Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Jenis Cat Tembok untuk Eksterior Bangunan

Cat tembok adalah salah satu barang penting yang dibutuhkan oleh banyak orang. Mulai dari rumah tangga hingga orang kantoran, tentu membutuhkan barang yang satu ini. Mungkin saja Anda adalah salah satunya.

Sebagai pengguna cat tembok, Anda perlu memahami bahwasanya satu kaleng atau satu ember cat tidak dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Info lengkapnya simak artikel berikut ini, yuk!
 

Ragam Jenis Cat Tembok


Apabila masih awam dengan bahan bangunan, mungkin saja beranggapan bahwa cat tembok bersifat satu untuk semua. Namun sesungguhnya tidaklah seperti itu.

Contohnya saja ada cat tembok anti air yang dapat melindungi dinding. Selain itu masih ada berbagai jenis cat lainnya.

Dengan satu contoh di atas, maka dapat dimengerti bahwa cat yang akan digunakan harus disesuaikan dengan karakteristik material atau bahan pada eksterior bangunan. Di samping itu juga perlu menyesuaikan dengan objektif penggunaan cat.

Oleh karena itu, sudah jelas bahwasanya memahami beragam jenis cat tembok adalah hal yang penting. Simak detailnya di bawah ini, yuk!

1. Duco


Inilah cat yang paling populer karena fungsinya sebagai dasar. Contohnya saja untuk cat tembok ruang tamu, jenis duco merupakan dasar sebelum dilapisi kembali dengan warna-warna yang cantik.

2. Wall Sealer


Memiliki kekuatan yang sama dengan duco untuk menutup pori-pori dinding, cat dengan jenis ini memberikan efek yang bukan main. Selain anti rembes, dinding Anda pun terkesan halus dan mulus bak kulit bayi.

3. Polyurethane


Kekuatan yang dimiliki jenis ini tidak hanya cat tembok waterproof, melainkan juga anti gores dan anti lembab. Cat ini juga mampu menimbulkan kesan halus pada dinding.

4. Alkyd Sintetik


Apabila dinding berada di luar dan sering terpapar air serta sinar matahari, maka cat ini adalah pilihan tepat. Daya lekat yang kuat berikut kekuatannya untuk menjadi perisai bagi dinding tentunya cocok dengan kebutuhan Anda.

5. Styrene Acrylic


Sifat dan kekuatan dari cat jenis ini cocok digunakan untuk melapisi dinding eksterior. Selain tahan terhadap perubahan cuaca, jenis yang satu ini juga anti jamur, loh!

Beragam jenis cat di atas mungkin membuat Anda sudah tidak sabar untuk membeli cat tembok warna cream. Lantas adakah tips untuk membeli cat yang baik dan benar?

Tips Membeli Cat Tembok


Jenis Cat Tembok untuk Eksterior Bangunan

Sebelum membeli berkaleng-kaleng cat tembok warna pastel, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu:

1. Pahami Kebutuhan


Jangan langsung membeli cat begitu saja, ya! Anda benar-benar harus memahami dinding yang akan lapisi dengan cat. Mulai dari material permukaan (tembok, logam, dll) hingga posisi (interior/eksterior).

2. Pilih Jenis Cat yang Sesuai


Setelah memahami material permukaan berikut posisi dan segala potensi kerusakan, lanjutkan dengan memilih jenis cat yang sesuai. Jangan sampai dinding Anda cepat rusak akibat salah memilih jenis cat.

3. Hitung Kebutuhan


Pastikan Anda melakukan kalkulasi yang tepat dalam menentukan kebutuhan cat. Jangan sampai kekurangan, tetapi jika berlebih maka dapat digunakan sebagai stok untuk penggunaan di kemudian hari.

4. Pilih Tempat Pembelian yang Tepat


Agar memperoleh cat yang tepat, tentu harus memilih tempat yang tepat pula. Lantas di mana Anda bisa membelinya? TIdak perlu bingung, beli saja cat yang Anda perlukan di UKUR.

Tentang UKUR


Walaupun namanya UKUR, Anda tidak akan diajak untuk mengukur apapun. Secara ringkas, UKUR adalah platform loka pasar (e-commerce) untuk jual-beli kebutuhan bahan bangunan.

Salah satu barang yang dapat Anda temukan di dalamnya adalah cat untuk melapisi permukaan interior atau eksterior. Mulai dari cat tembok warna cream hingga jenis-jenis lainnya, semua ada di platform ini, loh!

Barang lengkap, metode pembayaran beragam, pengiriman mudah, dan tentu saja terpercaya. Anda cukup membuka situs (website) UKUR dan nikmati kenyamanan yang ditawarkan.

Cat tembok memiliki beragam jenis dengan kekuatan dan fungsinya masing-masing. Pahami tips-tips pembelian yang ada dalam artikel ini dan segera buka situs loka pasar (e-commerce) yang diulas dalam artikel ini. Kunjungilah situsnya sekarang juga!
Show Comments