meregenerasi berbagai sel baru termasuk untuk melawan peradangan atau inflamasi.

2. Rehidrasi tubuh


cara mengatasi pilek pada bayi atau anak berikut nya yaitu pastikan kebutuhan minumnya terpenuhi. Penyebab banyaknya kasus kematian bayi yang sakit yaitu sebab kondisi dehidrasi. Sehingga anak sehat maupun sakit, memastikan asupan cairan harian terpenuhi merupakan kunci.

3. Stop makanan pemicu inflamasi


Terjadinya inflamasi atau peradangan bukan begitu saja secara acak atau nasib sial. Namun ada sebab-sebab di balik ini. Salah satu penyebab sakit yaitu makanan yang kita konsumsi. Beberapa diantaranya yaitu makanan ultra process food (UPF).

Makanan ultra process food / UPF adalah makanan olahan pabrik yang telah mengalami berbagai pemrosesan yang panjang sehingga ditambahkan berbagai pengawet, penstabil, penguat rasa, pewarna buatan dan lain sebagainya. Sehingga memakan makanan ini akan turut memperburuk batuknya.

4. Makan real food


Selain menghindari makanan pemicu peradangan, mengusahakan untuk memberikan hak nutrisi pada tubuh juga menjadi kunci penting. Salah satunya dengan makan real food, atau makanan asli dari alam. Seperti protein hewan, sayur, buah, umbi dan lain sebagainya.

Tubuh yang memiliki cukup nutrisi akan lebih mudah proses penyembuhannya sehingga waktu untuk melawan virus jadi lebih cepat. Dan gizi pada makanan asli tidak dapat disaingi dengan gizi sintetik yang ditambahkan pada makanan prosesan atau UPF.

5. Minum obat alami


Jika dengan berbagai langkah di atas tak kunjung sembuh, maka ikhtiar dengan obat alami juga dapat dilakukan. Beberapa contoh obat alami batuk yaitu jeruk nipis, madu, daun mint, nanas, cuka apel, jahe dan rimpangan lainnya,

Itulah ke 5 cara mengobati batuk pada bayi dan anak yang dapat Anda praktikkan. Bila Anda ingin diskusi lebih lanjut bersama komunitas ahli farmasi terkait hal ini, Anda dapat ikut bergabung dengan Pafi.
Show Comments