Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan, Cek di Sini!

Memiliki tubuh ideal adalah impian semua orang yang bisa didapatkan dengan menjalani pola hidup sehat. Untuk Anda yang memiliki berat badan lebih, cara efektif untuk mendapatkan tubuh ideal adalah dengan olahraga untuk menurunkan berat badan.

Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan


Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus memenuhi kebutuhan asupan makanan yang sehat dan bergizi, lalu mengatur pola makan dan tidur. Selain itu, olahraga juga sangat penting dilakukan agar lebih efektif dan cepat dalam menurunkan berat badan Anda.

Berikut beberapa rekomendasi olahraga untuk menurunkan berat badan yang cukup efektif dan dapat Anda lakukan dengan mudah.

1. Jogging


Cara untuk menurunkan berat badan yang cukup efektif adalah jogging atau berlari. Jogging atau berlari santai selama 30 menit bisa membakar 300-370 kalori. Hasil yang maksimal akan didapatkan dengan melakukan jogging secara rutin.

Untuk memulainya, lakukan jogging selama 20 menit setiap hari. Semakin lama Anda akan terbiasa dan mampu melakukan jogging lebih lama lagi. Jogging juga sangat mudah dilakukan di mana saja. Bisa dilakukan di tempat terbuka atau dengan treadmill.

2. Berjalan Kaki


Berjalan kaki adalah olahraga untuk menurunkan berat badan yang paling mudah dilakukan. Anda bisa membiasakan diri berjalan kaki setiap hari, seperti misalnya berjalan ke pasar, kantor, atau minimarket dekat rumah.

Berjalan kaki dapat dilakukan dengan mudah tanpa bantuan alat khusus. Berjalan kaki bisa membakar sekitar 167 kalori apabila dilakukan selama 30 menit. Semakin lama Anda berjalan kaki akan semakin banyak kalori tubuh yang terbuang.

3. Lompat Tali


Alternatif cara untuk menurunkan berat badan lainnya adalah dengan lompat tali atau skipping. Jika Anda baru pertama kali melakukan lompat tali, lakukan secara bertahap selama 5 menit kemudian istirahat sejenak, dan lanjutkan lagi hingga waktu yang Anda targetkan.

Efek pembakaran kalori yang didapatkan dari lompat tali hampir sama dengan jogging. Lompat tali selama 30 menit dengan intensitas rendah bisa membakar 281 kalori, sedangkan intensitas tinggi bisa membakar sekitar 421 kalori.

4. Yoga dan Pilates


Yoga adalah olahraga yang dapat memperkuat stabilitas dan fokus Anda untuk meningkatkan fungsi tubuh. Anda bisa belajar yoga melalui video yang banyak terdapat di Internet. Anda juga bisa melakukan yoga bersama-sama dengan mendaftar di pelatihan yoga terdekat.

Gerakan yoga terlihat mudah namun cukup sulit dilakukan karena harus mempertahankan gaya tersebut selama beberapa waktu. Namun hal ini efektif menurunkan berat badan. Melakukan yoga selama 40 menit dapat membakar 149 kalori.

Sementara itu, meskipun terlihat mirip, Pilates merupakan versi modern dari yoga. Gerakan pilates memadukan latihan fisik yang fokus pada penguatan dan rehabilitasi tubuh, serta pernapasan dalam.

Selain menjadi cara untuk menurunkan berat badan, pilates membantu memulihkan tubuh yang cedera, mampu menguatkan sendi, dan mengurangi nyeri punggung. Sedangkan yoga dapat membantu menjaga kesehatan mental Anda.

5. Renang


Olahraga untuk menurunkan berat badan yang juga menyenangkan dilakukan adalah renang. Renang selama 30 menit bisa membakar 250 hingga 400 kalori, tergantung gaya renang yang dilakukan.

Renang juga bisa membantu Anda untuk mengurangi nyeri pada sendi. Selain itu, renang aman dilakukan karena termasuk olahraga yang tidak menyebabkan dampak berlebih pada tubuh.

6. High Intensity Interval Training (HIIT)


Interval training merupakan olahraga kardio yang dilakukan secara intens yang bertujuan membakar kalori dalam waktu singkat. HIIT dapat dilakukan selama 10-30 menit dan mampu membakar 25-30% kalori lebih banyak dari olahraga lari, bersepeda, maupun latihan beban.

Olahraga ini tidak membutuhkan waktu yang lama, namun Anda perlu mempersiapkan ketahanan tubuh yang prima karena intensitas gerakan sangat cepat dan cukup berat. Olahraga HIIT sangat cocok untuk Anda yang ingin mengecilkan perut buncit.

7. Bersepeda


Bersepeda juga bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Bersepeda selama 30 menit di luar ruangan dapat membakar 280-360 kalori, sedangkan dengan durasi yang sama, bersepeda statis mampu membakar 250-280 kalori.

Bersepeda juga bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya. Olahraga ini juga menyenangkan dan bisa dilakukan sekaligus sebagai alat transportasi.

Berbagai macam olahraga untuk menurunkan berat badan tersebut bisa membantu Anda mendapatkan tubuh ideal. Namun, lakukanlah olahraga secara cukup tanpa berlebihan. Selain itu, imbangi olahraga dengan mengatur pola makan yang sehat serta tidur yang cukup.
Show Comments