Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

5 Masalah yang Sering Terjadi pada Manajemen Gudang Manufaktur

Bagi perusahaan baru, manajemen gudang menjadi suatu hal yang cukup rumit. Mengingat manajemen gudang memiliki hubungan langsung dengan proses transportasi produk, dan dampaknya pada kelancaran penjualan produk. 

Melakukan semua prosesnya dengan sistem manual bisa mengakibatkan banyak human error, namun dengan memanfaatkan software ERP manufaktur pergudangan terbaik, hal itu bisa diminimalisir.

Akan tetapi walau Anda sudah menggunakan teknologi terkini, namun tak memiliki pengetahuan cukup mengenai pergudangan itu sendiri, maka Anda tetap tak mampu memanage gudang dengan baik. 

Jauh lebih baik jika Anda mengetahui beberapa hal dasar mengenai masalah umum di manajemen gudang manufaktur.

5 Masalah Umum di Manajemen Gudang Manufaktur


5 Masalah yang Sering Terjadi pada Manajemen Gudang Manufaktur

Berikut ini adalah beberapa macam masalah umum yang biasa terjadi dalam manajemen gudang, ketahui masalahnya terlebih dahulu, sehingga bisa menyelesaikan problem tersebut dengan cara yang benar.

1. Perihal Pencatatan Persediaan Barang yang Tak Akurat


Ketahuilah bahwa penting sekali untuk menjaga perhitungan stok barang dengan akurat juga berkelanjutan. Sebab inilah masalah yang paling menantang ketika sedang mengelola sistem gudang Anda.

Akar masalah dari hal ini adalah salah perhitungan atau human error. Bahkan seorang senior staff juga bisa melakukan kesalahan dalam pencatatan pengelolaan gudangnya.

Kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola gudang, bisa mengakibatkan masalah tersebut. Namun Anda bisa menghindari hal ini dengan mengadakan pelatihan khusus untuk para staff, atau dengan menggunakan teknologi software ERP manufaktur terbaik.

2. Kurang Efisien dalam Mengatur Layout Gudang


Jika Anda mengatur tata letak gudang dengan baik, maka proses operasional gudang bisa lebih cepat dan lebih baik. Namun jika tidak Anda lakukan dengan benar, maka proses operasional gudang akan lumpuh secara perlahan.

Dalam mengatur desain layout gudang, sesuaikan dengan sistem yang diterapkan pada gudang Anda sendiri.

Usahakan untuk mengatur barang yang paling laku di jajaran paling depan dan mudah untuk diambil, sehingga tidak akan kesulitan untuk mengambil stok tersebut.

3. Lokasi Penyimpanan Inventaris


Dalam menerapkan manajemen gudang yang baik, Anda harus menyediakan lokasi inventaris yang tepat, supaya bisa maksimal untuk operasional gudang yang baik secara keseluruhannya. 

Memang masalah lokasi inventaris ini akan berkembang sesuai waktu dan seiring dengan perkembangan perusahaan Anda.

Namun tidak salah jika ingin membiasakan diri lebih awal sehingga seiring perkembangan waktu, Anda bisa menghandle kondisi yang lebih besar lagi.

Pisahkan barang-barang yang baru masuk, barang lama dan barang yang rusak. Berikan label-label khusus dan simpan di area yang terpisah juga. Sehingga jauh lebih mudah jika akan dicari dan tidak akan menimbulkan masalah baru ke depannya.

4. Proses Picking Barang Kurang Optimal


Yang dimaksud dengan picking adalah proses dalam menyiapkan barang pesanan, sesuai dengan surat ordernya dan diberangkatkan pada pemberangkatan yang tepat tanpa kesalahan. 

Jangan sampai salah dalam hal ini, sebab jika salah pengiriman bisa berakibat pada kekecewaan pelanggan serta membuat distribusi barang jadi tidak merata.

5. Tidak Ada Staff Khusus Quality Control


Banyak sekali perusahaan baru yang membuat seorang pekerja bertanggung jawab untuk berbagai pekerjaan, dari mulai mengambil barang, mengepak barang, mengirim barang juga dilakukan sendiri karena staff yang masih terbatas. Padahal jika hal itu dilakukan, besar sekali kemungkinan terjadinya human error yang menyebabkan kerugian perusahaan.

Oleh sebab itu, lebih baik memiliki team quality control yang terpisah. Sehingga bisa memastikan jika manajemen gudang Anda serta supply chain pun akan lebih akurat lagi. Bahkan dengan adanya tingkat otoritas yang terpisah bahkan mampu berikan motivasi untuk mengelola masalah manajemen gudang lebih baik lagi.

Permudah Manajemen Gudang Pakai Software ERP Manufaktur

Manajemen Gudang Pakai Software ERP Manufaktur

Semua masalah yang sering terjadi di manajemen gudang manufaktur di atas, bisa Anda permudah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ditawarkan oleh SystemEver. Adapun SystemEver ini adalah produk teknologi cloud ERP, milik Younglimwon Softlab dari Korea Selatan. Sejak tahun 2017 telah hadir di Indonesia dan merancang sejumlah produk terbaru yakni software manajemen ERP.

Hebatnya lagi, software ini didesain khusus untuk pelaku bisnis dalam skala medium atau UKM. Kemudian produk Cloud ERP SystemEver ini sendiri ada 3 bidang layanan (atau disebut sebagai i-series) yakni:

  • i5 series : Sales or Distribution yang digunakan bagi distribusi dan penjualan
  • i7 series : Manufacturing yang merupakan solusi untuk mengelola manajemen manufaktur

Seri i7 adalah software erp manufaktur pergudangan terbaik, cocok sekali untuk Anda gunakan dalam berbagai kebutuhan industri manufaktur. 

Dengan adanya dukungan ERP, maka Systemever akhirnya bisa mempermudah para pelaku industri manufaktur di Indonesia dalam mengelola kegiatan perusahaan mereka. 

Mulai dari mengelola keuangannya, mengatur pengadaan barang, proyek dan produksi, sampai dengan pengelolaan keuangan yang lebih teratur.

Hal lainnya yang membuat seri i7 ini lebih unggul sebagai software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan, yaitu tampilan Visual K-Process Map. 

Tampilan ini mempermudah para pengguna untuk berkolaborasi menyelesaikan tugas mereka dengan terintegrasi. Sistem cloud ERP yang canggih, membuat pengguna bisa mengunggah dan menggunakan data yang dibutuhkan tanpa repot. Lebih mudah, lebih efisien dan lebih sederhana.

Kelebihan Software ERP Manufaktur i7 Series


Software ERP Manufaktur i7 Series

Tinggalkan sistem manajemen gudang manual Anda, beralih pada teknologi terbaru yang bisa mempermudah pekerjaan Anda. Di bawah ini adalah kelebihan software ERP manufaktur seri i7 yang luar biasa. Apa saja?

1. Bisa memaksimalkan gudang Anda sehingga lebih efisien


Anda tentu ingin mengatur gudang 100% sesuai harapan, tanpa error bukan? Anda bisa mengatur penyimpanan 100% tanpa error, dengan mulus memproses semua pesanan B2B dan B2C juga memastikan team operasional Anda berada dalam produktivitas terbaik yang mereka miliki dan gudang pun jadi lebih efisien.

2. Alur kerja jadi lebih minimal


Jika Anda menggunakan seri i7 ini, maka semua proses pekerjaan pun jadi otomatis. Anda bisa menyelesaikan lebih banyak tugas tanpa memakan waktu yang lama. Bahkan tak perlu berinvestasi untuk aset tambahan ini, cukup menggunakan seri i7 saja.

3. Mudahnya mengatur gudang di mana pun


Anda bisa mengatur operasi pergudangan Anda dengan menggunakan beberapa perangkat yang berbeda. Sehingga walaupun Anda ada di lokasi yang jauh dari gudang, namun tetap bisa terhubung dan mengatur gudang dengan mudah.

4. Mudah dalam mengontrol bisnis


Dengan menggunakan software ERP manufaktur terbaik ini, maka Anda pun sepenuhnya mendapatkan visibilitas juga mendapatkan kontrol operasi logistik end-to-end yang sejalan dengan operasi penjualan.

Itulah mengapa, dengan menggunakan software ini, kapan pun dan dimana pun, Anda bisa tetap mengatur dan mengawasi bisnis dengan baik. Mitra bisnis yang terpercaya untuk UKM di Indonesia adalah SystemEver Indonesia, klik https://systemever.co.id/id/join-partner dan dapatkan kemudahan itu di tangan Anda.
Show Comments