Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Penjelasan Singkat Modif Motor yang Aman dan Benar

Modifikasi motor sekarang ini tidak hanya sekedar menjadi hobi, dimana memang terkadang diperlukan agar kendaraan roda dua bisa lebih maksimal saat dikendarai. Tapi, apakah Anda tahu bahwa modifikasi motor aman kena tilang perlu diketahui? Mengingat ada banyak sekali kasus terkait modifikasi motor yang tidak aman dan salah, sehingga menyebabkan motor kena tilang serta mengganggu pengendara lain.

Penjelasan Singkat Modif Motor yang Aman dan Benar

Memodifikasi motor sendiri memang tidak bisa mengabaikan beberapa hal. Mengingat ada beberapa peraturan yang tetap harus Anda patuhi demi kenyamanan dalam berkendara. Penjelasan terkait modifikasi motor yang aman pun bisa Anda lihat di bawah ini:
 

Jangan Mengganti Ukuran dari Motor


Hal pertama yang tidak boleh Anda lakukan saat melakukan modifikasi motor adalah jangan mengganti ukuran atau dimensinya. Pada dasarnya motor sudah dilakukan uji coba yang sangat detail sehingga dapat dikendarai dengan aman. Mengganti dimensi berarti akan mempengaruhi kinerja dari mesin motor.

Apabila Anda ingin mengubah dimensi motor, maka ada beberapa prosedur yang harus Anda jalani. Tentu saja, ini sangatlah sulit karena membutuhkan banyak surat pelengkap. Bila Anda mengganti dimensi tanpa melalui prosedur ini, dijamin motor pasti akan kena tilang dan sangat merugikan.
 

Tidak Menggunakan Aksesoris yang Ilegal


Tidak hanya mengganti dimensi motor saja yang akan dinyatakan ilegal, tapi pemasangan aksesoris juga harus diperhatikan. Pada kenyataannya ada beberapa aksesoris yang tidak boleh Anda gunakan. Contohnya saja knalpot racing dengan tingkat kebisingan yang tinggi atau mengganti suara klakson tidak sesuai standar.

Pasti Anda pernah melihat sendiri bagaimana pihak polisi lalu lintas selalu melakukan razia terhadap motor yang tidak menggunakan aksesoris standar. Jadi, ada baiknya Anda tidak mengabaikan masalah ini supaya motor tetap aman dari tilang dan tidak mengganggu keselamatan pengendara lain.

Warna Pada Motor Harus Sesuai


Satu lagi modifikasi motor yang juga tidak boleh Anda abaikan adalah warna dasarnya. Mungkin sebagian dari Anda ingin memiliki warna motor yang berbeda. Namun, ternyata ada baiknya Anda tidak mengganti warna dasar motor. Mengingat dalam STNK sudah ada keterangan warna resmi yang harus sesuai. Bila ingin mengganti warna motor, lebih baik jalani prosedur yang sudah ada. Supaya tidak kena tilang apabila motor digunakan di jalanan.

Dengan memperhatikan penjelasan singkat modif motor yang aman di atas, maka Anda bisa melakukan modifikasi dengan tenang. Dapat terlihat bahwa pada dasarnya modifikasi motor dapat dilakukan siapa saja selama tetap sesuai dengan aturan yang diberlakukan. Jika Anda ingin mendapatkan berbagai pengetahuan bermanfaat terkait modifikasi motor, maka bisa menjadi bagian dari komunitas Suryanation. Ada banyak sekali tips berguna yang bisa Anda terapkan jika ingin melakukan modifikasi motor.
Show Comments