Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Universitas Pertamina, Kampus Teknologi dan Bisnis Energi Terbaik

Masa pendaftaran masuk perguruan tinggi semakin dekat. Persiapan menuju ujian penerimaan mahasiswa mulai dilakukan dan kelas-kelas intensif sudah dibuka. Selain universitas negeri, sudahkah Anda mempersiapkan informasi terkait kampus swasta unggulan untuk pilihan belajar putra-putri Anda?

Anda pasti sudah merencanakan mencari kampus terbaik untuk putra-putri. Tercinta. Untuk yang ingin mengarahkan putra-putri belajar di bidang teknologi, terutama pertambangan, Universitas Pertamina wajib masuk dalam daftar pertimbangan Anda.

Mengenal Universitas Pertamina, Kampus Swasta Unggulan


Kampus Swasta Unggulan

Anda pasti tidak asing lagi dengan nama besar Pertamina. Sebagai salah satu BUMN vital di Indonesia yang bertugas mengeksplorasi minyak dan gas bumi, Pertamina punya andil untuk ikut mencerdaskan anak bangsa lewat Yayasan Pertamina.

Kampus swasta unggulan ini adalah kampus swasta non-kedinasan. Komitmen Pertamina untuk menyukseskan berbagai kegiatan, salah satunya bidang pendidikan, telah disokong lewat kucuran dana lebih dari 300 miliar dan dukungan penuh untuk hibah penelitian, penghargaan riset, pemberian beasiswa, dan lain sebagainya.

Fakultas dan Program Studi


Sejarah dan sepak terjang Pertamina di bidang sumber daya energi dan pertambangan telah menghasilkan Universitas Pertamina sebagai kampus teknologi dan bisnis energi kelas wahid. Beberapa jurusan favorit bidang eksplorasi dan pertambangan adalah Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, dan Teknik Geologi dari Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi.

Jurusan Teknik lain seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia dan lainnya juga menjadi jurusan idaman calon mahasiswa. Selain program studi teknik yang menjadi jurusan favorit, ada jurusan non-teknik dari rumpun sosial dan humaniora yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Saat ini ada 6 Fakultas yang membawahi 15 program studi strata 1 di Universitas Pertamina. Berikut daftarnya:

  • Program Studi Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, dan Teknik Geofisika dari Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan
  • Program Studi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik dari Fakultas Teknologi Industri
  • Program Studi Teknik Sipil dan Teknik dari Lingkungan dari Fakultas Perencanaan Infrastruktur.
  • Program Studi Kimia dan Ilmu Komputer dari Fakultas Sains dan Ilmu Komputer.
  • Program Studi Manajemen dan Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan
  • Program Studi Hubungan Internasional dan Komunikasi dari Fakultas Komunikasi dan Diplomasi.

Staf Pengajar


Dosen pengampu pada program studi di Universitas Pertamina adalah para dosen dengan kinerja yang sangat baik dan merupakan lulusan dari dalam dan luar negeri. Tak hanya lulusan magister, ada banyak doktor yang menjadi staf pengajar untuk menjaga kualitas pengajaran di Universitas Pertamina.

Jumlah total tenaga pengajar dan lainnya seperti tenaga kependidikan, pustakawan, dan teknisi adalah 225 orang. Sejalan dengan semakin majunya Universitas Pertamina, jumlah tenaga pengajar pun akan makin meningkat.

Jalan Menuju World Top Universities


Universitas Pertamina berkomitmen untuk menjadi universitas yang masuk dalam Peringkat Terbaik Dunia (Top World University). Visi ini perlahan diwujudkan dengan usaha keras untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dunia. Universitas Pertamina berdedikasi untuk meluluskan sumber daya manusia dengan daya saing tinggi yang siap menjadi juara internasional.

Universitas Pertamina juga senantiasa mendorong mahasiswa menghasilkan hasil penelitian dan pengembangan riset terbaik sebagai sumbangsih terhadap kemajuan bangsa dan dunia. Terakhir, Universitas Pertamina selalu berperan aktif dan ikut mendorong implementasi hasil penelitian dan inovasi mahasiswa di masyarakat.

Wisuda Pertama Pasca Covid-19


Berita baik datang dari wisuda ke-6 Universitas Pertamina yang bisa dilaksanakan secara luring. Lebih dari 300 sarjana berhasil lulus dengan baik dan lebih dari 90 orang di antaranya lulus dengan predikat cumlaude.

Setelah sebelumnya menggelar wisuda secara daring, kesempatan untuk penyelenggaraan wisuda secara luring datang lagi. Jumlah wisudawan dan lulusan terbaik terus berbanding lurus. Hal ini menunjukkan Universitas Pertamina terus berupaya meningkatkan mutu lulusan.

Hasil menggembirakan ini tentunya bukan hanya untuk wisudawan, tetapi semua pihak yang telah berupaya mewujudkan Universitas Pertamina sebagai kampus teknologi dan bisnis energi terbaik. Universitas Pertamina terus bertekad untuk ambil bagian dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Banyak beasiswa yang juga diberikan bagi masyarakat yang kurang beruntung dari sisi ekonomi, atau yang cemerlang di bidang akademik.

Ada lebih dari 23 miliar beasiswa tiap tahun yang siap disokong Universitas Pertamina untuk calon mahasiswa yang memilih bergabung bersama Universitas Pertamina. Hal ini senantiasa menjadi komitmen Universitas Pertamina untuk menjadi kampus swasta unggulan yang selalu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan terpenuhi dari dukungan akademik, finansial, dan pengabdian kepada masyarakat.
Show Comments