Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Apa itu Agree Telkom? Dampak Positifnya untuk Pertanian

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih dapat digunakan untuk meningkatkan sektor pertanian. Melalui platform agree telkom akan dibentuk sebuah IoT untuk mendukung perkembangan sektor pertanian.

Hal itu juga didukung penuh oleh DAB Subur yang berkembang dalam sektor pertanian serai wangi. Belum banyak yang tahu akan platform agree telkom. Tentunya, hal tersebut disebabkan masih banyak para petani yang belum terbuka akan perkembangan teknologi internet.

Bisa dikatakan bahwa platform yang dibangun oleh Leap Telkom Digital ini membagikan beragam informasi yang berkaitan dengan sektor pertanian. Para petani tersebut cenderung menggunakan cara lama untuk mengembangkan berbagai produk pertanian mereka.

Bahkan, jika menggunakan IoT dalam pertanian bisa meningkatkan hasil panen para petani. Salah satu produk Telkom yang bekerja sama dengan agroobot adalah agroscan. Dengan IoT ini maka,para petani akan bisa tahu kadar unsur hara dalam tanah tersebut. Jadi, bisa antisipasi jika kandungan unsur hara tidak memenuhi.

Disamping itu, produk Telkom ini juga memberikan segenap keuntungan bagi para petani. Sehingga, para petani bisa bercocok tanam dengan cara terbarukan. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan hasil panen sektor pertanian.
 

4 Dampak Positif Agree Telkom Bagi Pertanian


Dampak Positif Agree Telkom Bagi Pertanian

Internet of thing telah banyak digunakan dalam berbagai bidang, tidak terkecuali pertanian. Berikut dibawah ini merupakan deretan keuntungan menggunakan produk agree Telkom Indonesia, yaitu sebagai berikut :

Dapat Cek Kadar Unsur Hara


Salah satu produk yang bisa membangun sektor pertanian adalah agroscan. Dengan adanya IoT ini para petani bisa menganalisa kadar unsur hara dalam tanah. Dengan begitu, kadar unsur hara akan tetap tercukupi.

Dapat dipastikan dengan unsur hara terpenuhi maka, tanaman akan tumbuh subur. Sehingga, hasil panen yang dihasilkan pun akan berlimpah. Apabila, unsur hara dalam tanah tersebut kurang cukup dapat diakali dengan pemberian pupuk.

Menjamin Produk Pertanian Terjual Dengan Harga Yang Cocok


Kini, banyak para petani yang mengeluhkan bahwa hasil panen mereka ditawar dibawah harga pasar. Tentunya, hal tersebut tidak sebanding dengan modal awal untuk menanam tanaman tersebut. Hal itu, juga berdampak pada penurunan kesejahteraan para petani.

Oleh karena itu, agree telkom juga menyediakan agree partner. Jadi, petani dapat menjual hasil panennya pada partner platform tersebut dengan harga yang pantas. Dengan agree partner pun kebutuhan para petani juga dapat terbantu.

Dengan program agree partner aktivitas pada lahan pertanian juga akan terkontrol. Para petani akan dipandu bagaimana supaya lahan pertanian tetap produktif dan menghasilkan tanaman yang baik dan layak untuk diperjualbelikan.

Identifikasi Lahan Dengan Cepat


Dengan adanya berbagai produk agree telkom akan memiliki dampak positif bagi petani. Salah satu produk Telkom yang perlu diterapkan pada para petani adalah agree smart farming.

Dengan produk IoT tersebut petani tidak akan kesulitan untuk mengidentifikasi lahan tersebut cocok untuk ditanami tumbuhan apa. Selain itu, dengan agree smart farming para petani juga bisa menentukan jenis pupuk yang sesuai.

Tentunya, hal tersebut dapat mengantisipasi untuk gagal panen karena ketidakcocokan antara jenis lahan dan tanaman yang dibudidaya. Teknologi seperti ini akan sangat membantu para petani dalam meminimalisir kerugian yang akan terjadi.

Proses Budidaya Yang Mudah Dan Cepat


Sebelum penggunaan Internet of thing dalam sektor pertanian bisa dipastikan petani akan menggunakan cara lama untuk budidaya suatu tanaman. Dengan adanya IoT ini para petani akan mudah untuk identifikasi lahan yang ada.

Para petani akan bisa menganalisis tanaman apakah yang cocok untuk lahan mereka. Disamping itu, budidaya dengan IoT ini juga bisa mengidentifikasi apakah nutrisi tanaman terpenuhi dengan baik atau tidak.

Dengan seperti itu, proses budidaya tanaman mulai dari proses pra tanam hingga pasca panen akan lebih efisien dan teratur. Hal itu, akan berdampak pada peningkatan hasil panen para petani yang dilakukan dengan cara budidaya terbarukan.

Dengan sederet keuntungan penggunaan produk agree telkom tak heran jika hasil panen akan melimpah. Tentunya, sektor pertanian melalui agree telkom dapat berkembang dengan pesat.
Show Comments