Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Selain Keuntungan Kenali Juga Resiko Menggunakan PayLater

Beli sekarang bayar nanti adalah arti kata lain dari PayLater sering disebutkan sebagai fitur transaksi yang memudahkan dan menguntungkan namun ternyata juga beresiko jika pengguna tidak bisa bertanggungjawab dalam penggunaannya. Paylater merupakan sebuah istilah yang berkaitan dengan transaksi pembayaran atau jasa, paylater artinya menunda pembayaran yang mana bisa dibayarkan setelahnya dengan ketentuan masing-masing aplikasi.

Dengan Pay Later seseorang tidak perlu khawatir Ketika butuh barang atau produk yang harus dibeli sekarang namun tidak ada dana maka bisa menggunakan PayLater jika pendaftarannya disetujui, PayLater itu sendiri berbentuk limit atau saldo yang bisa anda gunakan untuk belanja sekarang bayarnya nanti.

Namun anda bisa menggunakan PayLater jika sudah mempunyai aplikasinya dan terdaftar sebagai pengguna PayLater, untuk anda yang biasa bekerja atau bepergian jarak jauh atau biasa menggunakan penginapan untuk acara anda maka bisa mendaftarkan PayLater di aplikasi Traveloka, Traveloka merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan system PayLater untuk memudahkan pengguna menggunakan berbagai fitur transaksi pembelian di dalamnya.

Keuntungan menggunakan paylater


Selain Keuntungan Kenali Juga Resiko Menggunakan PayLater

1. Dana instan


PayLater bisa disebut dana instan karena jika sudah mempunyai limitnya maka bisa digunakan kapan saja dengan langsung transaksi. Biasanya pembayaran online atau tagihan akan membuat anda panik Ketika sudah waktunya namun kantong anda sedang krisis, maka dengan PayLater anda bisa mendapatkan kredit digital untuk pembayaran cepat.

2. Terdapat tenor


Pada PayLater terdapat beberapa tenor yang berbeda, setiap aplikasi akan memberikan jumlah tenor yang beragam dan anda dapat memilih sesuai kesanggupan anda untuk memanage Kembali pengeluaran anda kedepannya. Namun semakin sedikit tenor yang dipilih maka anda akan mendapat sedikit bunga dari pinjamannya.

3. Limit bisa digunakan kapan saja


Limit merupakan nominal atau besar uang yang akan anda gunakan sebagai paylater, biasanya nominal limit akan ditentukan berdasarkan data anda apabila sudah terverifikasi sebelumnya. Yang melakukan verifikasi adalah Bank dan Aplikasi, verifikasi ditentukan berdasarkan kelayakan atau Riwayat kredit anda dan kelengkapan data lainnya yang telah ditentukan. Jika sudah mempunyai limit maka akan lebih membantu anda untuk pembayaran atau pembelian secara cepat dan bayarkan nanti.

Resiko yang bisa ditanggung pengguna PayLater


Sebelum menggunakan PayLater sebaiknya anda bisa memikirkan juga resiko yang memungkinkan terjadi diantaranya:

1. Tidak berhenti menggunakan PayLater


Resiko pertama menggunakan paylater adalah kecanduan yang mana anda akan sulit berhenti menggunakan PayLater karena sudah dirasa menguntungkan di awal, anda sudah merasakan pembelian secara instan dan bisa dibayarkan bulan depan namun hal ini akan membuat anda tidak bisa mengontrol pengeluaran anda sehingga barang yang tidak dibutuhkan pun dibeli dengan menggunakan PayLater dan akhirnya akan terlalu banyak tagihannya kedepan.

2. Sulit mengatur keuangan


Mudahnya membeli dengan PayLater dari beberapa aplikasi seringkali akan mengganggu pengaturan keuangan anda dengan banyaknya cicilan yang harus anda keluarkan kedepannya. Dana yang anda memiliki juga mungkin digunakan untuk keperluan lainnya sehingga anda tidak bisa menghadapi tagihan yang tinggi setiap bulannya

3. Terlambat pembayaran


Tagihan tidak jauh dengan kata keterlambatan yang dialami oleh berbagai orang, hal ini disebabkan karena tidak bisa mengatur berapa pemasukan dan biaya pengeluaran sehingga cicilan yang diakibatkan dari PayLater anda bulan kemarin tidak bisa dibayarkan. Sudah jelas resiko ini adalah resiko paling bahaya dikarenakan tagihan yang terlambat akan mendapatkan denda yang semakin menumpuk jika tidak segera diselesaikan.

4. Peretas identitas


Bagi anda yang mempunyai limit PayLater tentunya sudah berhasil verifikasi data diawal dimana menggunakan kt panda dan data lainnya yang digunakan sebagai syarat pengajuan limit, hal ini tidak menutup kemungkinan bisa diretas. Meskipun setiap aplikasi sudah menjamin keamanan data yang ketat namun hal tersebut masih bisa mungkin terjadi, dimana oknum tersebut meretas database transaksi di akun transaksi digital anda dan kemudian data anda disalahgunakan oleh oknum tersebut.

Dengan demikian, jika ingin menggunakan PayLater pastikan memilih aplikasi yang benar-benar aman. Gunakan PayLater sesuai kebutuhan anda jangan sampai menjadi candu atau sampai sulit mengatur keuangan anda sendiri dan jangan pernah melakukan keterlambatan pada tagihan-tagihan anda nantinya. Karena meskipun memudahkan namun juga harus memperhatikan beberapa resikonya kedepan.
Show Comments