Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

6 Program Beasiswa ITSK RS dr. Soepraoen Malang

Beasiswa adalah salah satu bentuk bantuan berupa biaya pendidikan untuk membantu pelajar atau mahasiswa agar dapat menyelesaikan tugas belajarnya.

Beasiswa kampus kesehatan merupakan bantuan keuangan yang diberikan kepada mahasiswa yang ingin mengejar pendidikan di bidang kesehatan. Beasiswa ini dapat membantu mahasiswa untuk menutupi biaya kuliah, buku, peralatan, atau biaya hidup selama masa studi mereka.

Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITSK) Rs. Dr Soepraoen merupakan salah satu yang memberikan beasiswa kuliah kesehatan kepada mahasiswa dan pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus tersebut.

Mahasiswa dapat mengikuti beberapa jenis beasiswa sesuai dengan kategori yang tersedia. Tentunya dengan beberapa syarat lain sebagai penilaian tambahan.

Program Beasiswa ITSK RS dr. Soepraoen Malang

Kampus (ITSK) Rs. Dr Soepraoen memberikan informasi program beasiswa kesehatan kepada pimpinan kampus, pimpinan program studi dan mahasiswa mengenai peluang – peluang beasiswa baik dari lingkungan internal maupun eksternal.

Kampus (ITSK) Rs. Dr Soepraoen menyediakan beberapa jenis beasiswa kuliah kesehatan, yaitu:

1. Beasiswa KIP Kuliah Merdeka


Beasiswa Kuliah Kesehatan dengan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah beasiswa yang ditujukan kepada calon mahasiswa lulusan SMA/Sederajat yang memiliki keterbatasan ekonomi dan berprestasi secara akademik dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Telah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah. Calon penerima beasiswa harus merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau lulusan lain sederajat yang lulus maksimal 2 (dua) tahun sebelumnya.
  2. Telah lulus penerimaan mahasiswa baru. Calon penerima harus dipastikan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi Akademik atau Perguruan Tinggi Vokasi dan telah diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi secara resmi. Serta Program Studi tersebut harus tercatat pada sistem perguruan tinggi.
  3. Memiliki potensi akademik yang baik. Calon penerima harus memiliki semangat dan potensi pada bidang akademik dengan baik. Jika memiliki potensi akademik yang baik namun terkendala ekonomi dapat mengajukan beasiswa ini dengan membawa bukti dokumen yang sah.

Beasiswa KIP Kuliah Merdeka memberikan biaya kuliah yang ditanggung oleh pemerintah, dan menerima uang saku/biaya hidup sebesar Rp. 5.700.000,- per semester. Info lengkap mengenai dokumen bukti keluarga miskin dapat dilihat di website kampus (ITSK) Rs. dr Soepraoen.

2. Beasiswa Ikatan Alumni


Beasiswa studi kesehatan yang diberikan oleh Ikatan Alumni ITSK Rs. dr. Soepraoen adalah beasiswa bagi mahasiswa berprestasi terpilih di ITSK Soepraoen. Sumber dana beasiswa ini berasal dari para alumni yang tergabung dalam ikatan tersebut,

Calon penerima beasiswa menerima uang sejumlah Rp 1.500.000,- yang langsung diberikan oleh pihak Biro Kemahasiswaan dan Alumni ke Biro Keuangan tanpa melalui penerima.

Bantuan berupa uang tersebut merupakan subsidi biaya pendidikan, dan sisanya ditanggung oleh penerima beasiswa nantinya. Syarat lengkap mengenai beasiswa mahasiswa kesehatan ini dapat dilihat di website resmi kampus

3. Beasiswa Inkubasi Bisnis (INBIS)


Beasiswa kuliah kategori ini dilaksanakan dengan skema Inkubasi Bisnis yang merupakan beasiswa akan diberikan kepada mahasiswa kesehatan aktif yang memiliki usaha atau bisnis dibidang barang/jasa dan telah berjalan minimal 1 tahun.

Selain itu beasiswa kampus kesehatan ini harus melampirkan laporan keuangan kewirausahaan yang bersangkutan. Usaha milik penerima beasiswa itu sendiri (bukan reseller).

4. Beasiswa Be Active


Beasiswa kuliah jenis ini diperuntukan untuk mahasiswa program studi kesehatan reguler yang mempunyai jabatan sebagai pengurus inti sebagai Ketua atau Koordinator Departemen pada Organisasi Kemahasiswaan di ITSK RS dr. Soepraoen Malang.

Mahasiswa penerima beasiswa menerima bantuan biaya pendidikan satu kali sebesar Rp. 1.500.000,- yang akan dibayarkan langsung ke Biro Keuangan tanpa melalui penerima. Sama sepert jenis kategori beasiswa ikatan alumni, bantuan ini berupa subsidi biaya pendidikan 1x per 1 semester. Sisa biaya akan menjadi tanggungan penerima.

5. Beasiswa Taksa Sujati Utama


Beasiswa fakultas kesehatan kali ini diberikan oleh Yayasan Taksa Sujati Utama. Yayasan Taksa Sujati utama merupakan yayasan induk dari kampus ITSK dr. Soepraoen bernanung.

Penerima beasiswa biaya pendidikan ini diharuskan menulis surat pernyataan yang menyatakan penerima tidak menerima beasiswa atau bantuan biaya pendidikan lain selain APBN/APBD yang telah diketahui oleh pihak kampus.

Sama seperti beasiswa dari kategori ikatan alumni dan beasiswa be active, bantuan biaya pendidikan ini bersifat subsidi. Penerima tetap membayar sisa tanggungan yang ada.

Penerima beasiswa menerima bantuan subsidi pendidikan sebesar Rp. 1.500.000,- yang langsung diberikan kepada Biro Kemahasiswaan dan Alumni ke Biro Keuangan.

6. Beasiswa Tahfidz


Kategori beasiswa terakhir ialah beasiswa tahfidz. Beasiswa ini merupakan biaya pendidikan yang diperuntukan untuk mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun mempunya kemampuan dan semangat menghafal Al-Quran serta potensi akademik yang baik.

Calon penerima setidaknya memiliki sertifikat Tahfidz Qur’an minimal 3 juz. Selain itu mahasiswa mempunyai bukti berupa dokumen tidak mampu dari kelurahan setempat.

Alur dan jumlah uang pada beasiswa ini sama seperti kategori sebelumnya, yaitu subsidi biaya pendidikan sebesar Rp 1.500.000,- yang didapat 1x per 1 semester.

Bantuan beasiswa seperti ini sangat membantu mahasiswa khususnya di Kota Malang, Jawa Timur. Demi pendidikan Indonesia yang lebih baik, ITSK dr. Soepraoen ingin terus berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk mahasiswa.
Show Comments